Beranda Berita Nasional Gaji Karyawan Mie Gacoan Trending, Benarkah di Bawah UMR?

Gaji Karyawan Mie Gacoan Trending, Benarkah di Bawah UMR?

Gaji-Karyawan-Mie-Gacoan.jpeg

Setelah pembukaan cabang restoran yang memancing antrian panjang, menyusul gaji karyawan Mie Gacoan trending di sosial media X (dulu Twitter). Alasannya karena karyawan Mie Gacoan yang melayani pesanan kerap terlihat sibuk. Mulai mencari nomor meja bahkan harus naik ke lantai 2 sudah menjadi fenomena yang kerap terlihat di beberapa outlet Mie Gacoan.

Fenomena tersebut memancing rasa penasaran warganet, berapa gaji karyawan Gacoan? Apakah upah mereka sebanding dengan beratnya tugas yang mereka kerjakan?

Berawal dari tweet @worksfess di X (dulu Twitter) pada Selasa (19/12) lalu. “Tadi abis dari Mie Gacoan ngeliat karyawannya kesana kemari bawa orderan, jadi penasaran gaji di sana berapa ya? Terimakasih yang udah mau bantu jawab.”

Baca Juga: Mie Gacoan Ciamis Jadi Primadona, Ini Harga dan Jam Buka

Fakta Gaji Pekerja FNB

Tak lama kemudian, akun Twitter @Barrsbars mengungkapkan gaji karyawan Mie Gacoan trending rata-rata di bawah 3 juta.

“Temenku ada yang di Gacoan, gajinya kalau karyawan baru 2,1 jutaan, kalau senior baru naik ke 2,5 juta. Kerjanya capek banget karena orderan sebanyak itu, karyawan per cabang ada 60 lebih tapi masih kewalahan,” tulisnya.

Komentar tersebut mendapat berbagai reaksi dari netizen, ada yang mengaku sebagai mantan karyawan Mie Gacoan dan ada juga yang menulis ajakan untuk bersikap lebih ramah kepada para pekerja di bidang Food and Beverage (FNB).

“Sebagai mantan karyawan Mie Gacoan saya setuju,” balas akun @masmasinsecure_.

Akun @madravaka juga menulis, “Gaji FNB rata-rata emang segitu kak. Makanya be nice dengan karyawan resto dan cafe kalo emang kalian peduli.”

Baca Juga: Enak dan Murah, Intip Mie Gacoan Siliwangi Tasikmalaya yang Ramai Diburu Pengunjung

Bisakah Lapor ke Disnaker?

Sementara itu, akun @batjaankoe justru menanyakan perihal laporan ke Disnaker (Dinas Tenagara Kerja) jika karyawannya berkenan. “Bisa laporin ke Disnaker tapi karyawannya mau gak? Soalnya banyak juga yang mikir gak apa-apa gaji kecil yang penting kerja atau ada pemasukan,” ucapnya.

Meski gaji karyawan Mie Gacoan trending karena tak sebanding dengan beban kerja, melapor perihal gaji di bawah UMR tentu bukan keputusan yang mudah.

Pasalnya, perusahaan masih bisa mendapatkan karyawan pengganti meski gaji yang mereka berikan tidak terlalu besar. Pihak perusahaan juga tidak melanggar aturan selama pendapatan belum mencapai Rp15 miliar per tahun.

“Bukan masalah gaji kecil, tapi kalo mereka ngadu terus dipecat, perusahaan tinggal cari karyawan lagi dan mereka yang lapor malah jadi pengangguran,” tulis akun @Ariiniips_TGBD.

Akun @cumabuatmisuhh juga menulis, “Mie Gacoan sudah sampai 15 M setahun belum hasil penjualannya? Kalau belum berarti emang gak ngelanggar aturan.”

Tak ketinggalan, topik gaji karyawan Mie Gacoan trending berkaitan dengan spekulasi tentang harga makanan yang murah membuat anggota tim harus bekerja keras dua kali lipat. “Mungkin dari pemasukan keuntungan sedikit dengan harga makanan murah, sehingga mereka menekan pengeluaran dengan gaji rendah dan jobdesk dobel,” tulis akun @amirwawan_. (R7/HR-Online/Editor-Ndu)