Beranda Berita Subang Dina Penderita Tumor Tulang Akhirnya Mau Dioperasi

Dina Penderita Tumor Tulang Akhirnya Mau Dioperasi

1ed9f293fc83787130481352f9d5b7f6.jpg

KBRN, Subang : Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Subang dr. Maxi mengunjungi Dina Marlina (39) warga Kampung Palasari RT013/ 004, Desa Tanjungwangi Cijambe, Sabtu (9/10/2021). Dina menderita tumor tulang di paha kiri, dan harus diamputasi.

Dina sudah 2 tahun terbaring di tempat tidur, karena paha kirinya membengkak, akibat tumor yang dideritanya, hingga badannya mengecil. 

“Hari ini saya berkunjung ke rumahnya Bu Dina di Palasari Tanjungwangi, didampingi Kepala Desa Tanjungwangi Pak Budi Santoso, Kepala Puskesmas Tanjung Wangi Pak H. Dadang dan dokter Puskesmas Tanjungwangi dr. Indri. Bu Dina ini sudah dua tahun menderita penyakit tumor di paha sebelah kiri, hingga membengkak dan harus diamputasi,” ujar dr. Maxi kepada RRI di Subang.

BACA JUGA:  Besok ! Aturan Ganjil Genap Mulai Diberlakukan di Ruas Jalan Kota Subang

Memurut Kadinkes, Dina sudah pernah di rujuk ke Rumah Sakit Hasan Sadikin Bandung, karena alternatifnya harus diamputasi, namun Dina dan keluarganya belum siap. 

“Tetapi kami bersama Pak Kepala Desa, Kepala Puskesmas dan dokter Puskesmas Tanjungwangi, memberikan motivasi agar Bu Dina dan keluarganya menerima, dan mau di operasi. Karena dengan operasi itulah salah satu solusi untuk menantap masa depan Bu Dina untuk melihat anak-anaknya tumbuh dewasa, dan bisa sukses, meski dengan kaki kiri yang diamputasi itukan lebih baik. Dibandingkan harus seperti ini terus, semakin hari kondisi Bu Dina akan semakin memburuk,” imbuhnya.

BACA JUGA:  Bedah Bugel, Kadisparbud : Pemkab Garut Libatkan Desa Karyasari Dalam Kalender Agenda Budaya

Maxi berharap, Senin awal pekan depan, Dina sudah bisa di rujuk ke RSHS Bandung untuk di amputasi. Terkait pembiayaan, Dina memiliki kartu BPJS. 

Sementara tugas Puskesmas dan Desa lanjut dia, tinggal memfasilitasi surat rujukan, supaya Dina bisa segera kembali ke RSHS Bandung lagi untuk diamputasi.

“Kita sih menunggu keputusan pihak keluarga, tetapi mudah-mudahan saja Senin atau Selasa pekan depan sudah bisa dibawa ke RSHS Bandung untuk secepatnya mendapatkan tindakan operasi,” pungkas Kadinkes.

BACA JUGA:  Wabup Subang Ikuti Rakor Teknis Pemanfaatan Drone untuk Kelestarian Hutan dan Mangrove

Sebelum meninggalkan rumah Dina penderita tumor tulang, dr. Maxi menyerahkan bantuan berupa uang dan sembako, yang merupakan titipan dari Bupati dan Wakil Bupati Subang.