Beranda Berita Nasional Cerita Mistis Gunung Patuha, Legenda Pak Tua dan Kawah Putih

Cerita Mistis Gunung Patuha, Legenda Pak Tua dan Kawah Putih

Cerita-Mistis-Gunung-Patuha.jpg

Cerita mistis Gunung Patuha menjadi salah satu kisah atau legenda yang terkenal di seluruh Nusantara. Gunung api yang berada di Rancabali Ciwidey, Kabupaten Bandung, Jawa Barat ini memang terkenal sebagai tempat yang sarat akan sejarah. 

Gunung Patuha yang menjulang tinggi dengan ketinggian 2434 meter di atas permukaan laut memiliki daya tarik tersendiri. Salah satu ciri khasnya adalah Kawah Putih, sebuah kawah yang eksotik dengan dinding putih dan air berwarna putih.

Pak Tua, Cerita Mistis Gunung Patuha Ciwidey

Penduduk setempat memanggilnya Pak Tua, mengisyaratkan usianya yang sangat tua. Gunung ini adalah gunung api tipe B yang muncul saat dataran tinggi Bandung masih di dasar Samudra.

BACA JUGA:  7 Pondok Pesantren Terbaik dan Terbesar Di Subang 2024, Cek No. 4

Letusan pertamanya pada abad ke-10 menghasilkan nama “Kawasaan” yang artinya kering lama dalam bahasa Sunda.

Baca Juga: Green Corner Pangalengan, Berkemah di Tepi Danau Situ Cileunca

Memiliki Kawah Putih yang Cantik

Perjalanan sejarah membawa kita ke abad ke-13, di mana letusan kedua melahirkan danau yang cantik, Kawah Putih. Danau ini dapat berubah warna menjadi putih dengan nuansa hijau, tergantung pada kadar belerang, suhu, dan cuaca.

BACA JUGA:  Kabupaten Subang Utara: Potret Pembentukan Kabupaten Baru di Jawa Barat

Dalam legenda setempat, terdapat cerita mengenai nenek moyang dan domba lukutan yang menjadi penunggu territory kawah dan Gunung Patuha. 

Meski angker, Kawah Putih menjadi salah satu daya tarik bagi wisatawan yang penasaran dengan cerita mistis Gunung Patuha di tengah keindahan alamnya.

Destinasi Pendakian Akhir Pekan

Para pendaki juga memilih Gunung Patuha untuk menghabiskan waktu akhir pekan. Jalur pendakian melalui Kawah Putih menjadi favorit, memberikan akses yang cukup mudah. 

Baca Juga: SoraCai Riverside Campsite Pangalengan, Berkemah di Tepi Sungai Bandung

BACA JUGA:  Ekspor Planterbag ke Saudi Arabia - Kolaborasi Visio Eco Planting dan Inaexport

Di puncak Gunung Patuha, terdapat tujuh kuburan nenek moyang yang menjadi bagian dari cerita. Cerita mistis Gunung Patuha juga menghadirkan kisah misteri yang terus berkembang, mengundang rasa ingin tahu dan kekaguman dari wisatawan. 

Dalam kisah ini, keindahan Kawah Putih dan ritual-ritual lokal menjadi magnet bagi mereka yang mencari petualangan yang tak terlupakan. Oleh karena itu, jika Anda menginginkan kombinasi antara petualangan, keindahan alam, dan kisah misteri, Gunung Patuha adalah destinasi yang sempurna. (R7/HR-Online/Editor-Ndu)