Beranda Ragam Cara Mengatasi Angin Duduk, Jangan Dikerok!

Cara Mengatasi Angin Duduk, Jangan Dikerok!

suarasubang.com – Salah satu tanda kamu mengalami angin duduk adalah perasaan seperti masuk angin serta rasa nyeri pada dada. Ketika mengalami ini, hindari kerokan dan cobalah cara mengatasi angin duduk yang benar berikut ini, ya!

Penyakit angin duduk biasanya akan hilang dengan cepat. Namun, ada penyakit angin duduk dimana kondisi penderitanya merasakan nyeri pada dada.

Nyeri di dada bisa disebabkan oleh kondisi pembuluh darang jantung (koroner) yang mengalami penyempitan. Padahal pembuluh koroner jantun gberfungsi untuk mengalirkan darah yang kayak akan oksigen ke jantung.

Dalam dunia medis angin duduk disebut juga angina pectoris. Sebelum parah, begini cara mengatasi angin duduk yang benar dan efektif.

11 Cara Mengatasi Angin Duduk di Dada Secara Alami

Mengutip dari 99.co dan beberapa sumber lainnya, ada cara mudah untuk mengobati angin duduk, yaitu:

1. Stop Merokok

Cara mengatasi angin duduk yang pertama, yaitu berhenti merokok secara total. Dengan lanjut merokok hal ini bisa meningkatkan risiko terkena kanker dan penyakit paru kronis hingga penyakit jantung koroner.

Cobalah untuk berlatih berhenti merokok serta olahraga yoga. Menurut para peneliti, yoga bisa menguragi detak jantung dan tekanan dara sekaligus meningkatkan fungsi paru-paru.

2. Cara Mengatasi Angin Duduk dengan Meminum Teh Rosella

Berikutnya, cara mengatasi angin duduk secara alami bisa dengan meminum teh rosella hangat. Minuman hangat dapat membantu meningkatkan sistem pecernaan dan mengurangi gas serta kembung pada tubuh pengidap angin duduk.

Teh bunga rosella yang kamu minum dalam keadaan hangat bisa membantu menurunkan tekanan darah dan mengurangi kolesterol serta trigliserida.

3. Cara Mengatasi Angin Duduk Secara Tradisional
pengobatan akupuntur

Sejak ribuan tahun yang lalu akupuntur bisa mengatasi sejumlah penyakit. Termasuk meringankan nyeri dada terkait dengan angin duduk.

Hal ini pun dilansir dalam International Journal of Clinical and Experimental Medicine.

BACA JUGA:  Cara Menyimpan Video TikTok Tanpa Watermark

4. Gunakan Daun Sirsak
daun sirsak

Cara mengobati angin duduk dengan daun sirsak dipercaya memiliki keunggulan yang jarang diketahui banyak orang. Dalam daun sirsak mengandung nutrisi dan vitamin yang baik untuk mengatasi beberapa kondisi penyakit.

Salah satunya, penyakit angin duduk. Cara pengolahan daun sirsak untuk mengatasi angin duduk sangatlah mudah, begini caranya:

Siapkan 4-5 helai daun sirsak yang sudah kamu cuci. Kemudian, masukkan daun sirsak ke dalam 4 gelas air atau setara dengan 800 ml.

Lalu, rebus air tersebut dan biarkan hingga mendidih. Biarkan sampai air menyusut menjadi setengah saja. Setelah menyusur, matikan api dan air rebusan daun sirsak bisa kamu minum selagi hangat.

Jika kamu tidak suka dengan rasa originalnya, tambahkanlah madu murni agar rasanya lebih manis.

5. Cara Mengatasi Angin Duduk dengan Berolahraga
olahraga

Baik olahraga ringan maupun berat pasti kegiatan ini bisa membantu mengatasi penyakit angin duduk. Tapi, sebelum melakukan olahraga ada baiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter.

Tanyakan olahraga apa yang bagus untuk menyembuhkan penyakit angin duduk.

5. Cara Mengatasi Angin Duduk dengan Almond
susu almond

Bahan alami lainnya yang bisa meringankan angin duduk adalah almond. Penyebab sakit dada yang dirasakan pengidap angin duduk bisa jadi disebabkan oleh refluks gastroesofageal (GERD).

Dengan meminum susu almond kamu bisa meredakan gejala tersebut, karena bisa menenangkan hingga menetralkan asam pada kerongkongan.

6. Minum Suplemen L-Carnitine
minum suplemen

L-carnitine adalah sebuah suplemen nutrisi dan makanan. Kamu cukup mengonsumsi l-carnitine sebanyak dua kali sehari untuk meringankan penyakit angin duduk.

Dalam analisis yang dipublikasikan di Mayo Clinic Proceedings, L-carnitine bisa menurunkan 27 persen mortalitas, 65 persen aritmia ventrikel dan 40 persen gejala angin duduk bagi mereka yang mengalami serangan jantung.

BACA JUGA:  Setting Audio Mobil Agar Menghasilkan Suara yang Berkualitas

8. Cara Mengatasi Angin Duduk dengan Daun Kemangi

Selain bintangnya bahan alami di dapur, daun kemangi juga bisa menjadi solusi untuk mengatasi penyakit angin duduk, lho. Caranya, cukup mengunyah beberapa daun kemangi segar di pagi hari.

Atau kamu juga dapat membuatnya menjadi jus daun kemangi yang segar.

9. Minyak Ikan

Cara mengatasi angin duduk secara alami berikutnya bisa dengan mengonsumsi minyak ikan. Mengonsumsi minyak ikan bisa membantu menjaga aliran darah tetap normal.

Sebab, terdapat asam lemak omega-3 di dalamnya yang baik untuk jantung.

10. Cuka Sari Apel

Ringankan penyakit angin duduk dengan cuka sari apel. Caranya, minumlah satu sendok makan cuka sari apel dengan segelas air sebelum makan.

Minumlah cuka sari apel jika kamu emrasakan sakit dada yang begitu hebat. Namun, penggunaan bahan-bahan alami untuk meringankan angin duduk tetap harus ditanyakan terlebih dahulu kepada dokter, ya.

11. Atasi dengan Bawang Putih
bawang putih

Sebuah penelitian yang diterbirkan oleh US National Library of Medicine, National Institutes of Health. Menunjukkan bahwa bawang putih bisa mengurangi penumpukan plak pada arteri.

Di luar negeri sudah banyak orang yang menggunakan bawang putih sebagai suplemen untuk mengatasi masalah jantung.

Konsumsilah 2-3 siung bawah putih mentah setiap pagi untuk mengatasi angin duduk secara alami.

Dilansir dari Alodokter dan Halodoc, ini dia beberapa gejala angin duduk pada dada yang biasanya sering terjadi, yaitu:

Nyeri pada dada seperti ditindih benda yang berat, Seiring waktu nyeri pada dada akan menjalar ke lengan kiri, leher, rahang, dan punggung,

  • Sesak napas,
  • Tubuh terasa lelah,
  • Mual,
  • Merasa pusing,
  • Gelisah,
  • Sering mengeluarkan keringat yang berlebihan, dan
  • Pingsan.
  • Kemudian, ada dua tipe gejala timbulnya angin duduk.
BACA JUGA:  Bersihkan Mika Lampu Motor dengan Gunakan Bahan Ini

Pertama, ada angin duduk stabil. Biasanya tipe ini lebih sering timbul saat beraktivitas. Namun, angin duduk akan mereda bahkan hilang jika penderitanya beristirahat atau minum obat.

Kedua, tipe angin duduk jenis tidak stabil. Angin duduk ini tidak bisa hilang walaupun penderitanya sudah beristirahat dan minum obat. Timbulnya pun bisa jadi ketika seseorang sedang beristirahat

Dilansir dari muslimoderat, terdapat doa Rihul Ahmar yang ditujukan agar terhinda dari penyakit-penyakit kronin, seperti angin duduk.

Dikisahkan pada suatu ketika di mana Nabi Sulaiman As duduk di sebuah singgasana, kemudian datang sebuah ‘angin’ yang cukup besar.

Lalu, Nabi Sulaiman As bertanya “Siapakah engkau?”.

Angin tersebut menjawak “Akulah ‘Angin Rihul Ahmar’ dan apabila aku memasuki rongga anak adam, maka lumpuh serta keluarlah darah dari rongga hidung dan apabila aku memasuki otak anak adam, maka menjadi gilalah anak adam.”

Diperintahkanlah Nabi Sulaiman As untuk membakar angin tersebut.

Namun, Rihum Ahmar kembali berkata kepada Nabi “Aku kekal sampai hari kiamat tiba, tiada siapapun yang dapat membinasakan aku melainkan Allah Swt.”

Lalu, Rihul Ahmar pun menghilang.

Singkat cerita, diriwayatkan cucu Nabi Muhammad Saw terkenal angin Rihul Ahmar sampai mengeluarkan darah dari rongga hidungnya.

Nabi Muhammad Saw bertanya kepada Nabi Jibril As dan beliau mengajarinya doa Rihul Ahmar.

Berikut doa masuk angin duduk:

اللهم إني أعوذبك من الريح الأحمر والدم الأسود والداء الأكبر

Allahumma inni a’uzubika minarrihil ahmar, waddamil aswad, waddail akbar
Artinya:

“Ya Allah Tuhanku lindungi aku dari angin merah dan lindungi aku dari darah hitam (stroke) dan dari penyakit berat.”

Nabi Muhammad Saw pun bersabda:

“Bahwa barang siapa membaca doa stroke/doa Rihul Ahmar walau sekali dalam seumur hidupnya, maka akan dijauhkan dari penyakit angin ahmar atau stroke.