Beranda blog

Modal Nol Rupiah, Gus Eko Buka Potensi Jadi Bupati Subang dari Jalur Independen

suarasubang.com – Agus Eko Muhammad Solihin, atau yang lebih akrab dipanggil Gus Eko menjadi kejutan di pentas politik Kabupaten Subang. Mencalonkan diri sebagai Bupati Subang dari jalur perseorangan atau independen ia datang dengan modal nol rupiah.

Gus Eko yang merupakan anak dari seorang pedagang jengkol di pasar Cipeundeuy ini serius mencalonkan diri menjadi bupati Subang. Bahkan ia menegaskan bahwa langkahnya bukan sekedar gimmick.

Ia hanya tersenyum menanggapi banyaknya cibiran soal langkah yang diambilnya. Bahkan, tak sedikit yang menyebut pencalonannya sebagai gimmick semata. Bahkan ada menyindirnya dengan sebutan ‘cabup miskin’.

“Saya sangat serius soal pencalonan Bupati Subang ini. Dan, saya sudah membuktikannya,” ujarnya saat tengah bersantap siang di tukang ketoprak gerobakan di kawasan Sukamelang, Subang pada Jumat (17/05).

Gus Eko saat tengah makan siang di ketoprak pinggir jalan di kawasan Sukamelang, Subang

Alumni Universitas Kejuangan 45 Jakarta ini menggandeng Sujaka, seorang PNS di RSUD Subang, sebagai pasangannya untuk Pilkada 2024.

Keinginan Gus Eko untuk maju dalam Pilkada didorong oleh niatnya memperbaiki tata pemerintahan yang dianggapnya masih kurang efektif.

Meski nyaris minim modal, langkahnya untuk melaju melalui jalur independen mendapatkan banyak dukungan dari masyarakat, baik secara materi maupun non-materi.

Keseriusan Gus Eko membuahkan hasil. Pasangan ini memenuhi syarat untuk mengikuti Pilkada Subang.

Pasangan Agus Eko-Sujaka mengantongi jumlah dukungan sebanyak 78.207 orang yang tersebar di 30 kecamatan. Jumlah tersebut melebihi syarat dukungan batas minimal yakni 77.587 orang (6,5% dari DPT) dan tersebar minimal di 16 kecamatan.

Sekedar informasi, KPU Subang telah melakukan tahapan pendaftaran pencalonan perseorangan sekaligus penyerahan dukungan syarat calon bupati dan wakil bupati pada periode 8 Mei sampai 12 Mei.

Persyaratan pencalonan perseorangan ini sesuai dengan UU. No. 10 Tahun 2016 Pasal 41 Ayat (2). Berdasarkan SK. KPU Subang No. 789 Tahun 2024, yaitu calon perseorangan harus dukungan sebanyak 77.587 orang (6,5% dari DPT) dan harus tersebar minimal di 16 kecamatan.

“Berdasarkan Berita Acara dengan nomor 134/PL.02.2_BA/3213/2024 tentang Penerimaan Persyaratan Dukungan Bakal Pasangan Calon Perseorangan Dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Subang.

Pasangan Agus Eko Muchamad Solihin (Calon Bupati) dan Sujaka (calon Wakil Bupati) dinyatakan Lengkap dan Diterima,” demikian bunyi dalam rilis KPU.

Pencalonan Gus Eko sebagai Bupati Subang melalui jalur independen menunjukkan keberanian dan komitmennya untuk membawa perubahan positif.

Kita nantikan, apakah ia mampu menciptakan sejarah dalam kancah politik di Kabupaten Subang.

PJ Bupati Subang Hadiri Penandatanganan PKS Replikasi Aplikasi SENGGUH

suarasubang.com – Pj. Bupati Subang Dr. Drs. Imran, M.Si.,MA.Cd menghadiri Penyerahan MOU dan penandatanganan Perjanjian Kerjasama Replikasi Aplikasi dan Proses bisnis SENGGUH atau sistem evaluasi pertanggungjawaban Pembangunan Daerah di Kabupaten Subang.

Bappeda DIY melakukan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) tentang replikasi aplikasi “Sengguh” dengan BP4D Kabupaten Subang, Kamis 16 Mei 2024.

Kaban BP4D Subang, Iwan Syahrul Anwar dan Asda II Pemprov DIY / Plt Bappeda Drs. Trisaktyana, M.Si. saling mengikrarkan diri untuk bekerjasama demi meningkatkan kinerja dan birokrasi masing-masing daerah.

Penandatanganan PKS tersebut merupakan tindak lanjut dari kesepakatan bersama (Memorandum of Understanding/ MoU) antara Pemerintah Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta dengan Pemerintah Kabupaten Subang terkait dengan Pengembangan Potensi Daerah dan Peningkatan Pelayanan Publik.

Kesepakatan bersama ini telah ditandatangani bersama oleh Gubernur DIY dan PJ Bupati Subang pada Tanggal 2 April 2024.

Terkait penandatanganan PKS replikasi Proses bisnis aplikasi SENGGUH, yang ditandatangani Plt. Bapedda Prov. DIY, dengan Kepala B4PD lingkup kerjasama diantaranya penyediaan dokumen Proses bisnis, replikasi aplikasi, penyiapan infrastruktur, sarana prasarana termasuk penyiapan sumber daya manusia untuk operasional aplikasi SENGGUH.

SENGGUH sendiri merupakan pembaruan dari aplikasi monev Jogja kendali yang memberikan kemudahan akses bagi publik untuk mengetahui kinerja pembangunan melalui fitur yang menyediakan data dan informasi diantaranya DPA, E-Sakip, E-monev, PKKI, Evaluasi, E-LKPJ serta monev APBN.

SENGGUH menampilkan transparasi kerja pembangunan beserta realisasi keuangannya sehingga publik dapat memantau akuntabilitas kinerja, mengetahui kerja organisasi perangkat daerah.

Ide utama SENGGUH untuk membantu pemerintah daerah melaksanakan pengendalian pemantauan evaluasi dan penilaian kinerja serta menginformasikan kinerja kepada publik.

Plt. Kepala Bapedda DIY drs. Saktyana. M.Si menyampaikan menyambut baik keinginan Pemkab Subang untuk melakukan replikasi terhadap sistem ini.

Proses replikasi ini diharapkan dapat memberi  manfaat sehingga apa yang dikembangkan DIY ini dapat memberikan kontribusi yang lebih luas. ” sudah bukan lagi eranya kompetisi kini saatnya era kolaborasi”.

PJ. Bupati Subang menyampaikan ketertarikannya dengan Sengguh milik DIY ini bermula dengan capaian SAKIP DIY yang meraih predikat AA berkali-kali. Predikat ini adalah yang terbaik sekaligus satu-satunya di Indonesia.

“Harapannya bisa mendukung Keterbukaan Informasi Publik, capaian kinerja baik fisik maupun keuangan maupun realisasi kinerja keseluruhan yang dapat diakses langsung oleh masyarakat Subang.”

Hadir dalam dalam kesempatan tersebut Sekretaris Daerah Kabupaten Subang, para kepala perangkat daerah lingkup DIY, Kepala Biro lingkup Pemprov DIY, ketua PKK Kabupaten Subang, kepala perangkat Daerah, para camat, kepala Bidang lingkup Bappeda provinsi DIY.

KPU Subang Lantik 150 Anggota PPK untuk Pemilihan 2024

suarasubang.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Subang telah melaksanakan pelantikan dan pengambilan sumpah janji Anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) untuk Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat serta Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Subang tahun 2024.

Acara pelantikan tersebut berlangsung di Aula Hotel Laska pada Kamis (16/5/2024) malam.

Sebanyak 150 anggota PPK dari 30 kecamatan di Subang telah dilantik, dengan setiap kecamatan diwakili oleh lima orang.

Pelantikan dipimpin oleh Ketua KPU Subang, Abdul Muhyi, dan disaksikan oleh komisioner KPU lainnya serta salah satu Anggota KPU Jabar, Nazarudin, dan komisioner Bawaslu.

Ketua KPU Subang, Abdul Muhyi, menyatakan bahwa pihaknya optimis dapat meningkatkan partisipasi pemilih dalam Pilkada 2024 dengan hanya lima orang PPK di setiap kecamatan.

“Pada Pilkada tahun 2018, tingkat partisipasi mencapai 77%. Kami menargetkan untuk meningkatkan angka partisipasi di Pilkada 2024 menjadi di atas 80%,” ujar Abdul Muhyi.

Lebih lanjut, Abdul Muhyi menambahkan bahwa meskipun tren partisipasi dalam Pilkada cenderung menurun, partisipasi dalam Pemilu 2024 mengalami peningkatan hingga 83,60%.

“Ini adalah prestasi bersama sebagai penyelenggara pemilu, termasuk kontribusi TNI, Polri, pemerintah daerah, dan semua pihak terkait yang telah bekerja keras mensukseskan pemilu 2024,” pungkas Abdul Muhyi.

Dengan pelantikan ini, KPU Subang berharap seluruh anggota PPK dapat berkontribusi maksimal dalam meningkatkan partisipasi pemilih dan memastikan kesuksesan Pilkada 2024 di Kabupaten Subang.

PT DAHANA Raih Penghargaan BUMN Entrepreneurial Marketing Award 2024

suarasubang.com – PT DAHANA berhasil meraih penghargaan “The Most Promising Company In Marketing 3.0” dalam kategori perusahaan BUMN pada acara BUMN Entrepreneurial Marketing Award 2024.

Penghargaan bergengsi ini diberikan oleh Markplus Inc., perusahaan konsultan pemasaran terkemuka di Indonesia. Penghargaan tersebut diterima oleh Abdul Haris Atbaro, GM Divisi Tambang Umum 2 PT DAHANA, di Grand Atrium Kota Kasablanka, Jakarta, pada Rabu, 15 Mei 2024.

Keberhasilan Berkat Kolaborasi dan Kerja Keras

Dalam sambutannya, Abdul Haris Atbaro menyampaikan bahwa penghargaan ini merupakan hasil dari kerja keras dan kolaborasi berbagai pihak.

“Penghargaan ini adalah buah dari arahan para komisaris, kinerja jajaran direksi, serta kontribusi seluruh karyawan DAHANA. Kami juga berterima kasih atas kepercayaan yang diberikan oleh seluruh konsumen kami,” ujar Abdul Haris.

Ia menambahkan bahwa penghargaan ini akan menjadi modal penting bagi PT DAHANA untuk mempererat kolaborasi dengan seluruh pemangku kepentingan, termasuk pemegang saham, komisaris, direksi, dan karyawan, serta meningkatkan kepercayaan pelanggan.

PT DAHANA: Pionir Layanan Bahan Peledak di Indonesia

PT DAHANA dikenal sebagai pemimpin dalam industri bahan peledak di Indonesia, menawarkan layanan terintegrasi untuk sektor pertambangan umum, kuari dan konstruksi, minyak dan gas, serta militer.

Lini bisnis DAHANA meliputi Explosives Manufacturing, Drilling and Blasting Services, Defence Related, dan Related Services.

Komitmen Terhadap Inovasi dan Keberlanjutan

Abdul Haris juga menekankan pentingnya penghargaan ini sebagai motivasi bagi DAHANA untuk terus meningkatkan kinerja dan layanan dalam menghadapi tantangan globalisasi, inovasi, dan keberlanjutan.

“Berbagai pencapaian DAHANA, termasuk penghargaan ini, semoga menjadi pemicu dan penyemangat untuk terus meningkatkan kinerja dan pelayanan kami,” tutup Abdul Haris.

Tentang BUMN Entrepreneurial Marketing Award 2024

BUMN Entrepreneurial Marketing Award 2024 adalah ajang tahunan yang memberikan penghargaan kepada pemasar atau marketeers di kalangan BUMN, BUMD, dan anak perusahaan BUMN.

Penghargaan ini mencakup penilaian korporasi maupun individual dan melibatkan berbagai ahli sebagai juri.

Dengan penghargaan ini, PT DAHANA menunjukkan komitmennya untuk terus berinovasi dan memberikan layanan terbaik di sektor bahan peledak, memperkuat posisinya sebagai pemimpin industri di Indonesia.

KPU Purwakarta Umumkan Hasil Penetapan Calon Anggota PPK Terpilih

suarasubang.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Purwakarta resmi mengumumkan hasil penetapan seleksi calon anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Terpilih untuk Pemilu 2024 di Kabupaten Purwakarta.

Pada 15 Mei 2024, KPU Purwakarta mengumumkan hasil penetapan seleksi calon anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) untuk Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, serta Bupati dan Wakil Bupati tahun 2024 di situr resminya.

Pengumuman ini dilakukan setelah para calon anggota terpilih melewati proses seleksi berbasis CAT untuk mendapatkan calon kompeten.

Pelaksanaan wawancara calon anggota PPK dilaksanakan pada tanggal 12-13 Mei 2024 bertempat di Hotel Harper Purwakarta.

Seluruh tahapan seleksi, termasuk wawancara, telah diselesaikan oleh KPU Kabupaten Purwakarta.

Terkait hasil penetapan, KPU Kabupaten Purwakarta menetapkan calon anggota PPK berdasarkan peringkat sebagai berikut:

  • Peringkat 1-5: Ditetapkan sebagai anggota PPK terpilih.
  • Peringkat 6-10: Ditetapkan sebagai calon pengganti antarwaktu anggota PPK. Daftar lengkap hasil seleksi dapat diunduh melalui situs resmi KPU Kabupaten Purwakarta.

Selanjutnya, KPU Purwakarta mengundang calon anggota PPK terpilih untuk menghadiri pelantikan, pengambilan sumpah/janji, dan penandatanganan pakta integritas.

Informasi lebih lanjut mengenai waktu dan tempat pelaksanaan dapat diakses melalui tautan yang disediakan di situs KPU.

Hj. Elita Budiati: Golkar Subang Siap Ngabret dan Gaspol di Pilkada 2024

suarasubang.com – Menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak di Kabupaten Subang pada November 2024, Partai Golongan Karya (Golkar) Kabupaten Subang menyiapkan kader terbaiknya untuk berpartisipasi dalam kontestasi politik tersebut.

Ketua DPD Partai Golkar Subang, Hj. Elita Budiati dalam pernyataannya di Gedung Golkar, Jalan Rahman Hakim Subang pada Selasa (14/05) menegaskan kesiapan partainya dalam menghadapi Pilkada 2024.

Menurutnya, dengan Golkar yang merupakan pemenang Pemilihan Legislatif (Pileg) di Kabupaten Subang, tidak mungkin partai ini tidak siap menghadapi Pilkada.

“Golkar sudah sangat siap, mesinnya sudah di-tune up. Dengan 10 kursi di legislatif, Golkar siap berkibar dengan slogan ‘Ngabret’ dan ‘Gaspol Pilkada 2024’,” kata Elita Budiati.

Elita juga menyebutkan bahwa calon bupati atau wakil bupati dari Partai Golkar sudah dikenal oleh masyarakat.

Menurutnya, Golkar memiliki banyak stok kader internal yang siap maju, dan semuanya didukung oleh masyarakat untuk mencapai tujuan membangun Kabupaten Subang yang lebih baik.

“Seluruh warga masyarakat sudah tahu siapa yang akan muncul dari Partai Golkar. Calon bupati atau wakil bupati nanti pasti berasal dari kader internal partai,” tambahnya.

Untuk menjadi calon dari partai Golkar, prosesnya tidak mudah dan harus sesuai dengan mekanisme partai.

Hal ini termasuk melalui Musda atau hasil Rakerda. Golkar sudah memutuskan dua nama yang direkomendasikan oleh partai.

“Target kita adalah bupati. Tolong lihat track record dan niat calon tersebut yang betul-betul ingin membangun Kabupaten Subang.

“Kami yakin masyarakat bisa menilai sendiri pemimpin yang layak untuk Subang selama 5 tahun ke depan,” pungkas Elita.

Dengan persiapan matang dan kader yang kompeten, Partai Golkar Kabupaten Subang optimis dapat meraih kesuksesan di Pilkada 2024 dan melanjutkan pembangunan yang lebih baik untuk Kabupaten Subang.

Niko Rinaldo Perjuangkan Keadilan di Mahkamah Partai PDI Perjuangan Terkait Peralihan Suara

suarasubang.com – Niko Rinaldo, seorang tokoh politik yang aktif dalam Pileg 2024, menyampaikan pernyataan resminya mengenai proses peradilan di Mahkamah Partai PDI Perjuangan.

Niko mengklaim bahwa terdapat pengalihan suara partai sebesar 3011 suara menjadi suara calon tertentu. Bukti tambahan berupa video jalannya pleno PPK dari sumber YouTube resmi PPK di setiap kecamatan juga telah disiapkan.

Dalam pernyataannya, Niko memulai dengan kutipan terkenal, “Adilah sejak dalam pikiran.” Kata-kata ini, menurutnya, selalu menjadi pedoman dalam setiap langkah politik yang diambilnya.

Niko menegaskan komitmennya terhadap keadilan dalam berpolitik, menolak segala bentuk kecurangan dan tidak menginginkan diperlakukan secara tidak adil.

Keputusan ini, katanya, didasarkan pada dukungan tulus dari 39.398 pemilih yang memilihnya tanpa bayaran dan dengan perjuangan yang terhormat.

Niko menjelaskan bahwa ia memiliki dokumen lengkap yang dihimpun bersama timnya, yang bekerja keras selama proses rekapitulasi penghitungan suara di setiap TPS, PPK, KPU Kabupaten hingga KPU Provinsi Jawa Barat.

“Dengan dokumen yang kami miliki berupa D hasil pleno di 82 kecamatan dari Subang, Majalengka dan Sumedang dan C Plano Hasil dari 4 Kecamatan di Sumedang, 11 Kecamatan di Majalengka, telah terjadi pengalihan yang seharusnya suara partai, dirubah sebanyak 3011 suara menjadi suara calon tertentu.

“Kami juga memiliki bukti vidio jalannya pleno PPK dari sumber YouTube resmi PPK disetiap kecamatan,” ujarnya.

Ia dan timnya yakin bahwa mereka telah berpolitik sesuai amanat PDI Perjuangan, yaitu berpolitik untuk membangun peradaban dan menang tanpa curang.

Niko menekankan bahwa insiden yang menimpa dirinya tidak boleh meruntuhkan esensi penting dari demokrasi yang telah dibangun oleh PDI Perjuangan.

Kepada warga Subang, Majalengka, dan Sumedang, Niko menyampaikan terima kasih atas dukungan tulus mereka dan meminta maaf atas penantian sikap terkait ketidakadilan yang mereka rasakan bersama.

Niko menyerahkan jalannya peradilan kepada Mahkamah Partai, meyakini bahwa kebenaran pasti menang.

Optimalisasi Pelayanan Publik: ASDA 3 Menggelar Acara Pendampingan Bersama Ombudsman RI

suarasubang.com – Pada Senin, 13 Mei 2024, Asisten Administrasi Umum Setda Subang, H. Dadang Kurnianudin, S.IP, M.Si, menghadiri Acara Pendampingan Penyelenggaraan Pelayanan Publik di Lingkup Pemerintah Daerah Kabupaten Subang, yang diselenggarakan oleh Ombudsman RI Perwakilan Provinsi Jawa Barat, di Hotel Nalendra Plaza.

Acara ini dibuka oleh Kepala Bagian Organisasi Setda Subang, Kholis Nur Handayani, S.Kp., M.Kep, yang melaporkan hasil penilaian Ombudsman, menunjukkan peningkatan pada tahun 2023 dengan nilai 92,37, berada dalam zona hijau dengan kualitas tertinggi.

Sambutan dari PJ Bupati Subang disampaikan oleh ASDA 3 H. Dadang Kurnianudin, S.IP, M.Si, yang menekankan pentingnya menjaga nilai kesederhanaan sebagai kode etik bagi ASN.

Beliau juga mengumumkan bahwa RKPD 2025 akan diuji langsung oleh Bupati, sambil mendorong setiap OPD untuk melakukan save assessment minimal tiga bulan sekali.

Narasumber dari Ombudsman RI Perwakilan Provinsi Jawa Barat, Ujang Solihul Wildan dan Maulana Ikhsan, memberikan materi pada kegiatan tersebut.

Sebelum menutup sambutannya, H. Dadang Kurnianudin, S.IP, M.Si, mendorong peserta untuk aktif mengikuti kegiatan dan memperhatikan materi yang disampaikan.

Acara ini secara resmi membuka Pendampingan Penyelenggaraan Pelayanan Publik di Lingkup Pemerintah Daerah Kabupaten Subang oleh Ombudsman RI Perwakilan Provinsi Jawa Barat tahun 2024.

Turut hadir dalam acara ini adalah para Sekretaris Dinas, Direktur RSUD, dan Kepala Puskesmas dari berbagai wilayah di Kabupaten Subang.

Membangun Pilkada Kondusif: Pimpinan Briefing Staf Serukan Persiapan Matang

suarasubang.com – Pada Senin, 13 Mei 2023, Penjabat Bupati Subang, Dr. Drs. Imran, M.Si.,MA.Cd, memimpin Briefing Staff di Ruang Rapat Bupati II, membahas Persiapan dan Tahapan Pelaksanaan Pilkada Kabupaten Subang yang akan berlangsung pada 27 November 2024.

Abdul Muhyi, Ketua KPU Kabupaten Subang, mengapresiasi jajaran Pemerintah Daerah atas kelancaran Pemilu 2024 pada bulan Februari lalu, dengan presentase pemilih yang meningkat menjadi 83,6%.

Pendaftaran calon independen telah dibuka sejak 5 Mei, dengan persyaratan minimal 77.587 pendukung, sementara pendaftaran calon dari partai politik akan dibuka pada 27 Agustus mendatang.

Dr. Imran menyatakan kesiapan Pemerintah Daerah Kabupaten Subang dalam mendukung pelaksanaan Pilkada 2024, termasuk pendidikan politik kepada masyarakat dan aspek keamanan.

Dia mengajak semua pihak untuk terus mengevaluasi dan memperbaiki kinerja guna mencegah kekurangan yang terjadi pada Pemilu sebelumnya tidak terulang pada Pilkada mendatang.

Rapat dihadiri oleh para Asisten Daerah, Kepala OPD, para Camat, Kepala Bagian, dan tamu undangan lainnya, menunjukkan komitmen bersama dalam memastikan kesuksesan Pilkada yang kondusif dan berintegritas.

Kapolres Subang Hadiri Penyerahan 10 Jenazah Tragedi Kecelakaan Bus Maut di RSUD Ciereng

suarasubang.com – Tragedi bus PO Putera Fajar yang mengalami kecelakaan akibat rem blong di Jalan Palasari, Kecamatan Ciater, Kabupaten Subang, Jawa Barat, telah menyebabkan duka mendalam bagi warga Kabupaten Subang.

Hari ini, Minggu (12/5/2024), pukul 08.00 WIB, dilaksanakan prosesi penyerahan 11 jenazah korban kepada keluarga korban di RSUD Ciereng.

Acara ini dihadiri oleh Kapolres Subang, AKBP Ariek Indra Sentanu, beserta sejumlah pejabat dan personel Polres Subang.

Dalam suasana yang penuh dengan isak tangis, prosesi penyerahan jenazah korban kecelakaan lalu lintas tersebut berlangsung. Sebanyak 10 penumpang bus dan satu pengendara motor telah kehilangan nyawa mereka dalam kecelakaan tragis ini.

Nama-nama jenazah yang diserahkan kepada keluarganya antara lain:

  1. Sdri. Ade Nabila A
  2. Sdr. Mahesya Putra
  3. Sdr. Ahmad Fauzi
  4. Sdri. Intan Rahmawati
  5. Sdr. Dimas Aditya
  6. Sdr. Suprayogi
  7. Sdr. Desi Yulianti
  8. Sdri. Robiatul Adawiyah
  9. Sdri. Tyara
  10. Sdri. Intan Fauziah
    Sementara itu, korban atas nama Raka, yang merupakan pengendara kendaraan motor, juga telah diserahkan kepada pihak keluarga sebelumnya.

Dalam upaya untuk memberikan dukungan kepada keluarga korban, prosesi penyerahan ini diadakan dengan pengawalan ketat oleh pihak kepolisian dan melibatkan berbagai pihak terkait.

Diharapkan, penyerahan jenazah ini dapat membantu proses pemulihan bagi keluarga korban dalam menghadapi tragedi yang mengejutkan ini.

Recent Posts