Beranda Berita Nasional Peringati HSN 2022, PCNU Ciamis Gelar Kirab Resolusi Jihad

Peringati HSN 2022, PCNU Ciamis Gelar Kirab Resolusi Jihad

IMG_20221020_221323_oYXSTsxb0t_56sJHl3g84.jpeg

harapanrakyat.com,- Dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional (HSN) tahun 2022, PC Nahdatul Ulama (NU) Kabupaten Ciamis menggelar Kirab Resolusi Jihad dan Saba Pesantren, Kamis (20/10/2022).

Kirab resolusi jihad ini nantinya berlangsung selama 3 hari 3 malam berkeliling kecamatan. Rombongan kirab pun akan mengunjungi pesantren serta ziarah ke makam tokoh ulama dan kiyai.

Kirab Resolusi Jihad ini nantinya berakhir di Pendopo Bupati Ciamis pada hari Sabtu Malam Minggu. Hari tersebut merupakan puncak kegiatan dan juga akan ada doa bersama serta shalawatan.

BACA JUGA:  FIM MiniGP Indonesia Series di Sirkuit Gery Mang

Ketua PCNU Kabupaten Ciamis Arief Ismail Chowas menjelaskan, tujuan kegiatan ini yaitu dalam rangka tasyakur binnimah atas jasa-jasa pendiri negara ini termasuk para ulama dan santri.

“Kenikmatan ini hasil perjuangan yang sangat luar biasa, pengorbanan luar biasa. Jadi bukan hanya sekedar harta saja. Namun, pengorbanan nyawa juga untuk lahirnya negara yang merdeka yaitu NKRI,” jelasnya.

BACA JUGA:  30 Petugas Pertanian Jabar Asah Keterampilan Smart Farming di Bapeltan Cianjur

Kemudian, kirab ini juga mengingatkan kepada masyarakat atas perjuangan para pejuang dan kiyai serta ulama.

Baca Juga: Lembaga Dakwah NU Gelar Dzikir Jelang Pilkada Pangandaran

“Tentunya kita juga mendapat amanat untuk menjaga sekaligus mengembangkan bangsa ini. Supaya lebih manfaat, maslahat dan tentu saja kesejahteraan umat layaknya bisa terus baik,” ucapnya.

Arief menambahkan, untuk kirab resolusi ini rutenya mulai dari kantor PCNU Kabupaten Ciamis, kemudian singgah ke setiap Kecamatan dari mulai ujung selatan, sampai nanti keluar ujung Barat. Rombongan berakhir di Pendopo Bupati Ciamis untuk menyerahkan Pataka Kirab Resolusi Jihad.

BACA JUGA:  Isu Poligami dan Narkoba Bisa Rontokan Elektabilitas Kandidat di Pilkada Subang

“Acaranya itu Saba Pesantren, ziarah ke para ulama, Kiyai serta pendiri NU ditambah penanaman pohon. Nantinya juga ada kegiatan Ciamis bersholawat di setiap pesantren yang disinggahi. Kirab ini 3 hari 3 malam,” pungkasnya. (Ferry/R9/HR-Online/Editor-Dadang)