Beranda Berita Nasional Awal Pekan Ini, Harga Cabai Rawit Merah Turun, Kedelai Masih Tinggi

Awal Pekan Ini, Harga Cabai Rawit Merah Turun, Kedelai Masih Tinggi

Awal-Pekan-Ini-Harga-Cabai-Rawit-Merah-Turun-Kedelai-Masih-Tinggi.jpg

Berita Banjar (harapanrakyat.com),- Memasuki awal pekan ini, Senin (17/10/2022), harga sejumlah komoditas kebutuhan pokok di pasar Banjar, Jawa Barat, terpantau stabil. Bahkan, harga untuk komoditas cabai rawit merah turun hanya Rp 45 ribu per kilogram.

Pantauan HR Online, kenaikan harga kebutuhan pokok hanya terjadi pada daging ayam ras, bawang merah dan harga kedelai impor. Ketiga bahan pokok tersebut terpantau masih cukup tinggi sampai Rp 15 ribu per kilogram.

Salah seorang pedagang di Pasar Banjar, Nana (30) mengatakan, saat ini harga cabai rawit merah turun Rp 15 ribu, dari tiga hari sebelumnya yang saat itu mencapai Rp 60 ribu per kilogram.

Baca Juga: Harga Kedelai Tembus Rp 13 Ribu, Pedagang di Pasar Banjar Sebut karena Dollar Naik

BACA JUGA:  Shin Tae-Yong memanggil sebanyak 26 pemain, ini daftarnya

Sedangkan untuk cabai merah keriting masih tetap yakni Rp 60 ribu per kilogram dan cabai keriting hijau Rp 24 per kilogram.

“Sudah tiga hari ini untuk cabai rawit merah turun. Sekarang cuma Rp 45 ribu per kilogram. Sayuran juga lagi pada murah, nggak naik banyak,” kata Nana kepada HR Online, Senin (17/10/22).

Harga Cabai Rawit Merah Turun di Pasar Banjar, Bagaimana dengan Sayuran Lainnya?

Lanjutnya menyebutkan, selain cabai-cabaian harga aneka sayuran juga stabil. Seperti tomat saat ini mencapai Rp 8 ribu per kilogram, wortel Rp 10 ribu. Kemudian, terong ungu Rp 10 ribu, kentang besar Rp 12.500 dan kembang kol Rp 15 ribu.

BACA JUGA:  Isu Poligami dan Narkoba Bisa Rontokan Elektabilitas Kandidat di Pilkada Subang

Biasanya, kata Nana, saat musim penghujan harga sayur dan cabai-cabaian naik tinggi.  Namun untuk sekarang ini masih stabil.

Menurutnya, hal itu karena ketersediaan kebutuhan pokok di daerah pemasok tengah memasuki musim panen.

“Biasanya musim penghujan barang langka sehingga pada naik. Tapi sekarang ini sebagian turun. Lagi pada murah. Mungkin di sana barangnya lagi pada panen,” ujarnya.

Terpisah, Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah dan Perdagangan (KUKMP) Kota Banjar, Edi Herdianto, melalui Kepala Bidang Perdagangan, Mamat Rahmat mengatakan, dari hasil pemantauan harga harga sejumlah kebutuhan pokok masih stabil. 

Baca Juga: Harga Sejumlah Kebutuhan Pokok di Pasar Banjar Melandai, Harga Telur Masih Tinggi 

Hanya beberapa komoditas bahan pokok yang mengalami kenaikan, seperti daging ayam broiler naik Rp 2000 menjadi Rp 30 ribu per kilogram.

BACA JUGA:  FIM MiniGP Indonesia Series 2024: Kompetisi Sengit Pembalap Muda di Sirkuit Gery Mang

“Lalu, bawang merah naik Rp 1000 menjadi Rp 34 ribu per kilogram,” katanya, Senin (17/10/2022).

Sedangkan untuk harga telur ayam ras, lanjutnya, masih tetap Rp 27 ribu per kilogram, minyak curah Rp 14 ribu, dan beras premium Rp 13 ribu per kilogram. Sementara untuk kedelai impor masih tinggi yaitu Rp 15 ribu per kilogram.

“Untuk harga kebutuhan pokok yang lain di pasar Banjar masih stabil. Bahkan harga untuk komoditas cabai rawit merah turun. Namun untuk harga kedelai saat ini masih tinggi, menyentuh harga Rp 15 ribu per kilogram,” ujarnya. (Muhlisin/R5/HR-Online/Editor-Adi)