Beranda Berita Nasional Sosialisasi Nama Kabupaten Galuh Kembali Digelar, Bentuk Keseriusan Pemkab Ciamis

Sosialisasi Nama Kabupaten Galuh Kembali Digelar, Bentuk Keseriusan Pemkab Ciamis

Pemkab-Ciamis.jpg

Berita Ciamis (harapanrakyat.com),- Sosialisasi nama Kabupaten Galuh kembali digelar Pemerintah Kabupaten Ciamis, Jawa Barat. Hal itu sebagai bentuk keseriusan terhadap wacana perubahan nama Kabupaten Ciamis kembali lagi menjadi nama Galuh.

Melalui Disbudpora, Pemkab Ciamis melakukan sosialisasi kepada para tokoh dan budayawan yang ada di Kabupaten Ciamis.

Kegiatan sosialisasi perubahan nama Kabupaten Ciamis menjadi Kabupaten Galuh berlangsung di Aula Setda Ciamis, Jumat (14/10/2022).

Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya mengatakan, saat ini pihaknya melakukan sosialisasi secara bertahap kepada masyarakat. Jika melihat tanggapan masyarakat, memang ada keinginan untuk diganti.

BACA JUGA:  Isu Poligami dan Narkoba Bisa Rontokan Elektabilitas Kandidat di Pilkada Subang

Menurutnya, pertimbangan pergantian nama Galuh sendiri salah satunya dulu pernah mengalami masa keemasan. Kemudian, untuk pergantian nama Galuh ke Ciamis itu tidak jelas.

“Bahkan ada informasi, dulu katanya pergantian nama Galuh ke Ciamis ini adalah strategi Hindia-Belanda untuk memecah belah Galuh dan merusaknya,” terang Herdiat.

Baca Juga : Isu Pergantian Nama Ciamis ke Galuh Kembali Mencuat

Dalam perubahan nama tersebut, pihaknya tidak menarget harus tahun berapa. Namun, saat ini sedang dalam proses.

“Dalam pergantian nama ini memang membutuhkan anggaran besar. Jika nanti sudah diganti juga memerlukan anggaran untuk pergantian papan nama. Tetapi, hal itu pun ada prosesnya, tidak sekaligus bisa 5 sampai 10 tahun,” ujarnya.

BACA JUGA:  Cara Nonton Live Streaming Timnas Indonesia vs Australia Kualifikasi Piala Dunia 2026

Sosialisasi Nama Kabupaten Galuh Bukan untuk Mobilisasi

Sebelumnya Pemkab Ciamis juga telah melakukan sosialisasi nama Kabupaten Galuh kepada Camat, PPDI, APDESI dan juga BPD. Semuanya menyatakan setuju berganti nama.

Asisten Pemerintah II Sekretariat Daerah (Setda) Ciamis, Wasdi Ijudin menambahkan, pihaknya saat ini sudah melakukan kajian. Berdasarkan hasil kajian, sisi regulasi itu ada peluang dan bukan hal yang sulit.

BACA JUGA:  30 Petugas Pertanian Jabar Asah Keterampilan Smart Farming di Bapeltan Cianjur

Wasdi yang juga sebagai ketua panitia perubahan nama Kabupaten Ciamis menjadi Galuh mengatakan, kegiatan sosialisasi ini bukan untuk mobilisasi. Akan tetapi untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat Ciamis.

Selain itu, juga untuk meluruskan sejarah spirit Galuh menjadi lebih baik lagi kedepannya. Sebagai staf bupati, saat ini pihaknya menampung suara masyarakat.

“Memang ada yang pro dan juga kontra. Namun, yang kontra ini agar jangan sampai keberatan terhadap persoalan yang sebetulnya bukanlah masalah,” pungkas Wasdi. (Feri/R3/HR-Online/Editor-Eva)