Beranda Berita Nasional Disbudpora Ciamis Akan Kumpulkan Tokoh Masyarakat Bahas Nama Kabupaten Galuh

Disbudpora Ciamis Akan Kumpulkan Tokoh Masyarakat Bahas Nama Kabupaten Galuh

Disbudpora-Ciamis-Akan-Kumpulkan-Tokoh-Masyarakat-Bahas-Nama-Kabupaten-Galuh.jpg

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Erwan Darmawan, Kepala Dinas Kebudayaan, Kepemudaan dan Olahraga (Disbudpora) kabupaten Ciamis, Jawa Barat, akan segera mengumpulkan tokoh masyarakat Ciamis, untuk membahas mengenai wacana perubahan nama kabupaten Ciamis menjadi kabupaten Galuh.

“Akhir tahun ini, kita akan melaksanakan kegiatan diskusi terbuka bersama tokoh-tokoh masyarakat, untuk meminta pandangan terkait perubahan nama kabupaten Ciamis menjadi Galuh,” ujar Erwan Senin (10/10/2022).

BACA JUGA:  Isu Poligami dan Narkoba Bisa Rontokan Elektabilitas Kandidat di Pilkada Subang

Baca juga: Dede Yusuf Usulkan Ciamis Ganti Nama Jadi Kabupaten Galuh

Kegiatan diskusi dengan para tokoh masyarakat ini, dilakukan lantaran ada sebagian masyarakat yang menginginkan sebuah perubahan nama Ciamis menjadi Galuh.

“Nanti setelah menerima pandangan terkait perubahan nama, kemudian akan dibahas di DPRD Ciamis untuk diusulkan kembali ke tingkat nasional, prosesnya memang sangat panjang,” katanya.

BACA JUGA:  30 Petugas Pertanian Jabar Asah Keterampilan Smart Farming di Bapeltan Cianjur

Erwan menjelaskan, nama Galuh adalah sebuah nama kerajaan yang besar, yang berkedudukan di wilayah Ciamis dahulunya.

Sehingga ada sebagian masyarakat Ciamis mendorong perubahan nama kabupaten Ciamis menjadi kabupaten Galuh.

Meski begitu, akan banyak pertimbangan tentang perubahan nama kabupaten ini, mulai dari sektor ekonomi, budaya dan masih banyak lagi.

“Tetapi kita akan terus sosialisasikan hal ini secara terbuka kepada masyarakat, dari segi keunggulan perubahan ataupun sebaliknya,” jelasnya.

BACA JUGA:  FIM MiniGP Indonesia Series 2024: Kompetisi Sengit Pembalap Muda di Sirkuit Gery Mang

Dengan adanya wacana perubahan nama Kabupaten ini, Erwan berpesan kepada masyarakat Ciamis, agar terus menggali lebih dalam lagi tentang Galuh.

“Jadi ketika nama Ciamis mengalami perubahan menjadi Galuh, maka makna nama Galuh ini harus dipelajari lebih dalam jangan sampai ditanggapi secara sepintas saja,” pungkasnya. (Fahmi/R8/HR Online/Editor Jujang)