Beranda Berita Nasional Dulu di Cina, PAN Asia Hash 2022 Digelar di Pangandaran

Dulu di Cina, PAN Asia Hash 2022 Digelar di Pangandaran

Pan-Asia-Hash-2022.jpg

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),- Pan Asia Hash, event lari komunitas non kompetitif yang mempertemukan berbagai peserta dari seluruh dunia digelar di Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat pada 7-9 Oktober 2022. 

Peserta Pan Asia Hash yang hadir sesuai undangan sebanyak 3100 peserta dari 22 Negara. Para peserta ini menginap di 12 Hotel berstandar internasional yang ada di Pangandaran.

Ketua PHRI Kabupaten Pangandaran H Agus Mulyana mengatakan, ada dampak positif dengan digelarnya acara Pan Asia Hash di Pangandaran.

BACA JUGA:  30 Petugas Pertanian Jabar Asah Keterampilan Smart Farming di Bapeltan Cianjur

“Okupansi hotel khususnya di wilayah Pangandaran meningkat sampai 90 persen. Kalau cakupan se-Kabupaten bisa sampai 70 persen, jelas sangat berimbas untuk sektor Pariwisata kita,” jelas Agus Mulyana, Jumat (7/10/2022).

Baca Juga: PGRI Angkat Bicara Soal Tabungan Siswa di Pangandaran yang Belum Dikembalikan

Lebih lanjut Agus Mulyana mengatakan, keuntungan para pelaku wisata dan UMKM meningkat, sehingga perputaran ekonomi di Pangandaran meningkat.

BACA JUGA:  Isu Poligami dan Narkoba Bisa Rontokan Elektabilitas Kandidat di Pilkada Subang

“Perekonomian di Pangandaran jelas meningkat adanya acara setingkat Asia digelar di Pangandaran ini apalagi waktunya 3 hari,” katanya.

Sementara Ketua Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) Kabupaten Pangandaran Muhrodin Susilawan mengatakan, sesuai tugasnya sebagai pemandu wisata pihaknya melayani para tamu pada kegiatan Pan Asia Hash 2022 yang bertempat di Pangandaran.

“Kami sudah banyak memiliki guide berlisensi yang mampu 5 bahasa. jJadi ada acara tingkat Asia ini kita siap sebagai pemandu khususnya bahasa Mandarin juga ada,” singkat Muhrodin.

BACA JUGA:  Cara Nonton Live Streaming Timnas Indonesia vs Australia Kualifikasi Piala Dunia 2026

Sementara itu, Pan Asia Hash terakhir kali dilaksanakan di Cina pada tahun 2019. Saat itu, Bupati Pangandaran H Jeje Wiradinata hadir sebagai tamu undangan.

Kesempatan tersebut digunakan Jeje untuk mempromosikan wisata Pangandaran kepada para peserta. Pada tahun 2022 ini, Pangandaran akhirnya ditunjuk sebagai tuan rumah Pan Asia Hash.  (Madlani/R7/HR-Online/Editor-Ndu)