Beranda Berita Nasional Dalam Sepekan Kawanan Monyet Masuk Pemukiman Warga di Rajadesa Ciamis

Dalam Sepekan Kawanan Monyet Masuk Pemukiman Warga di Rajadesa Ciamis

Monyet.jpg

harapanrakyat.com,- Dalam sepekan terakhir ini, kawanan monyet masuk pemukiman warga di Dusun Sirnasari, Desa/Kecamatan Rajadesa, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat. Kawanan monyet yang berkeliaran itu membuat warga resah.

Mamah Komalasari, salah seorang warga Dusun Sirnasari, RT 03/08, Desa/Kecamatan Rajadesa, Kabupaten Ciamis, mengatakan, pada hari Minggu (7/1/2024), dirinya mendengar suara teriakan tetangganya karena ada monyet liar di depan rumahnya.

Menurut Mamah, sudah satu minggu ini kawanan monyet berkeliaran di sekitar pemukiman penduduk. Namun, ia tidak mengetahui dari mana asalnya kawanan monyet itu.

BACA JUGA:  Cara Nonton Live Streaming Timnas Indonesia vs Australia Kualifikasi Piala Dunia 2026

Karena takut mencelakai, warga setempat pun telah melakukan berbagai upaya untuk menangkap dan melumpuhkan binatang tersebut. Akan tetapi tidak membuahkan hasil, sehingga warga melaporkan ke Pos WMK Rancah, Kabupaten Ciamis, untuk mengevakuasinya.

Baca Juga: Petugas Damkar Evakuasi Sarang Tawon di Rumah Warga Tanjungsari Ciamis

Petugas Pos WMK Rancah Amankan Kawanan Monyet yang Masuk Pemukiman

Petugas Pos WMK Rancah Kabupaten Ciamis, Mugni, membenarkan adanya laporan dari salah seorang warga Rajadesa yang minta bantuan untuk mengevakuasi monyet yang berkeliaran sekitar pemukiman penduduk.

BACA JUGA:  Shin Tae-Yong memanggil sebanyak 26 pemain, ini daftarnya

Mendapat laporan tersebut, petugas Pos WMK Rancah merespon dan langsung menuju ke tempat berkeliarannya binatang monyet untuk melakukan evakuasi.

“Evakuasi yang pertama tidak membuahkan hasil karena terganggu oleh banyaknya warga yang menonton. Sehingga kawanan monyet malah kabur ke wilayah perkebunan,” kata Mugni.

Namun, tidak lama kemudian kawanan monyet kembali masuk pemukiman penduduk. Bahkan hingga masuk ke salah satu rumah warga, dan mengacak-ngacak perabotan dan makanan yang ada dalam rumah.

Mugni menjelaskan, setelah melakukan evakuasi yang kedua kalinya, petugas pun berhasil mengamankan satu ekor monyet dengan selamat.

BACA JUGA:  30 Petugas Pertanian Jabar Asah Keterampilan Smart Farming di Bapeltan Cianjur

Berhubung monyet yang masuk pemukiman warga ada beberapa ekor, maka masyarakat harus lebih berhati-hati dan waspada.

Sebab, menurut Mugni, tidak menutup kemungkinan kalau bintang tersebut merasa terusik, sehingga menyerang dan mencelakai manusia.

“Ya, tidak menutup kemungkinan selain kembali masuk ke dalam rumah, kawanan monyet juga bisa mencelakai. Apabila kawanan monyet kembali ke pemukiman, lebih baik warga melaporkannya ke Pos WMK Rancah untuk mengevakuasinya,” pungkas Mugni. (Dji/R3/HR-Online/Editor: Eva)