Beranda Berita Nasional Nanang Permana Ingatkan ASN di Gerakan Pramuka Ciamis Jangan Ikut-ikutan Kampanye

Nanang Permana Ingatkan ASN di Gerakan Pramuka Ciamis Jangan Ikut-ikutan Kampanye

Nanang-Permana-Ingatkan-ASN-di-Gerakan-Pramuka-Ciamis-Jangan-Ikut-ikutan-Kampanye.jpeg

harapanrakyat.com,- Ketua Gerakan Pramuka Kwartir Cabang (Kwarcab) Ciamis, Jawa Barat, H Nanang Permana MH, mengingatkan para pembina dan pelatih pramuka yang berstatus ASN agar tidak ikut-ikutan berkampanye dalam proses pesta demokrasi 2024.

Hal itu Nanang sampaikan saat menutup kegiatan Raimuna XV dan Kanira VII Cabang Ciamis, Kamis (28/12/2023) di Bumi Perkemahan Majaprana, Cijeungjing.

“Bagi para pembina, pramuka dewasa dan para pelatih yang ASN baik PNS maupun P3K, saya instruksikan untuk tidak ikut kampanye partai apapun dan kampanye siapapun. Jangan memaksa diri. Hal ini saya lakukan, karena saya sebagai Ketua Kwarcab bertanggung jawab atas kakak-kakak sekalian,” ungkap Nanang.

BACA JUGA:  Shin Tae-Yong memanggil sebanyak 26 pemain, ini daftarnya

Baca juga: Tingkatkan Kemampuan Komunikasi, Anggota Pramuka Kwarcab Banjar Ikuti Jota-Joti 2023

Sementara itu lanjut Nanang, bagi pembina atau pelatih Pramuka yang non ASN (honorer) diperbolehkan kampanye untuk siapapun. “Dengan catatan jangan pakai atribut pramuka. Perlu diketahui lambang pramuka ada hak patennya, bila digunakan sewenang-wenang bisa dipidanakan,” tegasnya.

Kemudian tambah Nanang Permana, bagi pembina atau pelatih pramuka non ASN (honorer) yang memang ikut terjun dalam politik praktis, agar menciptakan pemilu damai. Dengan tidak saling memfitnah, menjelekkan bahkan membuka aib calon yang tidak didukung.

BACA JUGA:  30 Petugas Pertanian Jabar Asah Keterampilan Smart Farming di Bapeltan Cianjur

“Menjelekkan memfitnah dan membuka aib orang itu ruginya 2. Pertama akan membuat perpecahan anak bangsa. Kedua, menjelekkan orang lain itu dosa. Yang akan duduk di kursinya juga orang lain, mengapa kita yang masuk neraka gara-gara perbuatan menjelekkan orang lain tersebut,” ujar Nanang. (R8/HR Online/Editor Jujang)