Beranda Berita Nasional Tahun Depan, Kuota Calon Jamaah Haji Jawa Barat Bertambah

Tahun Depan, Kuota Calon Jamaah Haji Jawa Barat Bertambah

Nama-Lain-Kabah-Ternyata-Ada-Berbagai-Macam-Sudah-Tahukah-Anda.jpg

harapanrakyat.com – Pada 2024 mendatang, jumlah keberangkatan calon jamaah haji Jawa Barat yang berangkat melalui BIJB Kertajati akan bertambah.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Jawa Barat, Ajam Mustajam mengatakan, pada tahun depan akan ada sekitar 25 ribu calon jamaah yang berangkat dari BIJB Kertajati. Sedangkan sisanya akan menggunakan Bandara Soekarno Hatta.

“Jadi dari BIJB Kertajati akan bertambah calon jamaah haji yang berangkat. Kalau kemarin (2023) 11 ribu jamaah, maka pada 2024 akan ada hingga 25 ribu orang” ungkapnya, Senin (18/12/2023).

BACA JUGA:  Shin Tae-Yong memanggil sebanyak 26 pemain, ini daftarnya

Baca Juga : Maskapai Penerbangan Ibadah Haji Siap Gunakan BIJB Kertajati

Ia menuturkan untuk kuota calon jamaah haji, untuk tahun 2024, Kemenag Jawa Barat masih menggunakan metode yang sama seperti pada tahun 2023 yakni sekitar 30 ribu jamaah. Namun untuk penerbangan, sebagian besar keberangkatan calon jamaah ini akan difokuskan terlebih dahulu melalui BIJB Kertajati.

BACA JUGA:  Cara Nonton Live Streaming Timnas Indonesia vs Australia Kualifikasi Piala Dunia 2026

“Kita fokuskan sebagian besar akan berangkat di Bandara Kertajati. Untuk kuotanya, kita masih eksisting seperti tahun kemarin dengan para petugas dan pembimbing,” ujarnya.

Terkait Indonesia yang mendapatkan kuota tambahan dari pemerintah Arab Saudi untuk pelaksanaan ibadah haji 2024, pihaknya sampai saat ini belum mendapatkan surat keputusan tersebut.

Baca Juga : Tiga Rute Penerbangan Favorit Penumpang BIJB Kertajati

BACA JUGA:  30 Petugas Pertanian Jabar Asah Keterampilan Smart Farming di Bapeltan Cianjur

Meski demikian, Ajam menegaskan, pasti akan ada tambahan. Jika ada kuota tambahan calon jamaah haji, lanjutnya, kemungkinan 40 ribu orang termasuk petugas dan pembimbing.

“Sejauh ini surat keputusan penambahan kuota belum kami Terima. Tapi pasti akan ada penambahan kuota (calon jamaah haji),” katanya. (Rio/R13/HR Online/Editor-Ecep)