Beranda Berita Nasional Itenas Bandung Tingkatkan Daya Saing di Tengah Kemajuan Kecerdasan Buatan

Itenas Bandung Tingkatkan Daya Saing di Tengah Kemajuan Kecerdasan Buatan

Dies-Natalis-Itenas-Bandung.jpg

harapanrakyat.com – Institut Tenologi Nasional (Itenas) Bandung, Jawa Barat, bertekad melahirkan inovasi baru di tengah kemajuan teknologi serta kecerdasan buatan atau AI. 

Selain itu, Itenas Bandung pun berkomitmen menghadapi segala tantangan di masa depan melahirkan berbagai terobosan baru.

Rektor Itenas Bandung, Prof Meilinda Nurbanasari mengatakan, pada usianya yang ke-51, institut yang ia pimpin itu mendukung daya saing bangsa. Selain itu mampu berkontribusi dalam menyelesaikan permasalahan nasional dan global.

Baca Juga : Itenas Bandung Lantik 953 Wisudawan Tahun Akademik 2022/2023

BACA JUGA:  Cara Nonton Live Streaming Timnas Indonesia vs Australia Kualifikasi Piala Dunia 2026

“Artinya Itenas akan terus berkomitmen menghadapi segala tantangan di masa depan untuk melahirkan berbagai terobosan inovasi baru. Terlebih di tengah kecanggihan teknologi kecerdasan buatan atau AI saat ini,” ungkapnya di Kota Bandung, Jumat (15/12/2023). 

Menurutnya semangat tersebut menjadi landasan tujuan Itenas Bandung untuk menjadi world class university atau universitas bertaraf internasional. 

“Aspek-aspek yang menjadi perhatian antara lain peningkatan kualitas dan produktivitas penelitan dan publikasi, inovasi, serta program internasionalisasi di samping proses akademik,” ujarnya. 

Ketua Yayasan Pendidikan Dayang Sumbi, Prof Dr Iwan Inrawan Wiratmadja menuturkan hal serupa. Ia menegaskan, perubahan global atau megatrend adalah perubahan transformatif berskala besar, berjangka waktu panjang, dan bersifat masif. Terutama karena kemajuan teknologi digital dan komputasi termasuk kecerdasan buatan atau AI. 

BACA JUGA:  30 Petugas Pertanian Jabar Asah Keterampilan Smart Farming di Bapeltan Cianjur

Oleh karena itu, Ia berharap Itenas Bandung bisa berbenah, untuk menghadapi perubahan global yang cepat dan masif menuju tahun 2045. 

“Terdapat 10 megatrend yang akan dihadapi menuju tahun 2045. Saya menggarisbawahi tiga aspek di antaranya perkembangan teknologi, peningkatan persaingan pemanfaatan sumber daya alam, dan perubahan iklim,” katanya. 

Baca Juga : Dukung Pembangunan Berkelanjutan, Itenas Bandung Masuk THE Impact Ranking 2023

BACA JUGA:  Shin Tae-Yong memanggil sebanyak 26 pemain, ini daftarnya

Selain orasi ilmiah, dalam dies natalis itu berlangsung juga pemberian penghargaan masa kerja kepada dosen dan karyawan yang yang berdedikasi selama 10 tahun dan selanjutnya.

Serta Itenas Awards 2023 sebagai penanugerahan kepada civitas akademika yang telah mengharumkan nama institut dan juga mitra institut terbaik sepanjang tahun 2023. (Rio/R13/HR Online/Editor-Ecep)