Beranda Berita Nasional Rumah Semi Permanen di Kota Banjar Kebakaran, Kerugian Capai Rp 15 Juta

Rumah Semi Permanen di Kota Banjar Kebakaran, Kerugian Capai Rp 15 Juta

rumah.jpg

harapanrakyat.com,- Rumah semi permanen milik Dadan, warga Dusun Cibentang, RT 15, RW 7, Desa Mekarharja, Kecamatan Purwaharja, Kota Banjar, Jawa Barat, alami kebakaran pada Kamis (14/12/2023) malam.

Akibatnya, kebakaran rumah berukuran 8 x 12 meter itu menghanguskan bagian dapur. Pemilik rumah pun mengalami kerugian hingga belasan juta rupiah.

Kepala UPTD Pemadam Kebakaran Kota Banjar Aam Amijaya mengatakan, kebakaran rumah warga tersebut terjadi sekitar pukul 21.40 WIB.

Saat itu pemilik rumah tengah duduk di depan rumahnya. Tiba-tiba terdengar suara letupan dari arah dapur sebanyak 3 kali. Namun pemilik rumah tidak langsung mengecek asal suara tersebut.

BACA JUGA:  30 Petugas Pertanian Jabar Asah Keterampilan Smart Farming di Bapeltan Cianjur

Setelah beberapa saat kemudian pemilik rumah baru menyadari adanya asap yang keluar dari arah dapur rumahnya. Setelah dicek ternyata sudah ada kobaran api yang besar.

“Informasi kebakaran rumah dari pemilik rumah, yang sebelumnya pemilik rumah mendengar suara letupan dari arah dapur. Selanjutnya api sudah merambah ke bagian atap rumah semi permanen tersebut,” kata Aam kepada wartawan.

BACA JUGA:  Shin Tae-Yong memanggil sebanyak 26 pemain, ini daftarnya

Lanjutnya mengatakan, untuk sementara ini pihaknya belum bisa memastikan penyebab kebakaran tersebut. Apakah dari kompor gas atau yang lainnya.

Hal itu karena sebelum kejadian pemilik rumah tidak sedang dalam keadaan memasak, ataupun menggunakan api.

“Kita belum bisa memastikan penyebabnya, apakah dari kompor gas atau yang lain. Karena informasinya pemilik rumah tidak sedang dalam keadaan masak atau menggunakan api,” ujarnya.

Akibat kejadian tersebut, bangunan bagian dapur rumah yang terbuat dari bilik bambu dan kayu hangus terbakar. Namun, bagian bangunan rumah yang lainnya masih bisa ditempati.

BACA JUGA:  Cara Nonton Live Streaming Timnas Indonesia vs Australia Kualifikasi Piala Dunia 2026

Pemilik rumah memperkirakan mengalami kerugian sekitar Rp 15 juta akibat bagian bangunan dapurnya terbakar.

“Yang terbakar adalah dapur yang terdiri dari material kayu dan bilik. Pemilik tidak sampai diungsikan lantaran api tidak sampai membakar seluruh bangunan rumah semi permanen tersebut. Kerugian perkiraan sekitar 15 juta rupiah,” pungkas Aam. (Muhlisin/R3/HR-Online/Editor: Eva)