Beranda Berita Nasional Ciamis Jadi Juara 2 Apresiasi Rumah Data Kependudukan Tingkat Jabar

Ciamis Jadi Juara 2 Apresiasi Rumah Data Kependudukan Tingkat Jabar

Ciamis-Jadi-Juara-2-Apresiasi-Rumah-Data-Kependudukan-Tingkat-Jabar.jpeg

harapanrakyat.com,- Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KBP3A) Ciamis mendapat penghargaan sebagai juara 2 dalam Apresiasi Rumah Data Kependudukan Tingkat Jabar.

Penghargaan itu diterima Selasa (12/12/2023) Hotel Grand Tjokro Premiere Bandung.

Kepala DP2KBP3A Ciamis, Dr Dian Budiyana M.Si melalui Kepala Bidang Dalduk Ir Djafar Shiddiq M.Si mengaku bersyukur sekaligus bangga, di penghujung tahun prestasi terus mengalir.

BACA JUGA:  Cara Nonton Live Streaming Timnas Indonesia vs Australia Kualifikasi Piala Dunia 2026

“Alhamdulillah Kabupaten Ciamis menjadi juara 2 kategori dalam Apresiasi Rumah Data Kependudukan Tingkat Jabar. Penilaian Rumah Dataku di Ciamis dilaksanakan di Kampung Keluarga Berkualitas (KB) Desa Padamulya, Cihaurbeuti,” ungkap Djafar.

Baca juga: Luar Biasa, DP2KBP3A Ciamis Borong 3 Penghargaan Bergengsi Tingkat Jabar

Djafar menyebut, Ciamis masuk dalam 174 lokus pengelolaan Rumah Data Kependudukan yang dilakukan BKKBN Provinsi Jawa Barat.

BACA JUGA:  Shin Tae-Yong memanggil sebanyak 26 pemain, ini daftarnya

Dalam pelaksanaannya, lokus RDK mendapatkan pelatihan mengenai pengelolaan Rumah Data Kependudukan, manajemen data, dan analisis data. Selain itu, peserta juga memperoleh sosialisasi mengenai penggunaan aplikasi Rumah Data Kependudukan.

“Dengan adanya kegiatan itu, harapannya bisa mendorong setiap Rumah Data Kependudukan (RDK) agar  lebih inovatif dalam melakukan analisis data dan memberikan hasil analisis data tersebut bagi penyusunan program dan inovasi lainnya di desa/kelurahan,” pungkasnya.

BACA JUGA:  30 Petugas Pertanian Jabar Asah Keterampilan Smart Farming di Bapeltan Cianjur

Selain mendapatkan penghargaan sebagai juara 2 Apresiasi Rumah Data Kependudukan Tingkat Jabar, di hari yang sama (Selasa 12 Desember 2023), DP2KBP3A Ciamis juga menerima penghargaan dari BKKBN pusat dalam kategori BKB HIU Terbaik tingkat nasional. Diraih BKB HIU Karang Tanjung 1 Desa Buniseuri Kecamatan Cipaku. (R8/HR Online/Editor Jujang)