Beranda Berita Nasional Tanggapi Hasil Survei LSN, Pengamat Ragu Pilpres 2024 Satu Putaran

Tanggapi Hasil Survei LSN, Pengamat Ragu Pilpres 2024 Satu Putaran

Tanggapi-Hasil-Survei-LSN-Pengamat-Ragu-Pilpres-2024-Satu-Putaran.jpg

harapanrakyat.com,- Nyarwi Ahmad, Direktur Eksekutif Indonesian Presidential Studies, mengaku ragu Pilpres akan berlangsung satu putaran.

Hal itu Ia sampaikan menanggapi hasil survei Lembaga Survei Nasional (LSN), yang menempatkan paslon Prabowo Gibran dengan elektabilitas tertinggi sebesar 42,1 persen.

Survei LSN dilakukan pada 5-12 November 2023 dengan 1.420 responden di 38 provinsi. Angka elektabilitas Prabowo-Gibran, Ganjar-Mahfud, dan Anies-Cak Imin masing-masing mencapai 42,1 persen, 28,8 persen, dan 25,2 persen.

Meski Prabowo-Gibran memimpin, kekhawatiran muncul dengan adanya undecided voter sebesar 3,9 persen dan margin of error sebesar +/- 2,6 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

BACA JUGA:  30 Petugas Pertanian Jabar Asah Keterampilan Smart Farming di Bapeltan Cianjur

Nyarwi Ahmad menyoroti bahwa elektabilitas Prabowo-Gibran belum mencapai ambang 50 persen, suatu faktor yang krusial untuk memenangkan pilpres dalam satu putaran.

Nyarwi Ahmad menekankan kompleksitas memenangkan pilpres dalam satu putaran, terutama dalam kondisi normal. Menurutnya, skenario tidak demokratis, seperti mobilisasi aparat dan intimidasi kepala desa, bisa mempengaruhi hasil pemilu secara tidak demokratis.

Nyarwi menegaskan bahwa kemenangan dalam satu putaran tidak hanya terkait dengan kecurangan dalam penghitungan atau pencoblosan. “Tentu, bukan kecurangan saat pencoblosan atau penghitungan. Tetapi, kondisi-kondisi yang tidak demokratis,” ujarnya, Minggu (26/11/2023).

BACA JUGA:  Shin Tae-Yong memanggil sebanyak 26 pemain, ini daftarnya

Baca juga: Elektabilitas Prabowo Gibran Terus Meningkat, LSI Denny JA Beberkan Analisisnya

Keyakinan Gibran Rakabuming Raka Menang Pilpres Satu Putaran

Gibran Rakabuming Raka, Calon Wakil Presiden, menyatakan keyakinannya akan kemenangan dalam Pilpres satu putaran. Dalam pidatonya di Bandar Lampung pada 11 November 2023, Gibran menekankan strategi pemantauan angka. Pergerakan akar rumput, dan sosialisasi visi, misi, serta program Prabowo-Gibran.

Sementara itu, Calon Presiden, Prabowo Subianto, menegaskan komitmennya untuk mengikuti aturan dan meyakini bahwa demokrasi adalah sistem terbaik untuk menjaga kehidupan bernegara. Pada 27 November 2023 di Jakarta, Prabowo mengungkap optimisme terhadap peran Bawaslu dan Gakkumdu dalam menjaga integritas Pemilu 2024.

BACA JUGA:  Cara Nonton Live Streaming Timnas Indonesia vs Australia Kualifikasi Piala Dunia 2026

Prabowo menyampaikan harapannya terhadap profesionalisme dan transparansi aparat penegak hukum, khususnya dalam Sentra Gakkumdu, untuk menindak pelanggaran pemilu. Dengan keyakinan bahwa pemilu harus berjalan bersih, adil, dan jujur, Prabowo menegaskan keterlibatannya dalam mengikuti aturan yang ditetapkan oleh penyelenggara pemilu.

Dalam atmosfer elektabilitas Prabowo-Gibran yang memimpin, pernyataan skeptis Nyarwi Ahmad memberikan dimensi analisis yang menarik terkait Pilpres satu putaran. (R8/HR Online/Editor Jujang)