Beranda Berita Nasional Minimalisir Dampak Bencana, DPRD Kabupaten Bandung Optimalisasi LCO

Minimalisir Dampak Bencana, DPRD Kabupaten Bandung Optimalisasi LCO

Lubang-Cerdas-Organik-2.jpg

harapanrakyat.com – Meminimalisir dampak bencana hidrometeorologi di Kabupaten Bandung, Jawa Barat, anggota DPRD Renie Rahayu Fauzi mengoptimalisasi 100 lubang cerdas organik (LCO).

Lokasi sasaran LCO yang ia gelar yakni di Desa Sukamaju, Kecamatan Majalaya, Kabupaten Bandung.

Bahkan, anggota Fraksi PKB Kabupaten Bandung itu memantau langsung pelaksanaan gebyar 100 LCO di salah satu Desa Siaga Bencana itu.

Baca Juga : Sugianto Kantongi SK Calon Bupati Bandung dari DPP Partai Golkar

Anggota Komisi C DPRD Kabupaten Bandung ini menjelaskan, selain mengurangi dampak bencana banjir, LCO juga berfungsi sebagai resapan air. Selain itu, kata Renie, LCO juga dapat sampah organik sisa sampah rumah tangga.

BACA JUGA:  Cara Nonton Live Streaming Timnas Indonesia vs Australia Kualifikasi Piala Dunia 2026

“Ini bentuk kerja nyata, bahwa anggota DPRD tak hanya bekerja menyusun anggaran saja. Melainkan memastikan program penghijauan dan konservasi lingkungan betul terjadi di wilayah kami. Apalagi Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bandung merupakan mitra saya di Komisi C,” ujar Renie, Minggu (26/11/2023).

Petahana anggota DPRD Kabupaten Bandung ini mengungkapkan, ia akan melakukan hal serupa di beberapa lokasi Desa Siaga Bencana di Kabupaten Bandung. Terlebih, katanya, saat ini sudah memasuki musim hujan agar tidak terjadi banjir atau cileuncang.

“Ini bentuk pengawasan, edukasi dan turun langsung karena LCO itu penting. Terlebih saat ini memasuki musim hujan. Makanya saya terjun langsung memantau pelaksanaan gebray LCO di Desa Sukamaju ini. Alhamdulilah, Pemerintah Desa Sukamaju turun langsung bersama warga masyarakat untuk menentukan target LCO satu desa dengan target sekitar 100 lubang,” ujarnya.

BACA JUGA:  Shin Tae-Yong memanggil sebanyak 26 pemain, ini daftarnya

Apresiasi Dukungan DPRD Kabupaten Bandung Gelar LCO

Sementara itu, menurut Ketua Kampung Siaga Bencana Desa Sukamaju, Ujang Saepudin, ia merasa bersyukur atas dorongan kegiatan LCO ini. Ketersebaran LCO di Desa Sukamaju, kata Ujang, tersebar di setiap RW dengan target 100 titik di kampung Desa Siaga Bencana ini.

“Alhamdulillah, kami bersama Bu Renie Rahayu dari Komisi C DPRD Kabupaten Bandung, bersama-sama bisa melakukan kegiatan ini. Kami mengapresiasi kepedulian Bu Renie,” katanya.

BACA JUGA:  30 Petugas Pertanian Jabar Asah Keterampilan Smart Farming di Bapeltan Cianjur

Baca Juga : Jadi Politisi, Atlet Bulu Tangkis Asal Pangalengan Siap Bersaing di Pemilu 2024

Ujang Saepudin mengaku, saat ini sangat jarang anggota DPRD peduli terhadap lingkungan apalagi antisipasi dalam wilayah bencana ke depan.

“Kami berharap semoga kegiatan LCO di Kabupaten Bandung ini dapat terlaksana di setiap desa agar menjaga lingkungan dan sebagai upaya mitigasi bencana,” tutur Ujang. (Ecep/R13/HR Online)