Beranda Berita Nasional Pesona Pulau Panaitan Ujung Kulon, Pantai Misterius dengan Laut Eksotis

Pesona Pulau Panaitan Ujung Kulon, Pantai Misterius dengan Laut Eksotis

Pulau-Panaitan-Ujung-Kulon.jpg

Pulau Panaitan adalah salah satu destinasi wisata yang berada di kawasan Taman Nasional Ujung Kulon, Pandeglang, Banten. Meski tidak berpenghuni, pulau ini memiliki dua pantai indah dengan ombak yang disukai para peselancar.

Secara administratif, Pulau Panaitan terletak di Ujungjaya, Kecamatan Sumur, Kabupaten Pandeglang, Banten. Tidak seperti pulau-pulau lainnya di Banten, wisatawan harus mematuhi undang-undang konservasi yang kuat untuk bisa memasuki kawasan lindung ini.

Oleh karena itu wisatawan harus benar-benar memahami peraturan yang berlaku termasuk menjaga kelestarian lingkungan agar tidak menimbulkan masalah. Namun, Anda tetap bisa bersenang-senang di pulau ini dengan memperhatikan hal-hal berikut.

BACA JUGA:  30 Petugas Pertanian Jabar Asah Keterampilan Smart Farming di Bapeltan Cianjur

Dua Pantai Utama di Pulau Panaitan Ujung Kulon

Meski Pulau Panaitan memiliki kesan yang misterius karena lumayan ketat, wisatawan tetap bisa mengeksplorasi keindahannya, terutama bagi peselancar.

Baca Juga: Pulau Handeuleum Ujung Kulon, Hutan Mangrove Eksotis di Pandeglang

Terdapat dua pantai utama di Pulau Panaitan, yaitu Pantai Utara dan Pantai Selatan. Masing-masing pantai memiliki tempat menyelam dan pemandangan yang indah, selain itu juga ada dermaga yang menjadi poin penting untuk docking.

BACA JUGA:  Shin Tae-Yong memanggil sebanyak 26 pemain, ini daftarnya

Aktivitas Memancing yang Sempurna

Pulau Panaitan Ujung Kulon adalah lokasi yang sempurna untuk memancing karena ikan-ikannya sangat bagus, sehingga penting untuk membawa peralatan pancing ketika berkunjung.

Saat memancing, Anda bisa bersantai sambil menikmati pemandangan Pulau Peucang yang berada di sebelahnya.

Menjelajahi Keindahan Pulau

Selain kondisi laut dan pantai yang memikat, keindahan alam sekitar dan keberagaman fauna juga menjadi daya tarik pulau ini. Anda dapat mengabaikan momen atau menikmati suasana tenang di pesisir pantai untuk menghabiskan liburan yang berkesan.

Baca Juga: Indahnya Pulau Badul Ujung Kulon, Pulau Tak Berpenghuni yang Digandrungi Wisatawan

BACA JUGA:  Cara Nonton Live Streaming Timnas Indonesia vs Australia Kualifikasi Piala Dunia 2026

Berkemah dan Snorkeling

Apabila berencana untuk berkemah di hutan rindang Pulau Panaitan, pastikan untuk membawa peralatan kemah sendiri. Anda juga bisa melakukan aktivitas snorkeling untuk melihat kehidupan bawah laut yang menakjubkan, namun pastikan memiliki pemandu.

Selama berada di Pulau Panaitan Ujung Kulon, penting untuk menerapkan protokol kesehatan dan mematuhi peraturan konservatif untuk menjaga kelestarian alamnya. Rencanakan liburan Anda untuk menjelajahi nuansa eksotis dari pulau misterius ini. (R7/HR-Online/Editor-Ndu)