Beranda Berita Nasional Perbaiki Kesuburan Tanah, Pemdes Selacai Ciamis Dorong Petani Gunakan Pupuk Organik

Perbaiki Kesuburan Tanah, Pemdes Selacai Ciamis Dorong Petani Gunakan Pupuk Organik

Pemdes-Selacai-Sosialisasi-penggunaan-pupuk-organik.jpg

harapanrakyat.com,- Guna memperbaiki tingkat kesuburan tanah dan hasil produksi tanaman padi, Pemerintah Desa (Pemdes) Selacai, Kecamatan Cipaku, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, dorong petani untuk menggunakan pupuk organik .

Kepala Desa Selacai, Kuswandi mengatakan, ketergantungan para petani terhadap penggunaan pupuk kimia lambat laun  akan mengakibatkan terganggunya ekosistem.

“Selain itu, beberapa jenis hewan juga bisa punah. Hal inilah yang berakibat pada meningkatnya jenis hama dan penyakit pada tanaman,” kata Kuswandi dalam sosialisasi yang digelar di Blok Sawah Nusa Desa Selacai, Selasa (21/11/2023).

BACA JUGA:  FIM MiniGP Indonesia Series 2024: Kompetisi Sengit Pembalap Muda di Sirkuit Gery Mang

Baca Juga: BKSDA dan Damkar Ciamis Evakuasi Dua Ekor Buaya Muara dari Warga

Menurut Kuswandi, apabila petani menggunakan pupuk organik, selain menambah kesuburan tanah juga dapat menjaga ekosistem.

“Hal ini penting dilakukan agar kelestarian alam dan lingkungan terjaga. Sehingga dalam hal ini kami terus mendorong petani untuk menggunakan pupuk organik agar masa depan petani lebih baik,” tegasnya.

BACA JUGA:  Shin Tae-Yong memanggil sebanyak 26 pemain, ini daftarnya

Kuswandi menambahkan, pupuk organik memiliki kelebihan. Salah satunya dapat memperbaiki struktur tanah dan menjadi sumber makanan bagi tanaman. 

“Kelebihan lainnya biaya relatif murah, sehingga dapat menghasilkan keuntungan yang lebih banyak,” jelasnya.

Pemdes pun berharap petani di desa Selacai menggunakan pupuk organik setelah sosialisasi tersebut.

“Apalagi kan pupuk organik bisa memperbaiki dan menggemburkan tanah dan memudahkan dalam mengolah media tanam. Termasuk juga penetrasi akar tanaman menjadi mudah,” katanya. (Edji/R7/HR-Online/Editor-Ndu)