Beranda Berita Subang Launching Aplikasi Sipandu Jawara, Sekda Subang Harapkan Dapat Menciptakan Data Digitalisasi Posyandu...

Launching Aplikasi Sipandu Jawara, Sekda Subang Harapkan Dapat Menciptakan Data Digitalisasi Posyandu dan Masyarakat yang Sehat

Launching Aplikasi Sipandu Jawara, Sekda Subang Harapkan Dapat Menciptakan Data Digitalisasi Posyandu dan Masyarakat yang Sehat

Sekretaris Daerah Kabupaten Subang H. Asep Nuroni, S.Sos, M. Si menghadiri sekaligus membuka pada acara launching Aplikasi "SIPANDU JAWARA"  dan Pembukaan Bimtek Pokja Posyandu Desa/Kelurahan dan Pendamping Posyandu Juara se-Kabupaten Subang Tahun 2023 yang bertempat di Ballroom Grant Hotel Lt 1 Subang, Senin (20/11).

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Subang Dadan Dwiyana, A.P., M.Si bertindak sebagai ketua pelaksana dalam laporannya menyampaikan hadirnya aplikasi "SIPANDU JAWARA" ini untuk mengimplementasikan dalam rangka e-government terkait pendataan posyandu berbasis digital dan terus berkembangnya teknologi yang semakin pesat.

BACA JUGA:  Mengenal ARD, Profil Calon Bupati Subang Sosok Pemimpin Muda

Ia juga menambahkan bahwa dengan adanya Bimtek ini dapat menghasilkan para kader-kader posyandu yang mumpuni dan berkualitas guna menciptakan SDM yang berkompeten dan mampu mengoperasionalkan aplikasi "SIPANDU JAWARA" dengan baik.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Subang dr. Dwinan Marchiawati, MARS dalam laporannya menyampaikan bahwa Aplikasi "SIPANDU JAWARA" ini bentuk kolaborasi antara Diskominfo dan Dispemdes, Dispemdes sebagai perencana dan pengguna aplikasi dan Diskominfo sebagai yang merancang aplikasi "SIPANDU JAWARA" dengan tujuan untuk mempermudah team pelayanan di lapangan mamasukan data keluarga yang berada di desa/kelurahan.

BACA JUGA:  Ini Dia Daftar Rotasi Mutasi 13 Pejabat di Kabupaten Subang

Sekretaris Daerah Kabupaten Subang H. Asep Nuroni dalam sambutannya menyampaikan bahwa keberadaan posyandu masih sangat diperlukan dalam mendekatkan upaya promotif dan preventif kesehatan kepada masyarakat terutama dalam upaya peningkatan kesehatan ibu dan anak, status gizi masyarakat, imunisasi, keluarga berencana, pencegahan dan penanggulangan diare.

Ia berharap untuk kapasitas para kader perlu terus ditingkatkan juga sarana dan prasarana posyandu perlu di penuhi serta mutu layanan perlu ditingkatkan dan di modernisasi, tak hanya itu melalui adanya Aplikasi "SIPANDU JAWARA" ini diharapkan bisa terciptanya digitalisasi data posyandu dan masyarakat Subang yang sehat untuk mewujudkan Subang Jawara.

BACA JUGA:  Adhyaksa FC Menang Telak 5-0 atas Persikas Subang di Stadion Sriwedari

"Saya minta para camat, kepala desa, para lurah agar dapat memperhatikan hal ini, selalu libatkan posyandu dalam perencanaan pembangunan di wilayah masing-masing untuk membangun SDM di tingkat desa dan kelurahan," Tutupnya.