Beranda Berita Nasional Geopark Ciletuh Sukabumi, Dapat Penghargaan dari UNESCO

Geopark Ciletuh Sukabumi, Dapat Penghargaan dari UNESCO

Geopark-Ciletuh-Sukabumi-Dapat-Penghargaan-dari-UNESCO.jpg

Geopark Ciletuh Sukabumi wajib Anda kunjungi. Geopark Ciletuh adalah salah satu destinasi wisata yang ada di Sukabumi. Wisata Sukabumi satu ini menawarkan banyak hal menarik.

Wisata alam mungkin menjadi kegemaran banyak orang. Apalagi Indonesia memang terkenal dengan destinasi wisata alam yang indah.

Baca Juga: Pantai Pangumbahan Sukabumi, Cocok untuk Liburan Akhir Tahun

Tidak perlu jauh-jauh ke luar negeri, Sukabumi juga memiliki wisata alam menarik mereka, yakni Geopark Ciletuh.

Geopark Ciletuh Sukabumi, Wisata Alam yang Luar Biasa

Geopark Ciletuh adalah salah satu objek liburan menarik yang ada di Jawa Barat. Lokasi dari objek wisata satu ini adalah di Kecamatan Ciemas dan juga Ujung Genteng, Sukabumi.

Nama resmi dari Geopark Ciletuh sendiri adalah Taman Bumi Ciletuh – Pelabuhanratu atau Geopark Ciletuh – Palabuhanratu. Kawasan ini sangat luas, sekitar 128 hektar.

BACA JUGA:  Shin Tae-Yong memanggil sebanyak 26 pemain, ini daftarnya

Tidak heran jika Geopark Ciletuh menjadi destinasi populer untuk masyarakat Sukabumi dan sekitarnya.

Adapun geopark sendiri adalah taman bumi yang merupakan sebuah wilayah untuk kawasan hutan lindung dan mengelola warisan geologi secara berkelanjutan

Geopark Ciletuh memiliki tiga tujuan, yakni wilayah konservasi, edukasi, dan juga untuk promosi wilayah dari kegiatan geo-tourism.

Objek Wisata di Geopark Ciletuh

Kawasan wisata Geopark Ciletuh sangat luas. Hal itu membuat Geopark Ciletuh memiliki beberapa objek wisata menarik untuk para pengunjung.

Pertama ada wisata Curug Cimarinjung yang ada di dekat Pantai Palangpang. Daya tarik utamanya adalah tebing coklat kemerahan dengan hiasan lumut hijau.

BACA JUGA:  Cara Nonton Live Streaming Timnas Indonesia vs Australia Kualifikasi Piala Dunia 2026

Di tebing tersebut ada aliran air yang diapit oleh tebing-tebing tinggi. Banyak yang menjadikannya sebagai tempat berfoto.

Selanjutnya ada wisata Puncak Darma. Ini adalah area pandang pantai dan gunung, terutama ke Pantai Palampang.

Baca Juga: Lembah Purba Sukabumi Tawarkan Keindahan Alam Memukau

Puncak Darma di Geopark Ciletuh Sukabumi berada di ketinggian 340 meter di atas permukaan laut. Fasilitas di sini pun lengkap.

Kemudian ada Bukit Panenjoan yang ada di Desa Mekarsakti, Ciemas, Sukabumi. Bukit Darma menjadi tempat terbaik untuk melihat Amfiteater Ciletuh.

Objek wisata terakhir adalah penangkaran tukik. Lokasinya ada di Desa Pangumbahan, Ciracap, Sukabumi. Pengunjung bisa melihat penyu menetas ataupun melepas anak penyu ke laut.

Dapat Julukan Global Geopark dari UNESCO

Pada tahun 2018, Geopark Ciletuh mendapat julukan sebagai Warisan Dunia UNESCO. Wilayah ini dianggap sebagai penopang ekonomi masyarakat setempat.

BACA JUGA:  30 Petugas Pertanian Jabar Asah Keterampilan Smart Farming di Bapeltan Cianjur

Di Indonesia, UNESCO Global Geopark (UGG) ada di Geopark Rinjani, Gunung Sewu, dan juga Gunung Batur. Jadi, Indonesia memiliki empat situs geopark, termasuk Geopark Ciletuh.

Menariknya lagi, wisata Geopark Ciletuh ini gratis. Jadi, pengunjung tidak perlu membayar tiket masuk ke area wisata. Akan tetapi, beberapa objek wisata mungkin menerapkan sistem pembayaran tiket.

Baca Juga: Objek Wisata SantaSea Waterpark Sukabumi Jawa Barat

Jadi, Geopark Ciletuh Sukabumi ini menjadi salah satu objek wisata alam yang wajib dikunjungi di Jawa Barat. Anda bisa menyambangi berbagai objek wisata yang ada di dalamnya agar mendapatkan pengalaman seru. (R10/HR-Online)