Beranda Berita Nasional Jambore Penyuluh Pertanian Tahun 2023 di Ciamis, Wabup Beri Apresiasi

Jambore Penyuluh Pertanian Tahun 2023 di Ciamis, Wabup Beri Apresiasi

Jambore-Penyuluh-Pertanian-Tahun-2023-di-Ciamis-Wabup-Beri-Apresiasi.jpeg

harapanrakyat.com,- Jambore penyuluh pertanian Ciamis tahun 2023 dilaksanakan di Bukit Samida, Kecamatan Rajadesa. Kegiatan itu dihadiri langsung Wakil Bupati Ciamis Yana D Putra Jumat (17/11/2023) malam.

Wabup Yana mengapresiasi kegiatan tersebut. Ia juga mengucapkan terima kasih atas dedikasi para penyuluh pertanian di Ciamis.

Pasalnya, para penyuluh telah berkontribusi dalam kemajuan perekonomian Ciamis. “Pertumbuhan ekonomi di Ciamis naik dari 3,6 menjadi 5,3. Sektor yang mendominasi terhadap kontribusi PDRB adalah pertanian. Tentu peran penyuluh menjadi salah satu faktor penting di dalamnya,” ungkap Yana.

BACA JUGA:  Cara Nonton Live Streaming Timnas Indonesia vs Australia Kualifikasi Piala Dunia 2026

Baca juga: Dalam Jambore Penyuluh Pertanian, Wabup Ciamis Akan Perjuangkan Kesejahteraan PPL

Menurutnya, kemandirian ekonomi bisa terwujud salah satunya dari sektor pertanian. “Sektor pertanian apabila dikelola dengan baik, maka akan mampu mewujudkan itu,” katanya.

Yana juga menyoroti perubahan status kepegawaian, yang mana pemerintah pusat menghapus status honorer tahun 2024 nanti.

BACA JUGA:  30 Petugas Pertanian Jabar Asah Keterampilan Smart Farming di Bapeltan Cianjur

“Tentunya Pemda akan berjuang untuk nasib para penyuluh, terutama bagi PPL di daerah yang statusnya masih honorer,” jelas Yana.

Sementara itu Slamet Budi Wibowo, Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Ciamis, menyebut kegiatan jambore penyuluh pertanian tahun 2023 diikuti  sebanyak 300 peserta.

Terdiri dari para penyuluh, komisi penyuluh pertanian, unsur UPTD se Kabupaten Ciamis serta para pegawai lingkup Dinas Pertanian Ciamis lainnya.

BACA JUGA:  Shin Tae-Yong memanggil sebanyak 26 pemain, ini daftarnya

“Jambore penyuluh pertanian menjadi agenda rutin tahunan. Mungkin hanya di Ciamis kegiatan jambore termasuk HKP yang masih berjalan sampai saat ini. Berkat dorongan Bapak Bupati dan Wakil Bupati serta KTNA,” katanya.

Adapun kegiatan jambore penyuluh pertanian diisi dengan lomba inovasi teknologi, pembuatan media penyuluhan dan kegiatan lainnya. (Fahmi/R8/HR Online/Editor Jujang)