Beranda Berita Nasional Komplotan Pengedar Uang Palsu di Pangandaran Ditangkap, Ini Modusnya

Komplotan Pengedar Uang Palsu di Pangandaran Ditangkap, Ini Modusnya

pengedar-uang-palsu.jpeg

harapanrakyat.com,- Satreskrim Polres Pangandaran berhasil mengungkap peredaran uang palsu di wilayah Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat. 6 orang komplotan pengedar uang palsu di Pangandaran itu telah ditangkap dan telah ditetapkan sebagai tersangka.

Kasat Reskrim Polres Pangandaran AKP Herman mengatakan 6 orang pelaku pengedar uang palsu itu merupakan warga Bandung.

“Jumlah tersangka pengedar uang palsu di Pangandaran ada 6 orang, semuanya merupakan warga Bandung,” ujar Herman, Jumat (17/11/2023).

BACA JUGA:  Cara Nonton Live Streaming Timnas Indonesia vs Australia Kualifikasi Piala Dunia 2026

Selain mengamankan tersangka, polisi pun mengamankan barang bukti uang palsu pecahan Rp 5 ribu sampai Rp 100 ribu, printer dan mobil.

“Jumlah uang palsu yang disita berjumlah 15 juta, kertas, penggaris, pisau kater yang semuanya digunakan untuk membuat uang palsu,” kata Jerman.

Modus komplotan pengedar uang palsu tersebut dengan cara membelanjakannya ke warung hingga membeli bensin di SPBU wilayah Pangandaran. Tersangka mendapat keuntungannya dari uang kembalian.

BACA JUGA:  Shin Tae-Yong memanggil sebanyak 26 pemain, ini daftarnya

“Jadi membelanjakan uang palsu itu ke warung hingga SPBU. Uang kembaliannya yang menjadi keuntungan sindikat pengedar uang palsu itu,” ucapnya.

Baca Juga: Akibat Hujan Deras, Tanah Longsor dan Pohon Tumbang Landa Cigugur Pangandaran

Para tersangka dijerat dengan pasal 36 ayat 1, ayat 2, ayat 3 undang- undang nomor 7 tahun 2021 tentang mata uang.

“Ancaman hukumannya 15 tahun penjara dan denda sebesar Rp 15 Miliar,” jelas Herman.

BACA JUGA:  30 Petugas Pertanian Jabar Asah Keterampilan Smart Farming di Bapeltan Cianjur

Herman juga mengimbau masyarakat, terutama para pedagang untuk lebih waspada dan teliti. Apabila mendapati orang yang dicurigai bertransaksi menggunakan uang palsu, langsung melapor ke polisi terdekat.

“Masyarakat harus teliti dan mengenali uang uang asli dan uang palsu. Cara membedakan uang asli dan uang palsu kan gampang, yaitu dengan cara dilihat, diraba, diterawang,” pungkasnya. (Enceng/R9/HR-Online/Editor-Dadang)