Beranda Berita Nasional Kartu Kredit Indonesia Perkuat ETPD, BI dan Pemprov Jawa Barat Teken Komitmen...

Kartu Kredit Indonesia Perkuat ETPD, BI dan Pemprov Jawa Barat Teken Komitmen Bersama

Komitmen-Bersama-Implementasi-KKI.jpg

harapanrakyat.com – Mendorong percepatan implementasi Kartu Kredit Indonesia (KKI) segmen pemerintah, Bank Indonesia bersama Pemprov Jabar melakukan penandatanganan komitmen bersama.  Hal tersebut sebagai upaya memperkuat Elektronifikasi Transaksi Pemerintah Daerah (ETPD) di Jawa Barat.

Kepala Perwakilan BI Jawa Barat Erwin Hutapea mengatakan, Kartu Kredit Indonesia merupakan inovasi pembayaran non tunai untuk transaksi belanja pemerintah.

KKI, kata Erwin, juga mendukung efisiensi dan transparansi dalam realisasi serta pertanggungjawaban penggunaan anggaran pemerintah pusat dan daerah.

Baca Juga : Jaga Netralitas ASN saat Pemilu, Pemprov Jawa Barat Gelar Deklarasi Jabar Anteng

BACA JUGA:  Shin Tae-Yong memanggil sebanyak 26 pemain, ini daftarnya

“Selain itu, penggunaan Kartu Kredit Indonesia ini turut mendukung digitalisasi sistem pembayaran yang dapat membantu jutaan UMKM di daerah untuk naik kelas. Seiring dengan Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN),” ungkap Erwin di Gedung Sate, Jumat (17/11/2023).

Menurutnya, melalui KKI ini maka ETPD khususnya di Jawa Barat akan semakin kuat. Berdasarkan evaluasi Survei Indeks ETPD Semester I 2023, Jawa Barat berada pada kategori digital dengan indeks ETPD sebesar 97,9 persen. Angka itu pun menjadi angka tertinggi kedua secara nasional.

BACA JUGA:  Cara Nonton Live Streaming Timnas Indonesia vs Australia Kualifikasi Piala Dunia 2026

“Begitu pula dengan 27 kabupaten dan kota di wilayah Jawa Barat yang saat ini berada pada kategori digital,” ujarnya.

Apresiasi Kolaborasi Implementasikan Penggunaan Kartu Kredit Indonesia

Sementara itu, Asisten Deputi Kementerian Koordinator Perekonomian RI, Puji Gunawan mengapresiasi kolaborasi Bank Indonesia bersama pemerintah daerah di Jawa Barat ini. Hal tersebut, kata Puji, untuk merespon secara cepat berbagai kebijakan pemerintah pusat terkait percepatan dan perluasan digitalisasi.

“Jawa Barat selalu menjadi benchmark bagi pemerintah berkaitan dengan upaya-upaya inovatif dalam percepatan dan perluasan digitalisasi. Termasuk digitalisasi transaksi pemerintah,” ucapnya.

BACA JUGA:  FIM MiniGP Indonesia Series 2024: Kompetisi Sengit Pembalap Muda di Sirkuit Gery Mang

Baca Juga : Tangani Stunting, Empat Hal Ini Jadi Fokus Pemkot Bandung

Penjabat Sekda Jawa Barat Taufik Budi Santoso menuturkan, launching penggunaan kartu Kredit Indonesia ini merupakan bentuk komitmen dalam mewujudkan ekosistem ekonomi dan keuangan digital di Jawa Barat.

“Dengan harapan menjadi semakin kuat dan menjadi motor penggerak pertumbuhan ekonomi yang baru. Penggunaan Kartu Kredit Indonesia ini merupakan bentuk komitmen dalam mewujudkan ekosistem ekonomi dan keuangan digital,” ucapnya. (Rio/R13/HR Online/Editor-Ecep)