Beranda Berita Nasional Kompetisi Hackathon 2023 untuk Pemilu Bebas Hoax, Berhadiah Ratusan Juta

Kompetisi Hackathon 2023 untuk Pemilu Bebas Hoax, Berhadiah Ratusan Juta

Kompetisi-Hackathon-2023.jpg

Harapanrakyat.com,- Nakara Foundation bekerja sama dengan UNESCO menggelar Kompetisi Hackathon 2023 dalam rangka Pemilu bebas hoax.

Indonesia sendiri akan menggelar Pemilu pada tahun 2024 mendatang. Sering beredarnya disinformasi dan ujaran kebencian berpotensi memicu kekerasan di dunia nyata. Hal ini tentu saja menjadi ancaman bagi pemilih pemula.

Melanie Agustine dari Nakara Foundation mengatakan, Kompetisi Hackathon 2023 digelar untuk membekali mahasiswa dan media dalam menavifasi konten online secara kristis dan efektif.

BACA JUGA:  30 Petugas Pertanian Jabar Asah Keterampilan Smart Farming di Bapeltan Cianjur

“Untuk itu Nakara Foundation bekerjasama dengan UNESCO yang didanai oleh Uni Eropa dalam kerangka proyek #SocialMedia4Peace, menyelenggarakan Kompetisi Hackathon 2023, Hacking4HoaxFreeElections,” ujar Melanie Agustine dari Nakara Foundation dalam press rilis yang diterima harapanrakyat.com, Kamis (16/11/2023).

Baca Juga: Jelang Pemilu 2024, Begini Cara AMSI dan Koalisi Cekfakta Antisipasi Penyebaran Hoaks

Tim dari mahasiswa dan perwakilan media bisa mendaftar menjadi peserta Hackathon. Peserta diharapkan dapat merancang solusi inovatif dan kreatif berbasis digital untuk mencegah tersebarnya hoax dan ujaran kebencian selama Pemilu.

BACA JUGA:  FIM MiniGP Indonesia Series 2024: Kompetisi Sengit Pembalap Muda di Sirkuit Gery Mang

Inovasi tersebut bisa berupa games interaktif, podcast, aplikasi, website, atau berbagai inovasi berbasis digital.

Menurut Melanie, akan ada sesi workshop online Bersama tim UNESCO dan UX Specialty yang bersertifikasi internasional pada tanggal 17 dan 21 November 2023.

Tujuannya untuk memberikan pengetahuan terkait rancangan produk digital tervalidasi dan berwawasan humanis.

“Workshop ini gratis untuk semua yang berminat mengikuti Hackathon 2023, hanya perlu mendaftar di website kami, nakara.odoo.com/hackathon2023,” jelas Melanie.

BACA JUGA:  Shin Tae-Yong memanggil sebanyak 26 pemain, ini daftarnya

Sementara itu, pemenang kompetis Hackathon 2023 berkesempatan memenangkan uang pengembangan sebesar total Rp200.000.000. Pemenang juga memiliki kesempatan mentoring dengan narasumber terbaik di bidangnya.

Anda bisa merancang ide proposal sebelum 5 Desember 2023. Untuk informasi lebih lanjut, Anda bisa mengunjungi nakara.odoo.com/hackathon2023. Kontak panitia melalui email nakaraspaces@gmail.com. (R7/HR-Online/Editor-Ndu)