Beranda Berita Nasional Saluran Sekunder Irigasi Nanggela di Cipaku Ciamis Terputus, Pasokan Air Lumpuh Total

Saluran Sekunder Irigasi Nanggela di Cipaku Ciamis Terputus, Pasokan Air Lumpuh Total

Saluran.jpg

harapanrakyat.com,- Saluran sekunder irigasi Nanggela yang berada di Desa Mekarsari, Kecamatan Cipaku, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, putus tergerus longsor. Putusnya saluran sekunder tersebut mengakibatkan pasokan air untuk wilayah Cigaru 2 lumpuh total.

Kaur Ekonomi dan Pembangunan Desa Mekarsari, Kecamatan Cipaku, Miska mengatakan, putusnya saluran sekunder irigasi itu terjadi pada Senin (30/10/2023), sekitar pukul 06.00 WIB.

BACA JUGA:  Cara Nonton Live Streaming Timnas Indonesia vs Australia Kualifikasi Piala Dunia 2026

“Kejadian tersebut mengakibatkan pasokan air untuk wilayah Cigaru 2 kini lumpuh total. Lokasi titik longsor saluran irigasi ini di jalur Cigaru 2 Hulu Warang, Dusun Banjaransari. Tepatnya perbatasan antara Desa Selacai dan Desa Mekarsari, Kecamatan Cipaku,” terang Miska.

Baca Juga: Tanah Tebing di Blok Cikeutug Ciamis Longsor, Dua Kecamatan Terdampak

Atas kejadian ini, Pemerintah Desa Mekarsari dan UPTD PUPRP wilayah Kawali telah kroscek ke lokasi untuk ditindaklanjuti sesuai kebutuhannya.

BACA JUGA:  Shin Tae-Yong memanggil sebanyak 26 pemain, ini daftarnya

“Semoga saja dalam waktu dekat dapat segera teratasi, sehingga pasokan air kembali normal seperti biasanya,” harap Miska.

Sementara itu, Kepala UPTD PUPRP wilayah Kawali, Kabupaten Ciamis, Rusmana menjelaskan, saluran sekunder irigasi Nanggela merupakan saluran drainase yang menerima air dari saluran tersier. Kemudian menyalurkan ke saluran primer.

Sehingga, dengan terputusnya saluran sekunder tersebut sangat berdampak terhadap pasokan air untuk wilayah yang dilewatinya.

BACA JUGA:  FIM MiniGP Indonesia Series di Sirkuit Gery Mang

“Mengingat berbagai dampak yang akan ditimbulkannya, maka perbaikannya perlu dilakukan secepatnya,” kata Rusmana. (Dji/R3/HR-Online/Editor: Eva)