Beranda Berita Nasional Kebakaran Lahan Ancam Pemukiman Warga di Ciamis, Damkar dan RCS Berjibaku Padamkan...

Kebakaran Lahan Ancam Pemukiman Warga di Ciamis, Damkar dan RCS Berjibaku Padamkan Api

Kebakaran-Lahan-Ancam-Pemukiman-Warga-di-Ciamis.jpg

harapanrakyat.com,- Kebakaran lahan yang terjadi di Dusun Karangsari, Desa Cikaso, Kecamatan Banjaranyar, Ciamis, Jawa Barat, sempat ancam pemukiman warga.

Lahan seluas kurang lebih 5 hektare yang berlokasi di Dusun Karangsari, Minggu (29/10/2023) tersebut, diduga dibakar oleh seseorang yang tidak bertanggung jawab. 

Petugas Damkar Pos WMK Banjarsari bersama Relawan Ciamis (RCS) serta anggota kepolisian dari Polsek Banjarsari, turun tangan untuk memadamkan api.

Sebab, kobaran api yang membuat lahan kebakaran tersebut terus membesar, dan mengancam pemukiman warga serta pengguna jalan.

BACA JUGA:  Cara Nonton Live Streaming Timnas Indonesia vs Australia Kualifikasi Piala Dunia 2026

Baca Juga: Gunung Papandayan Garut Terbakar, Titik Api Sulit Dijangkau Petugas

Petugas Damkar Pos WMK Banjarsari, Dikri Nur Dena Tama mengatakan, kebakaran lahan di wilayah Ampah Jati yang meliputi Desa Cikaso, Desa Sindarasa dan Desa Cigayam tersebut, kerap terjadi. Bahkan kebakaran terbilang setiap hari.

“Untuk hari ini luas lahan yang terbakar sekitar 5 hektare. Maka dari itu, kami mengajak kepada masyarakat untuk bekerja sama menjaga kondusifitas. Dan juga menghindari terjadinya kebakaran,” katanya kepada harapanrakyat.com, Minggu (29/10/2023).

BACA JUGA:  FIM MiniGP Indonesia Series 2024: Kompetisi Sengit Pembalap Muda di Sirkuit Gery Mang

Dikri juga berharap adanya tindakan tegas dari aparat penegak hukum, terkait pelaku pembakaran lahan yang kerap terjadi dan membuat resah warga.

Sementara itu Kepala Desa Sindangrasa, Egi Supraya Syamsu yang ikut terjun memadamkan api, mengaku kecewa dengan perilaku masyarakat, yang selalu teledor saat melakukan pembakaran lahan.

Menurutnya, kejadian demi kejadian terbakarnya lahan ini, jelas ada unsur kesengajaan dari warga. Mengingat kejadian kebakaran lahan ini terjadi setiap hari, baik di wilayah Desa sindangrasa maupun Desa Cikaso.

BACA JUGA:  FIM MiniGP Indonesia Series di Sirkuit Gery Mang

“Kami juga berharap kepada warga, agar tidak selalu melakukan aktivitas pembakaran sembarangan. Mengingat saat ini kemarau tengah terjadi, dan sangat mudah terjadinya kebakaran,” harapnya.

Sementara itu, pantauan harapanrakyat.com di lapangan, untuk memadamkan api yang membakar lahan perkebunan, petugas Damkar sampai mengeluarkan air dua tangki.

Hingga akhirnya, kebakaran lahan yang hampir mengancam pemukiman warga pun berhasil dipadamkan. (Suherman/R5/HR-Online/Editor: Adi Karyanto)