Beranda Berita Nasional Tingkatkan IPP, Pemprov Jawa Barat Libatkan Pemuda di Program Pembangunan

Tingkatkan IPP, Pemprov Jawa Barat Libatkan Pemuda di Program Pembangunan

Penjabat-Gubernur-Jawa-Barat-Bey-T-Macmudin.jpg

harapanrakyat.com – Pemprov Jawa Barat terus berupaya meningkatkan Indeks Pembangunan Pemuda (IPP) di Jawa Barat. Pasalnya, IPP menjadi indikator pembangunan kepemudaan di suatu wilayah.

Penjabat Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin mengatakan, unsur pemuda menjadi tonggak kemajuan dan pembangunan. Dengan demikian, ia pun berkomitmen terus meningkatkan pembangunan sektor kepemudaan di Jawa Barat.

“Kita akan terus meningkatkan IPP Jawa Barat setiap tahunnya,” ungkap Bey saat menghadiri Upacara Hari Sumpah Pemuda ke-95 Tingkat Provinsi Jawa Barat di Purwakarta, Sabtu (28/10/2023).

Baca Juga : Baraja Inisiasi Turnamen Futsal SMA se-Kota Bandung

Meski demikian, Bey tidak menjelaskan peringkat IPP Jawa Barat saat ini. Namun, Bey menegaskan, salah satu upaya meningkatkan IPP ini sebisa mungkin melibatkan pemuda di berbagai program pembangunan. Seperti di antaranya pendidikan, kesejahteraan, dan program kewirausahaan.

BACA JUGA:  Cara Nonton Live Streaming Timnas Indonesia vs Australia Kualifikasi Piala Dunia 2026

“Kedepannya, kita akan lebih melibatkan pemuda dalam pendidikan, peningkatan kesejahteraan, dan kewirausahaan,” tuturnya.

Pada peringatan Hari Sumpah Pemuda ke- 95, Bey berpesan kepada pemuda meningkatan kualitas diri, berkarya dan selalu berinovasi. Dengan mengembangkan potensi, kata Bey, pemuda dapat memberikan kontribusi lebih besar bagi bangsa dan negara.

Jadi Momentum Tingkatkan IPP Jawa Barat

Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-95 tingkat Jawa Barat tahun ini agak berbeda. Hal itu lantaran digelar di Purwakarta. Menurut Bey, Jawa Barat merupakan daerah yang luas dan tidak hanya selalu terpusat di Kota Bandung.

BACA JUGA:  30 Petugas Pertanian Jabar Asah Keterampilan Smart Farming di Bapeltan Cianjur

Peringatan Hari Sumpah Pemuda tahun ini Bey mengajak generasi muda bersama-sama meningkatkan IPP Jawa Barat.

Selain menyampaikan ajakan peningkatan IPP Jawa Barat, dalam kesempatan itu Bey menyampaikan alasan pelaksanaan Upacara Hari Sumpah Pemuda di Purwakarta.

Sejak menjadi penjabat gubernur, Bey berkomitmen pelaksanaan peringatan hari besar akan ia gelar di berbagai kabupaten kota di Jawa Barat.

Baca Juga : Final Turnamen Futsal antar Fakultas Kampus di Tasikmalaya Diwarnai Kericuhan

“Sejak saya jadi penjabat gubernur, kalau ada peringatan hari-hari besar tingkat provinsi saya minta geser ke luar Bandung.  Jawa Barat ini luas, tidak hanya Bandung. Tapi ada 27 kabupaten dan kota,” ungkapnya.

BACA JUGA:  Shin Tae-Yong memanggil sebanyak 26 pemain, ini daftarnya

Dalam perjuangan kepemudaan, menurut Bey, Purwakarta memiliki sejarah panjang. Purwakarta juga terkenal sebagai tempat kelahiran negarawan dan pemimpin besar Jawa Barat pada awal berdirinya Republik Indonesia.

“Kenapa di Purwakarta, karena ada semangat juang dari perjuangan pemuda di sini yang perlu kita contoh. Saya mengajak generasi muda di Jawa Barat turut aktif dalam peningkatan IPP,” ucap Bey. (Ecep/R13/HR Online)