Beranda Teknologi Kilas Balik Ajang Tahunan Lazada Seller Conference

Kilas Balik Ajang Tahunan Lazada Seller Conference

Screenshot_2023-10-28-19-20-59-650_com.simplemobilephotoresizer_copy_800x465.jpg

review1st.com – Perkembangan teknologi dan digitalisasi masyarakat Indonesia menjadi katalis dalam pergerakan inovasi dan fitur ekosistem ekonomi digital, termasuk platform eCommerce seperti Lazada.

Sebagai salah satu platform eCommerce di Indonesia, Lazada turut berupaya memenuhi kebutuhan masyarakat yang bergeser ke platform online. Dengan total 212,9 juta pengguna internet di Indonesia pada Januari 2023 (We Are Social).

Lazada hadir bagi penjual dan brand yang ingin bertransformasi digital dan menumbuhkan bisnisnya di platform eCommerce, salah satunya dengan ajang tahunan Lazada Seller Conference.

Lazada Seller Conference pertama kali diluncurkan di Indonesia pada 2019 dan merupakan acara terbesar bagi penjual yang ingin mendapat wawasan mengenai tren pasar.

Acara ini bertujuan untuk meningkatkan literasi mengenai program dan fitur yang ditawarkan Lazada untuk mendukung pertumbuhan bisnis, khususnya pada saat festival belanja akhir tahun

11.11 dan 12.12. Bertajuk Lazada eCommerce Summit 2019, Lazada mengundang 1.200 penjual dengan menghadirkan berbagai sesi panel dan pelatihan bersama pakar industri dan para pelatih bersertifikasi yang tergabung dalam LazStar Academy Indonesia.

Pada tahun 2020, Lazada melanjutkan kesuksesan dengan menggelar Annual Seller Conference 2020: Level Up yang dilakukan secara online dan berhasil menggaet 12.500 penjual. Lazada kemudian memperkenalkan festival belanja Garbolnas atau Tiga Hari Belanja Online Nasional pada 12-14 Desember 2020.

Terus berupaya mendukung penjual yang tengah menavigasi kondisi pasar di masa pandemi, Lazada menginisiasi Gerakan Akselerasi Karya Rakyat (AKAR) Digital Indonesia yang fokus di antaranya pada meningkatkan kompetensi UMKM Indonesia melalui kerja sama dengan Pemerintah Indonesia.

Lazada juga mendukung pertumbuhan UMKM lokal dengan menghentikan impor produk di tiga kategori: tekstil dan fesyen, makanan dan minuman, serta kerajinan tangan. Lazada Seller Conference 2021: Level Up, Cermat Melesat dihadiri oleh 23.000 peserta secara online.

Hasilnya, pada tahun 2021, jumlah penjual yang bergabung di Lazada tumbuh tiga kali lipat dibandingkan dengan Maret 2020.

BACA JUGA:  3 Tips Produktif Menggunakan Galaxy Z Fold6 ala Content Creator Apiipp

Pada Lazada Seller Conference: Level Up 2022, fokus utama adalah pergeseran lanskap ekosistem ekonomi digital di Indonesia selama pandemi. Lazada mendukung #PahlawanEkonomiDigital melalui inovasi program dan inisiatif, termasuk sesi Masterclass dengan para LazStar Trainer seperti Dedy Liem, Stephen Lawrence dan Farica Edgina Yosafat.

Lazada Seller Conference 2022 dilaksanakan secara hybrid, ada hampir 1,000 penjual yang hadir secara offline dan di Seller Center ditonton oleh lebih dari 15,000 penjual.

Kini, Lazada Indonesia Seller Conference 2023 hadir dengan tema Ada Dukungan Suksesmu di Lazada yang merupakan penegasan komitmen dalam membantu penjual dan brand bersaing di ekosistem ekonomi digital melalui inovasi program dan layanan platform, dengan fokus pada perkuatan ekosistem ekonomi digital yang berkelanjutan, serta mengajak penjual dan brand untuk bersama-sama tumbuh dan berkembang di Lazada.

Program Edukasi di Lazada

Lazada University & Lazada Club

Melalui Lazada University, Lazada menghadirkan inisiatif pelatihan bagi penjual yang ingin meningkatkan omzetnya dengan memaksimalkan fitur yang tersedia di platform Lazada.

Kilas Balik Ajang Tahunan Lazada Seller Conference

Lazada University menawarkan ratusan materi pelatihan yang dapat diakses oleh semua penjual sebagai bentuk dukungan dalam pemberdayaan penjual online.

Lazada juga memfasilitasi para penjual untuk berdiskusi dan belajar bersama di dalam komunitas Lazada Club. Saat ini, Lazada Club tersedia di 34 kota di Indonesia, dipimpin oleh Lazada City Leader yang merupakan penjual sukses dan menjadi mentor bagi sesama penjual di platform Lazada.

Penawaran Fitur & Program Promosi

Program Penjual Baru

Berbagai upaya dan penawaran untuk UMKM #AdadiLazada melalui penyediaan akses ke ekosistem ekonomi digital menyeluruh, penawaran berbagai program dan fitur mendukung UMKM, serta investasi berkelanjutan pada teknologi dan inovasi program yang membuka peluang pasar baru dan mendorong pertumbuhan bisnis UMKM.

Lazada juga telah meluncurkan program khusus untuk memudahkan langkah awal penjual baru yang ingin mencoba menjalankan usaha di platform Lazada. Program ini menempatkan Lazada sebagai platform termurah bagi penjual di industri eCommerce dan diharapkan menjadi investasi yang terjangkau bagi penjual baru.

BACA JUGA:  Vapor Chamber di Galaxy Z Flip6: Pengalaman Ngonten Lebih Lancar dan Nyaman

Penawaran yang diberi oleh program ini adalah 0% biaya komisi sebagai penjual baru, termasuk biaya komisi livestreaming, dan biaya promosi ongkos kirim, voucher beriklan di Lazada senilai Rp 300.000, serta program inkubasi dan pendampingan penjual selama 90 hari yang dilakukan oleh mentor dan ahli di kategori penjual.

Jadi bagi para penjual baru jangan khawatir, ada banyak dukungan di Lazada, dengan jutaan pelanggan dan sejuta kesempatan yang dapat dimanfaatkan UMKM lokal untuk meraih kesuksesan di eCommerce

Layanan dan Fitur Teknologi Canggih

Lazada sebagai pionir shoppertainment di Asia Tenggara terus berinovasi untuk menjawab pergeseran perilaku serta kebutuhan pembeli ketika berbelanja online.

Melalui kanal Lazlive serta LazGame yang ada di aplikasi Lazada, pembeli mendapatkan pengalaman baru berbelanja yang interaktif dan menyenangkan.

Penjual yang tergabung di Lazada juga bisa mempromosikan dan menjual produk secara livestreaming dengan dukungan Laztalent, komunitas talenta digital livestreamer di Lazada.

Lazada senantiasa mengembangkan konsep shoppertainment agar penjual dapat menjangkau audiens yang lebih luas secara lebih interaktif.

Lazada Seller Center

Lazada Seller Center adalah portal khusus penjual di Lazada yang menawarkan berbagai data dan wawasan terbaru terkait tren dan pasar.

Fitur Bisnis Analis yang ada di dalam Seller Center mempermudah penjual untuk menentukan strategi penjualan yang cocok dengan produk yang ada di etalase mereka.

BACA JUGA:  Hasil Foto Keren dengan Kamera 50MP Galaxy Z Flip6: Inspirasi Konten HUT RI

Layanan Chatbot Sebagai Customer Service

Lazada menawarkan berbagai fitur chatbot seperti Virtual Shop Assistant / Instant Messaging Chatbot (LISA) yang mempermudah penjual untuk melayani konsumen dengan praktis dan efisien. LISA mampu menjawab pertanyaan umum pembeli dengan cepat sehingga penjual dapat lebih fokus memikirkan strategi bisnis.

Selain itu, layanan customer service ADA juga menawarkan opsi bagi penjual untuk mempermudah perjalanan pembeli dalam membeli produk, mulai dari menelepon kurir untuk mengambil paket, membantu penjual membatalkan pesanan dan memandu penjual baru untuk melakukan proses onboarding mandiri.

CLEO sebagai asisten virtual berbasis AI hadir untuk membantu pelanggan Lazada dalam berbagai hal, mulai dari menjawab pertanyaan umum hingga menyelesaikan masalah pesanan. CLEO dapat diakses melalui situs web dan aplikasi Lazada. Fitur CLEO siap membantu pelanggan selama 24 jam setiap hari.

LazBeauty AR Skin Test

LazBeauty, kanal khusus produk-produk kecantikan di Lazada, memperkenalkan inovasi barunya dalam berbagai fitur dan inovasi berbasis teknologi untuk lebih memudahkan konsumen berbelanja produk kecantikan yang sesuai dengan kebutuhannya secara online.

Fitur berbasis teknologi ini ditujukan untuk memberikan rekomendasi produk kecantikan yang dipersonalisasi sesuai dengan kebutuhan kondisi kulit maupun budget, sehingga konsumen memiliki mindset ‘smart beauty consumption’.

Dengan memanfaatkan teknologi Augmented Reality (AR) Lazada hadir dengan inovasi terbaru yaitu Skin Test.

Dengan adanya fitur ini, pengguna bisa mengetahui tipe dan permasalahan kulit setiap pengguna sehingga Lazada dapat merekomendasikan produk sesuai hasil diagnosa tersebut. Fitur ini bisa dengan mudah diakses oleh semua pengguna LazBeauty yang telah menjadi member di LazBeauty Club.