Beranda Berita Nasional TPA Cikundul Sukabumi Dilanda Kebakaran

TPA Cikundul Sukabumi Dilanda Kebakaran

Kebakaran-TPA-Cikundul-Sukabumi.jpg

harapanrakyat.com – Tim gabungan pemadam kebakaran berhasil menjinakan kobaran api yang melanda Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sampah Cikundul, Kota Sukabumi, Jawa Barat. Api berhasil padam pada Senin (23/10/2023).

Sebagai informasi, berdasarkan laporan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Sukabumi, api mulai berkobar di tumpukan sampah pada hari Minggu (22/10/2023) siang. Setelah mendapat laporan, petugas gabungan langsung bergerak ke lokasi untuk memadamkan kebakaran di TPA Cikundul.

Kepala Pusat Data, Informasi, dan Komunikasi BNPB Abdul Muhari mengatakan, proses pemadaman melibatkan 4 unit armada Dinas Pemadam Kebakaran Kota Sukabumi.

BACA JUGA:  30 Petugas Pertanian Jabar Asah Keterampilan Smart Farming di Bapeltan Cianjur

Baca Juga : Kebakaran di Bandung Barat, Seorang Balita Tewas

Selain itu, 2 unit Damkar Kabupaten Sukabumi, dan masing-masing 1 unit armada Dinas Lingkungan Hidup dan Palang Merah Indonesia.

“Sedangkan BPBD Kota Sukabumi mengerahkan 1 unit alat penerangan,” ungkap Muhari dalam keterangan resminya. 

Ia menegaskan, tim gabungan sempat kewalahan saat melakukan proses pemadaman kebakaran di TPA Cikundul tersebut. Sebab, kata Muhari, di lokasi banyaknya sampah plastik kering, cuaca panas, dan adanya media yang mudah terbakar.

BACA JUGA:  Shin Tae-Yong memanggil sebanyak 26 pemain, ini daftarnya

“Selain itu proses pemadaman kebakaran ini juga terkendala dengan jauhnya sumber air di sekitar TPA Cikundul,” katanya.

Setelah petugas berhasil memadamkan, ucap Muhari, BPBD Kota Sukabumi memerlukan upaya pendinginan di lokasi kebakaran TPA Cikundul. BPBD juga, lanjutnya, merekomendasikan antisipasi potensi bahaya lainnya menjelang musim hujan.

“BPBD Kota Sukabumi mengkhawatirkan kondisi di lokasi TPA akan terjadi longsoran-longsoran kecil. Ini terlihat dari kontur tumpukan sampah yang berundak dan menggunung,” tuturnya.

BACA JUGA:  Cara Nonton Live Streaming Timnas Indonesia vs Australia Kualifikasi Piala Dunia 2026

Baca Juga : TPA Rawa Kucing Tangerang Kebakaran

Sebagai informasi, TPA Cikundul ini berada di Jalan Rusunawa, Kelurahan Situ Mekar, Kecamatan Lembar Situ, Kota Sukabumi. Fasilitas di Kota Sukabumi ini beroperasi sejak 2021 lalu.

Dengan adanya kejadian kebakaran di TPA Cikundul ini, kata Muhari, maka pemerintah daerah setempat perlu memasukkan fasilitas pemadaman api ke dalam perencanaan pembangunan TPA. (Ecep/R13/HR Online)