Beranda Berita Nasional Pertahankan Opini WTP, Ratusan Guru di Ciamis Ikuti Sosialisasi Akuntabilitas Pengelolaan Dana...

Pertahankan Opini WTP, Ratusan Guru di Ciamis Ikuti Sosialisasi Akuntabilitas Pengelolaan Dana BOS

Pertahankan-Opini-WTP-Ratusan-Guru-di-Ciamis-Ikuti-Sosialisasi-Akuntabilitas-Pengelolaan-Dana-BOS.jpg

harapanrakyat.com,- Pemerintah Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, terus melakukan upaya untuk mempertahankan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP). Salah satunya yaitu dengan memberikan sosialisasi akuntabilitas pengelolaan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS).

Sosialisasi yang berlangsung di Gedung Pesantren Darussalam Ciamis, Jumat (20/10/2023) tersebut, diikuti oleh ratusan kepala sekolah dan guru.

Hadir di sosialisasi tersebut, Ketua BPK RI Perwakilan Jawa Barat, Anggota Komisi XI DPR RI Agun Gunanjar Sudarsa, yang juga menjadi narasumber. Selain itu, hadir juga Bupati Ciamis Herdiat Sunarya beserta para OPD terkait.

BACA JUGA:  FIM MiniGP Indonesia Series di Sirkuit Gery Mang

Bupati Herdiat mengatakan, bahwa sosialisasi akuntabilitas pengelolaan dana BOS ini, agar kepala sekolah serta operator lebih matang dan mapan dalam mengelola BOS.

“Sehingga pengelolaan keuangan sekolah tidak menyalahi aturan,” kata Herdiat.

Menurutnya, bahwa beberapa tahun kebelakang masih ada kepala sekolah yang administrasi pertanggung jawabannya belum sesuai peruntukan.

Baca Juga: 10 Kali Beruntun Raih WTP dari BPK RI, Ini Kata Bupati Ciamis

BACA JUGA:  FIM MiniGP Indonesia Series 2024: Kompetisi Sengit Pembalap Muda di Sirkuit Gery Mang

Akan tetapi sekarang ini, sambungnya, lewat sosialisasi tersebut tata kelola dana BOS menjadi semakin lebih baik.

Lanjutnya menuturkan, bahwa dana BOS di Kabupaten Ciamis lumayan besar yang mencapai Rp125,8 miliar.

“Penyaluran dana BOS yang hampir setiap tahun bergulir ini sangat jelas. Meski besarannya tidak sama, karena tergantung jumlah siswa baik tingkat SD sampai SMA,” tuturnya.

BACA JUGA:  30 Petugas Pertanian Jabar Asah Keterampilan Smart Farming di Bapeltan Cianjur

Herdiat menjelaskan, bahwa sosialisasi akuntabilitas pengelolaan dana BOS ini bisa meningkatkan kualitas pengelolaan keuangan sekolah.

Sebab, penggunaan dana BOS menjadi salah satu indikator pencapaian dan untuk pertahankan predikat Opini WTP.

“Dengan pengelolaan keuangan yang baik itulah, salah satunya Ciamis memperoleh Opini WTP dari BPK 10 kali berturut-turut. Prestasi ini karena kinerja semua pihak,” jelasnya. (Fahmi/R5/HR-Online/Editor: Adi Karyanto)