Beranda Berita Nasional 38 TPS di Kota Bandung Masih Overload

38 TPS di Kota Bandung Masih Overload

Sampah-Kota-Bandung.jpg

harapanrakyat.com – Sebanyak 38 Tempat Pembuangan Sampah Sementara (TPS) di Kota Bandung, Jawa Barat, masih berstatus overload. Jumlah tersebut dari total TPS di Kota Bandung sebanyak 135 titik di semua wilayah Kota Bandung.

Terkait dengan hal ini, Sekretaris Daerah Kota Bandung Ema Sumarna mengatakan, pihaknya terus berupaya untuk mengatasi masalah darurat sampah yang ada di Kota Bandung. Salah satunya dengan cara memberikan edukasi kepada warga.

Ia berharap, dengan adanya edukasi masif kepada warga itu, mampu mengurangi jumlah produksi sampah di Kota Bandung. Hal itu akan berdampak pada pengurangan TPS di Kota Bandung yang tercatat overload.

“Saat ini kita sedang genjot penyelesaiannya. Kita juga sedang melakukan upaya untuk menyelesaikan masalah ini dari hulu melalui edukasi,” ujarnya, Kamis (19/10/2023).

BACA JUGA:  Shin Tae-Yong memanggil sebanyak 26 pemain, ini daftarnya

Baca Juga : Pemerintah Jawa Barat Tambah Kuota Buangan Sampah Bandung Raya

Ema menjelaskan, ada berbagai cara yang bisa warga lakukan untuk mengolah sampah dari rumah masing-masing. Salah satunya yakni dengan pengadaan Loseda (Lodong Sesa Dapur) di setiap rumah. Dengan demikian, akan berdampak pada pengurangan poduksi sampah di TPS di Kota Bandung yang saat ini berstatus masih overload.

“Dengan Loseda warga bisa memilah sampah organik. Ini jauh lebih murah sehingga mereka juga bisa menyelesaikan sampahnya sendiri. Kita juga memang harus merubah pola perilaku itu,” ucapnya.

BACA JUGA:  Cara Nonton Live Streaming Timnas Indonesia vs Australia Kualifikasi Piala Dunia 2026

Ema menyadari bahwa merubah pola perilaku masyarakat terutama terkait dengan kepedulian mereka terhadap sampah cukup sulit. Namun, pihaknya juga akan terus berupaya mengedukasi masyarakat agar pola perilaku mereka secara perlahan bisa berubah.

“Masih banyak yang membuang sampah organik anorganik ke TPS, padahal Tps itu kan hanya boleh buat sampah residu. Nah ini yang terus kita upayakan untuk melakukan edukasi,” ungkapnya.

BACA JUGA:  30 Petugas Pertanian Jabar Asah Keterampilan Smart Farming di Bapeltan Cianjur

Dengan berbagai upaya Pemkot Bandung itu, ia mengharapkan jumlah produksi sampah akan berkurang dan berpengaruh terhadap daya tampung TPS yang saat ini overload. (Revi/R13/HR Online/Editor-Ecep)