Beranda Berita Nasional Bisa Jadi Capres, Pakar Komunikasi Politik Sebut Anies Baswedan Cerdik

Bisa Jadi Capres, Pakar Komunikasi Politik Sebut Anies Baswedan Cerdik

Bisa-Jadi-Capres-Pakar-Komunikasi-Politik-Sebut-Anies-Baswedan-Cerdik.jpg

harapanrakyat.com,- Langkah-langkah politik Anies Baswedan hingga akhirnya memperoleh tiket sebagai Calon Presiden telah menuai pujian dan dianggap sebagai tindakan yang sangat cerdik.

Pakar komunikasi politik, Effendi Gazali, berpendapat bahwa langkah-langkah yang diambil oleh mantan Rektor Universitas Paramadina ini sebagai langkah jenius.

Effendi Gazali mengatakan, salah satu langkah jenius Anies Baswedan terlihat atas kemampuannya memaksa Ketua Umum NasDem, Surya Paloh, memberikan tiket pencapresan kepadanya.

BACA JUGA:  Shin Tae-Yong memanggil sebanyak 26 pemain, ini daftarnya

“Meskipun pada awalnya Anies Baswedan tidak memiliki afiliasi partai politik yang kuat. Ia mampu meyakinkan Surya Paloh tentang kekuatan dan popularitasnya sebagai Calon Presiden potensial,” ujar Effendi Gazali, Selasa (17/10/2023).

Tidak hanya berhenti di situ, Effendi Gazali menilai, Anies Baswedan juga berhasil menekan NasDem untuk menentukan Calon Wakil Presiden atau Cawapres.

“Dalam tindakan yang penuh dengan manuver cerdik, Anies memberikan lampu hijau kepada Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), untuk menjadi pendampingnya. Hal ini membuktikan kemampuan politik Anies dalam menjalin kemitraan yang kuat untuk memperkuat peluang pencapresan,” jelasnya.

BACA JUGA:  30 Petugas Pertanian Jabar Asah Keterampilan Smart Farming di Bapeltan Cianjur

Baca juga: Nasdem Sebut Pasangan Anies Cak Imin Daftar ke KPU 19 Oktober

Lebih jauh, Effendi Gazali memberikan pujian kepada pasangan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar (AMIN) karena mereka telah menunjukkan kualitas kepemimpinan yang tepat. Menurutnya, mereka berada pada jalur yang benar dan tidak memerlukan persiapan khusus.

Langkah-langkah yang diambil Anies Baswedan sangat tidak biasa di politik Indonesia. Effendi Gazali mengingatkan, jarang sekali seorang tokoh yang bukan berasal dari partai politik atau dekat dengan ketua umum partai bisa mendapatkan tiket capres.

BACA JUGA:  Cara Nonton Live Streaming Timnas Indonesia vs Australia Kualifikasi Piala Dunia 2026

Langkah ini membuat Anies Baswedan menjadi sosok yang patut disebut jenius dalam dunia politik. (R8/HR Online/Editor Jujang)