Beranda Berita Nasional Tim Resort Konservasi XX Gunung Sawal Ciamis Evakuasi Kukang di Pinggir Sungai

Tim Resort Konservasi XX Gunung Sawal Ciamis Evakuasi Kukang di Pinggir Sungai

Tim-Resort-Gunung-Sawal.jpeg

harapanrakyat.com,- Tim Resort Konservasi Gunung Sawal, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, berhasil mengevakuasi seekor Kukang Jawa. Satwa dilindungi itu nyasar ke pinggir sungai di Desa Imbanagara Raya, Kecamatan Ciamis, pada Selasa (10/10/2023).

Rendi, Petugas Resort Konservasi XX Gunung Sawal Kabupaten Ciamis mengatakan mendapat laporan dari masyarakat menemukan seekor Kukang. Satwa itu berada di pinggir sungai dekat perkampungan warga.

BACA JUGA:  FIM MiniGP Indonesia Series 2024: Kompetisi Sengit Pembalap Muda di Sirkuit Gery Mang

“Warga yang mengetahui Kukang merupakan satwa dilindungi maka langsung melapor ke Tim Resort Konservasi XX Gunung Sawal dan Panjalu Kabupaten Ciamis,” ujarnya, Kamis (12/10/2023).

Setelah mendapat laporan, dua orang petugas langsung mendatangi lokasi untuk melakukan evakuasi Kukang tersebut.

“Kukang berhasil kami evakuasi dan langsung kami titip rawat ke Kantor Bidang BKSDA wilayah III Ciamis. Untuk kemudian dilaksanakan rehabilitasi sebelum dilepasliarkan kembali ke habitatnya,” ungkap Rendi.

BACA JUGA:  FIM MiniGP Indonesia Series di Sirkuit Gery Mang

Rendi menegaskan Kukang termasuk dalam satwa yang dilindungi. Hal itu sebagaimana dalam Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Baca Juga: Pelayanan KB pada Peringatan Hari Kontrasepsi Sedunia di Ciamis Lampaui Target, Capai 135,55 Persen

“Kukang merupakan salah satu hewan yang terancam punah jadi jangan sampai dibunuh atau diburu. Kukang termasuk jenis hewan yang beraktivitas pada malam hari atau hewan nokturnal,” tegasnya.

BACA JUGA:  Shin Tae-Yong memanggil sebanyak 26 pemain, ini daftarnya

Rendi mengimbau masyarakat ketika menemukan Kukang atau satwa lainnya, sebaiknya langsung melapor ke Tim Resort Konservasi XX Gunung Sawal atau ke BKSDA wilayah III Ciamis. Tujuannya demi terjaga kelestarian alam. (Edji/R9/HR-Online/Editor-Dadang)