Beranda Berita Nasional Kapan TikTok Shop Dibuka Kembali? Cek di Sini!

Kapan TikTok Shop Dibuka Kembali? Cek di Sini!

Kapan-TikTok-Shop-Dibuka-Kembali.jpg

Banyak orang bertanya-tanya kapan Tiktok Shop dibuka kembali. Pada 4 Oktober 2023, Kemendag resmi menutup TikTok Shop, memunculkan pertanyaan kapan fitur belanja ini akan kembali lagi.

Sebagai salah satu media sosial terkemuka di dunia, Tiktok menjadi daya tarik bagi banyak pengguna karena beragam fitur inovatifnya, termasuk TikTok Shop yang menyediakan fasilitas belanja.

Namun, baru-baru ini, TikTok Shop menjadi perbincangan hangat setelah pemerintah menutup fitur tersebut.

Kapan TikTok Shop Dibuka Kembali? Ini Penjelasannya

Pada saat ini, belum ada kejelasan mengenai tanggal pasti kapan TikTok Shop buka lagi di Indonesia. Namun, menurut pernyataan Kementerian Perdagangan melalui akun Instagram resmi @kemendag, TikTok Shop akan kembali beroperasi jika pihak TikTok telah mengajukan perizinan e-commerce kepada pemerintah.

BACA JUGA:  Shin Tae-Yong memanggil sebanyak 26 pemain, ini daftarnya

“Sebagai contoh, jika TikTok bertransformasi menjadi social commerce, iklan dan promosi diperbolehkan. Namun, jika berfokus pada transaksi jual-beli, TikTok dapat mengelola e-commerce dengan dukungan dari kita,” ujar Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan.

Baca Juga: Kenapa Tiktok Shop Ditutup? Kebijakan Pemerintah dan Dampak pada UMKM

Alasan Penutupan dan Rumor Buka Kembali

Penutupan TikTok Shop oleh pemerintah Indonesia berasal dari penyalahgunaan aturan Perdagangan Melalui Sistem Elektronik (PMSE) di platform digital. Sebagai platform sosial, Tiktok seharusnya tidak memfasilitasi transaksi jual-beli sesuai dengan Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 31 Tahun 2023. 

BACA JUGA:  Cara Nonton Live Streaming Timnas Indonesia vs Australia Kualifikasi Piala Dunia 2026

Tidak berapa lama kemudian, muncul kegemparan di antara penjual dengan pertanyaan, kapan TikTok Shop dibuka kembali?

Pertanyaan itu muncul akibat desas-desus fitur belanja ini akan kembali aktif pada 10 November 2023. Namun, setelah penelusuran lebih lanjut, kabar ini ternyata berasal dari sebuah sumber yang tidak dapat dijadikan rujukan. 

Belum Ada Pengumuman Resmi dari Tiktok

TikTok sendiri belum memberikan pengumuman resmi melalui situs mereka terkait tanggal pasti kapan TikTok Shop akan dibuka kembali.

BACA JUGA:  30 Petugas Pertanian Jabar Asah Keterampilan Smart Farming di Bapeltan Cianjur

Demikian juga dari pemerintah, belum ada konfirmasi mengenai tanggal kembalinya TikTok Shop pada tanggal 10 November 2023 mendatang.

Meskipun banyak spekulasi dan rumor kapan TikTok Shop dibuka kembali, hingga saat ini belum ada pengumuman resmi melalui situs web mereka. Rumor yang menyebutkan bahwa TikTok Shop akan beroperasi kembali pada 10 November 2023 muncul dari sumber yang tidak dapat dijadikan acuan. (R7/HR-Online/Editor-Ndu)