Beranda Berita Nasional Pendaftaran Peserta Didik Baru, Disdikbud Kota Banjar Lunching Aplikasi Smart Dikdas

Pendaftaran Peserta Didik Baru, Disdikbud Kota Banjar Lunching Aplikasi Smart Dikdas

Launching-Aplikasi-Smardikdas-di-Kota-Banjar.jpg

harapanrakyat.com,- Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Banjar, Jawa Barat, melaunching aplikasi Smart Dikdas, Rabu (11/10/2023). Aplikasi tersebut berguna untuk pendaftaran peserta didik baru.

Kepala Disdikbud Kota Banjar, Kaswad mengatakan, aplikasi Smart Dikdas dilaunching bertujuan untuk mengantisipasi permasalahan yang terjadi pada saat penerimaan peserta didik baru.

Menurutnya, hampir terjadi di seluruh Indonesia, setiap tahun ajaran baru atau penerimaan peserta didik terjadi masalah. Baik dalam sistem zonasi ataupun yang lainnya.

BACA JUGA:  30 Petugas Pertanian Jabar Asah Keterampilan Smart Farming di Bapeltan Cianjur

“Hampir di seluruh wilayah juga sama permasalahannya, seperti pada sistem zonasi ada masyarakat yang jauh tidak diterima yang dekat juga,” kata Kaswad, Rabu (11/10/2023).

Kemudian, ada juga misalnya titipan dan keluhan lainnya yang muncul dari masyarakat.

“Adanya aplikasi Smart Dikdas ini untuk meminimalisir permasalahan seperti itu dan pendaftaran peserta didik baru bisa berjalan lancar,” terangnya.

BACA JUGA:  FIM MiniGP Indonesia Series 2024: Kompetisi Sengit Pembalap Muda di Sirkuit Gery Mang

Baca Juga: Disdikbud Kota Banjar Prihatin Sekolah Jadi Sasaran Vandalisme

Selain itu, keunggulan aplikasi tersebut juga bisa melakukan pendaftaran tanpa harus datang ke sekolah, sehingga bisa dilakukan di mana saja.

“Masyarakat bisa mendaftar tidak harus ke sekolah, bisa dari mana saja jadi mengefisiensikan waktu dan biaya karena tidak harus banyak fotocopy,” imbuhnya.

BACA JUGA:  FIM MiniGP Indonesia Series di Sirkuit Gery Mang

Lebih lanjut, Kaswad menambahkan, setelah daftar masyarakat juga bisa langsung memantau.

“Nanti bisa langsung memantau apakah anaknya saat daftar masuk atau tidak, ketika ada formasi 100 anaknya di nomor urut berapa.

Aplikasi tersebut mulai diberlakukan pada tahun ajaran 2024-2025, dan semua masyarakat bisa mendownload aplikasi Smart Dikdas. (Sandi/R7/HR-Online/Editor-Ndu)