Beranda Berita Nasional Buka Kegiatan Training Of Farmer untuk Petani Milenial Ciamis, Ini Harapan Wabup

Buka Kegiatan Training Of Farmer untuk Petani Milenial Ciamis, Ini Harapan Wabup

Buka-Kegiatan-Training-Of-Farmer-untuk-Petani-Milenial-Ciamis-Ini-Harapan-Wabup.jpeg

harapanrakyat.com,- Paguyuban Petani Milenial Ciamis, Jawa Barat melaksanakan kegiatan Training Of Farmer (TOF) di lokasi persawahan, Kelurahan Benteng, Selasa (10/10/2023).

Kegiatan itu dibuka langsung oleh Wakil Bupati Ciamis, Yana D Putra.

Dalam kesempatan itu, Wabup Yana menyambut baik program Training Of Farmer (TOF) yang dilaksanakan paguyuban petani milenial. Hal itu lantaran kegiatan TOF baru pertama kali dilaksanakan di Jawa Barat untuk kalangan milenial.

“Saya apresiasi kegiatan ini. Cuman pesan saya, aspek legalitas keberadaan Paguyuban Petani Milenial mesti segera diurus agar legalitasnya lebih jelas,” ungkap Yana.

BACA JUGA:  Shin Tae-Yong memanggil sebanyak 26 pemain, ini daftarnya

Pihaknya juga menekankan kepada Paguyuban Petani Milenial, agar bisa memanfaatkan program-program pemerintah. Kalaupun tidak ada program, diharapkan petani milenial ini bisa tetap berinovasi dalam mengembangkan potensi pertanian.

“Kalian tentunya masih muda, penuh dengan semangat idealisme dan inovasi. Itu yang mesti dijaga, karena bertani hari ini berbeda dengan tahun tahun silam,” jelasnya.

Baca juga: Ini Upaya Dinas Pertanian Ciamis Dukung Program Petani Milenial

BACA JUGA:  FIM MiniGP Indonesia Series di Sirkuit Gery Mang

Sebagai daerah agraris lanjut Yana, Kabupaten Ciamis penuh dengan berbagai potensi sumber daya alamnya. Ia menyebut jika petani adalah salah satu profesi yang sangat mulia.

“Bertani adalah salah satu bentuk syukur kepada Tuhan atas rahmat sumber daya alam yang diberikan. Tentu ini harus dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk kepentingan masyarakat,” ucapnya.

Di era digitalisasi dan globalisasi kekinian, Wabup juga berharap petani bisa menerapkan teknologi tepat guna agar produktivitas pertanian maksimal.

BACA JUGA:  30 Petugas Pertanian Jabar Asah Keterampilan Smart Farming di Bapeltan Cianjur

Sementara itu, Rifki Ruyat Mukti Ketua Paguyuban Petani Milenial Ciamis menyatakan, Training Of Farmer petani milenial ini dilaksanakan di 12 titik yang tersebar di Kabupaten Ciamis. Adapun 3 fokus varietas utama yakni semangka, mentimun dan terong.

“TOF pertama ini kita taman 3 varietas itu di lahan seluas kurang lebih 100 bata milik Pemda,” katanya. (Fahmi/R8/HR Online/Editor Jujang)