Beranda Berita Nasional Bawaslu Kota Banjar Ajak Pelajar Ikut Aktif Awasi Pemilu

Bawaslu Kota Banjar Ajak Pelajar Ikut Aktif Awasi Pemilu

pelajar-awasi-pemilu.jpeg

harapanrakyat.com,- Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Banjar, Jawa Barat, mengajak pelajar yang juga pemilih pemula berpartisipasi aktif untuk mensukseskan pemilu tahun 2024. Salah satunya dengan terlibat aktif dalam pengawasan.

Ketua Bawaslu Kota Banjar Rudi Ilham Ginanjar menyampaikan hal itu saat edukasi partisipasi siswa pemilih pemula terkait pengawas pemilu umum. Kegiatan itu dilaksanakan di SMAN 2 Banjar belum lama ini.

BACA JUGA:  Shin Tae-Yong memanggil sebanyak 26 pemain, ini daftarnya

Rudi Ilham mengatakan, semua pihak menurutnya memiliki peran penting dalam dalam mensukseskan pemilu. Salah satunya yaitu peran partisipasi siswa yang notabene merupakan pemilih pemula.

Bawaslu Banjar mendorong agar para pelajar nantinya bisa berperan aktif dalam membantu pengawas pemilu untuk turut serta dalam pengawasan dan pencegahan.

Dalam sosialisasi tersebut, Bawaslu juga memberikan edukasi berkaitan dengan pelanggaran-pelanggaran kampanye dan kampanye yang baik dalam pemilu.

BACA JUGA:  FIM MiniGP Indonesia Series 2024: Kompetisi Sengit Pembalap Muda di Sirkuit Gery Mang

“Kami edukasi mendorong keterlibatan para siswa dalam pengawasan partisipatif. Tujuannya supaya para siswa bisa berperan aktif dalam membantu pengawasan pemilu,” kata Rudi Ilham kepada wartawan, Jumat (6/10/2023).

Baca Juga: Meski Kemarau, Air Sumur di Kampung Siluman Kota Banjar Tak Pernah Surut

Selain pelajar atau pemilih pemula, ke depan pihaknya akan menyasar pada segmen lain seperti santri, Linmas dan forum RT RW untuk bersama-sama berpartisipasi melakukan pengawasan Pemilu.

BACA JUGA:  Cara Nonton Live Streaming Timnas Indonesia vs Australia Kualifikasi Piala Dunia 2026

Bawaslu juga tengah fokus melakukan pengawasan terkait alat peraga sosialisasi (APS) yang tidak sesuai dan mengandung unsur kampanye.

“Selain pemilih pemula ke depan kita juga akan menyasar pada segmen yang lain untuk berpartisipasi untuk mensukseskan pemilu,” katanya. (Muhlisin/R9/HR-Online/Editor-Dadang)