Beranda Berita Nasional Jokowi Dukung Modernisasi Alutsista Tanah Air

Jokowi Dukung Modernisasi Alutsista Tanah Air

Upacara-HUT-TNI.jpg

harapanrakyat.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mendukung modernisasi alat utama sistem persenjataan (alutsista) di Tanah Air menjadi bagian penting dalam pengembangan industri pertahanan.

Presiden Jokowi mengatakan, modernisasi alutsista sebagai bagian penting investasi industri pertahanan dalam negeri ini harus didorong dengan peningkatan SDM. Selain itu, transfer teknologi dan harus mengutamakan produk dalam negeri.

Saat memimpin Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun TNI ke-78 di Lapangan Silang Monumen Nasional pada 5 Oktober 2023, Jokowi menilai modernisasi alutsista saat ini sangat perlu. Namun, Jokowi mengingatkan untuk tetap bijak dalam menggunakan dana anggaran belanja tersebut dan memikirkan kebutuhan rakyat.

BACA JUGA:  FIM MiniGP Indonesia Series di Sirkuit Gery Mang

Baca Juga : Tiga BUMN Dituduh Jual Senjata ke Junta Myanmar?

Dalam kesempatan tersebut, Jokowi pun meminta TNI untuk terus menjaga kedamaian menjelang tahun politik. Presiden berpesan agar TNI memberikan pemahaman kepada masyarakat bahwa perbedaan dalam pilihan itu adalah hal yang wajar.

“Selalu jadikan sapta marga dan sumpah prajurit pegangan dalam bertindak. Tetap jaga sinergitas dengan Polri dan tetap jaga netralitas TNI, dan tetap pelihara watak kesatria,” ucapnya.

BACA JUGA:  FIM MiniGP Indonesia Series 2024: Kompetisi Sengit Pembalap Muda di Sirkuit Gery Mang

Jokowi juga mengingatkan tentang situasi dunia saat ini yang sedang menghadapi krisis pangan. Sebanyak 22 negara bahkan sudah memutuskan untuk melakukan pembatasan ekspor pangan. Ia meminta agar TNI peka terhadap situasi tersebut.

“Saya minta seluruh anggota TNI punya naluri terkait ini, punya kesadaran dan kepekaan terkait ini karena urusan pangan adalah urusan perut. Sangat penting dan penentu stabilitas bangsa,” ujarnya.

BACA JUGA:  Shin Tae-Yong memanggil sebanyak 26 pemain, ini daftarnya

Terakhir, Jokowi mengapresiasi tingginya angka kepercayaan masyarakat terhadap TNI. Sehingga ia meminta TNI untuk memiliki rumusan strategi konkret dalam menghadapi berbagai situasi dunia untuk menjaga kepercayaan tersebut.

“TNI harus mampu merumuskan secara akurat. Merumuskan langkah dan strategi konkret ke depan di tengah kondisi dunia yang berubah sangat cepat dan memanasnya geopolitik dunia,” tutur Jokowi.

Ia juga berpesan peningkatan SDM menjadi salah satu faktor penting dalam mendorong modernisasi alutsista di Indonesia. (Revi/R13/HR Online/Editor-Ecep)