Beranda Berita Nasional Jalur Jahim Sukamantri Ciamis yang Sempat Rusak Kini Mulus

Jalur Jahim Sukamantri Ciamis yang Sempat Rusak Kini Mulus

Jalur-Jahim-Sukamantri-Ciamis.jpeg

harapanrakyat.com,- Warga Desa Cibereum, Kecamatan Sukamantri, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat sumringah. Jalan jalur Jahim Sukamantri yang sempat rusak sepanjang 4 kilometer kini mulus.

Pemkab Ciamis melalui Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang dan Pertanahan (DPUPRP) telah selesai membangun jalan itu dengan aspal hotmix.

“Terima kasih kepada bapak Bupati dan wakil Bupati Ciamis yang sudah menyelesaikan program pembangunan pengaspalan jalan jahim di desa Cibereum Kecamatan Sukamantri. Selama ini jalan mulus kami idam-idamkan,” ujar Gilang Bayu Pradana, Kaur Perencanaan Desa Cibereum, Kamis (5/10/2023).

Gilan menjelaskan jalur jahim merupakan akses perbatasan antara Sukamantri Kabupaten Ciamis dengan Kabupaten Majalengka. Setiap hari jalur tersebut ramai dengan kendaraan yang melintas.

BACA JUGA:  Cara Nonton Live Streaming Timnas Indonesia vs Australia Kualifikasi Piala Dunia 2026

Sebelum ada perbaikan, tidak banyak kendaraan yang melintas, terutama pada saat malam hari. Jalan tersebut rusak parah dan juga sempit.

“Jam 7 malam dulu sudah jarang ada kendaraan lewat Jalan Jahim ini. Namun sekarang setelah di hotmix pagi, siang, malam kendaraan banyak lewat yang menuju Majalengka atau menuju Ciamis dan Tasikmalaya,” ungkapnya.

Atas nama warga Desa Cibeureum, Gilang menyampaikan terima kasih kepada Bupati dan wakil Bupati Ciamis beserta DPUPRP Ciamis. Karena sudah mewujudkan harapan warga dengan adanya jalan bagus dan mulus.

BACA JUGA:  FIM MiniGP Indonesia Series di Sirkuit Gery Mang

Jalur Jahim Sukamantri Akses Menuju Tempat Wisata

Sementara itu, Ma’mun, Camat Sukamantri mengatakan setelah sekian tahun kondisi Jalur Jahim Sukamantri rusak parah.

“Jalur jalan jahim ini merupakan jalan utama dan alternatif yang sangai ramai di lalui kendraan kecil dan besar seperti truk dan bus wisata,” tuturnya.

Ma’mun menerangkan selain menjadi mulus, jalan menjadi lebih lebar sekitar 5 meter. Para pengendara tidak lagi ketakutan saat berpapasan dengan kendaraan lain.

BACA JUGA:  FIM MiniGP Indonesia Series 2024: Kompetisi Sengit Pembalap Muda di Sirkuit Gery Mang

Baca Juga: Helo Ciamis Super Aplikasi Wujud Komitmen Bersama Menuju Ciamis Smart City

Jalur Jahim pun merupakan akses menuju tempat wisata. Yakni Mini Rancah Sapi Pasundan, Situs Batu Panjang dan kawasan Agropolitan.

“Semoga dengan jalan yang mulus ini dapat meningkatkan perekonomian warga Sukamantri. Daerah Sukamantri pun unggul dengan hasil pertaniannya. Seperti cabai, bawang daun dan lainnya,” ucapnya.

Ma’mun pun berharap ke depan setelah akses jalan mulus juga ada pemasangan penerangan jalan umum (PJU) dan rambu lalu lintas. (Eli/R9/HR-Online/Editor-Dadang)