Beranda Berita Nasional Pesan Menhan Prabowo Soal Pentingnya Pendidikan dan Pemanfaatan Sumber Daya Alam

Pesan Menhan Prabowo Soal Pentingnya Pendidikan dan Pemanfaatan Sumber Daya Alam

Pesan-Menhan-Prabowo-Soal-Pentingnya-Pendidikan-dan-Pemanfaatan-Sumber-Daya-Alam.jpeg

harapanrakyat.com,- Menteri Pertahanan (Menhan) RI Prabowo Subianto, hadiri acara Studium Generale di Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). Acara ini mengambil tema “Membangun Ketahanan Nasional yang Komprehensif dan Kompetitif Menyongsong Indonesia Emas”.

Dalam pidatonya, Prabowo menggarisbawahi pentingnya pendidikan dan pemanfaatan sumber daya alam Indonesia.

Prabowo, setelah penandatanganan MoU antara Kementerian Pertahanan dan UMM, menyampaikan apresiasinya terhadap upaya UMM dalam mengembangkan pendidikan. Ia melihatnya sebagai langkah strategis untuk mengatasi permasalahan yang dihadapi masyarakat dan bangsa.

BACA JUGA:  Cara Nonton Live Streaming Timnas Indonesia vs Australia Kualifikasi Piala Dunia 2026

Baca juga: Hasil Survei, di Jawa Barat Prabowo Ungguli Anies dan Ganjar

Menurutnya, pendidikan memiliki peran kunci dalam mengatasi kemiskinan, meningkatkan martabat bangsa, mencapai keadilan, kesetaraan, serta mewujudkan demokrasi dan kemerdekaan yang sejati.

Menhan Prabowo juga menyoroti tantangan yang Indonesia hadapui, yaitu bagaimana mengelola kekayaan alam Indonesia secara merata untuk seluruh rakyat. Ia memberikan contoh berharga mengenai sumber daya alam tambang, seperti nikel.

BACA JUGA:  Shin Tae-Yong memanggil sebanyak 26 pemain, ini daftarnya

Kata dia, Presiden RI Joko Widodo sudah mengeluarkan larangan menjual bahan baku nikel sejak tahun 2022. “Nikel ini harus diolah di Indonesia, karena hasilnya bisa mencapai 67 kali lipat,” katanya.

Dengan demikian, Menhan mendorong agar generasi muda Indonesia tidak hanya menjadi konsumen sumber daya alam. Tetapi juga, mampu menjadi produsen yang berkontribusi dalam mengelola sumber daya tersebut.

BACA JUGA:  30 Petugas Pertanian Jabar Asah Keterampilan Smart Farming di Bapeltan Cianjur

Prabowo mengakhiri pengarahannya dengan pesan yang penuh inspirasi. “Jadilah anak Indonesia yang membanggakan orang tua, bangsa, dan rakyatmu,” pungkas Menhan Prabowo. (R8/HR Online/Editor Jujang)