Beranda Berita Nasional Kebakaran di Kertahayu Ciamis Nyaris Meludeskan Rumah Warga

Kebakaran di Kertahayu Ciamis Nyaris Meludeskan Rumah Warga

Kebakaran-di-Kertahayu-Ciamis-Nyaris-Ludeskan-Rumah-Warga.jpg

harapanrakyat.com,- Kobaran api nyaris meludeskan rumah milik Amir (55), warga Dusun Kertaharja, RT 33A/09, Desa Kertahayu, Kecamatan Pamarican, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Selasa (26/09/2023).

Api yang membumbung di dalam ruangan rumah sempat menyita perhatian warga. Lantaran saat kejadian kebakaran, sang pemilik tengah tidak ada di rumah.

Setelah menyadari sebuah kebakaran, warga yang melihatnya pun langsung berteriak meminta bantuan.

Warga lain yang mendengar adanya teriakan tersebut langsung berdatangan, dan memberikan bantuan memadamkan api dengan alat seadanya.

Baca Juga: Rumah Cucu di Rancah Ciamis Ludes Terbakar saat Ditinggal ke Rumah Ortu

Beruntung saat kejadian, sumber air di lokasi kebakaran masih terbilang melimpah. Sehingga warga dengan cepat bisa segera menjinakkan api yang sudah membesar, dan menghanguskan seluruh perabotan di dalam rumah korban.

BACA JUGA:  Shin Tae-Yong memanggil sebanyak 26 pemain, ini daftarnya

Penyebab Kebakaran yang Nyaris Meludeskan Rumah Warga di Kertahayu Ciamis

Petugas Damkar Pos WMK Banjarsari, Dikri mengatakan, kejadian kebakaran rumah warga tersebut lepas dari pantauan petugas piket. Hal itu lantaran saat kejadian, tak satupun warga yang menghubunginya.

“Saat kejadian tidak ada laporan yang masuk ke pos WMK. Dan kami baru mendapatkan kabar, setelah api berhasil warga padamkan,” katanya kepada harapanrakyat.com, Selasa (26/9/2023).

Menurutnya, kejadian kebakaran yang nyaris meludeskan rumah warga Kertahayu, Ciamis tersebut, terjadi sekitar pukul 10.00 WIB. Sementara laporan baru masuk jam 11:00 WIB.

BACA JUGA:  30 Petugas Pertanian Jabar Asah Keterampilan Smart Farming di Bapeltan Cianjur

Meski begitu, pihaknya tetap ke lokasi untuk melakukan asesmen sekaligus pendataan.

“Serta melakukan sosialisasi kepada warga, terkait keberadaan Pos WMK Banjarsari,” ujarnya.

Baca Juga: Gudang Barang Bekas di Pamarican Ciamis Terbakar, Damkar Kewalahan Jinakkan Api

Lanjutnya menambahkan, bahwa sumber kebakaran diduga dari adanya korsleting listrik, yang kemudian membakar sofa di ruang tengah. 

Karena sofa merupakan material yang mudah terbakar, maka api pun langsung membesar dan merembet ke perabotan lain termasuk kasur.

“Akibat kejadian ini, hampir seluruh isi perabotan rumah tangga milik korban ludes terbakar. Korban mengalami kerugian mencapai 50 juta rupiah,” jelasnya.

BACA JUGA:  Cara Nonton Live Streaming Timnas Indonesia vs Australia Kualifikasi Piala Dunia 2026

Sumber informasi harapanrakyat.com, warga sempat panik ketika melihat kobaran api sudah membesar, dan memenuhi ruang tengah rumah korban.

Meski sempat panik, warga pun langsung bergerak menjinakkan api dengan alat, seperti ember dan sebagainya. Mereka pun mengambil air dari kolam ikan yang ada di halaman rumah korban.

Akhirnya, setelah setengah jam, kobaran api yang nyaris meludeskan rumah warga Dusun Kertaharja, RT 33A/09, Desa Kertahayu, Ciamis itu bisa dipadamkan. (Suherman/R5/HR-Online/Editor: Adi Karyanto)