Beranda Berita Nasional Kucing dan Anjing Peliharaan di Panawangan Ciamis Terima Vaksin Anti Rabies Gratis

Kucing dan Anjing Peliharaan di Panawangan Ciamis Terima Vaksin Anti Rabies Gratis

Suntik-Vaksin-Rabies.jpg

harapanrakyat.com,- Untuk mengantisipasi dan mencegah adanya virus rabies, kucing dan anjing peliharaan warga di Desa Mekarbuana, Kecamatan Panawangan, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, disuntik vaksin anti rabies gratis.

Yaya, petugas Inseminator dan Paramedik Veteriner, mengatakan, di wilayah Kecamatan Panawangan belum ada temuan kasus penyakit rabies pada hewan peliharaan.

Meski begitu, upaya vaksinasi perlu dilakukan agar hewan menjadi sehat dan dapat melindungi pemiliknya. Karena rabies merupakan penyakit zoonosis yang bisa menular ke manusia dan sangat berbahaya.

BACA JUGA:  Shin Tae-Yong memanggil sebanyak 26 pemain, ini daftarnya

Baca Juga: Kisah Poni, Monyet dari Ciamis yang Divaksin di World Rabies Day

“Ya, vaksinasi sangat penting. Selain untuk menjaga kesehatan kucing dan anjing peliharaan akan memberikan perlindungan kepada manusia dari dampak gigitan atau cakarannya,” kata Yaya, Kamis (21/9/2023).

Ia menyebutkan, hewan peliharaan yang mendapatkan suntik vaksin anti rabies gratis di Desa Mekarbuana, Kecamatan Panawangan, Kabupaten Ciamis baru 30 ekor. Terdiri dari 2 ekor anjing dan 28 ekor kucing.

BACA JUGA:  30 Petugas Pertanian Jabar Asah Keterampilan Smart Farming di Bapeltan Cianjur

Vaksin tersebut diberikan secara gratis untuk kekebalan tubuh hewan peliharaan pembawa virus. Seperti anjing, kucing, anjing, musang dan monyet.

“Semoga saja dengan adanya vaksinasi ini, di Kecamatan Panawangan selamanya tidak ada kasus rabies. Meskipun masih ada beberapa ekor anjing lainnya yang belum mendapatkan suntik vaksin,” harap Yaya. (Dji/R3/HR-Online/Editor: Eva)