Beranda Berita Nasional Cara Mengurangi Rasa Asin Ikan Jambal Roti Pangandaran, Ini Rahasianya

Cara Mengurangi Rasa Asin Ikan Jambal Roti Pangandaran, Ini Rahasianya

Cara-Mengurangi-Rasa-Asin-pada-Ikan-Jambal-Roti-Pangandaran.jpg

Sebagai oleh-oleh paling hits di Pangandaran, Jawa Barat tidak sedikit yang penasaran dengan cara mengurangi rasa asin ikan jambal roti. Makanan laut ini biasanya memiliki citarasa pedas dan asin yang pas untuk dimakan bersama nasi hangat. 

Para pengunjung yang sering datang ke Pangandaran tak pernah melewatkan kesempatan untuk membeli oleh-oleh. Salah satu pilihan yang paling digemari adalah Ikan Asin Jambal Roti.

Selain kelezatannya yang tak tertandingi, oleh-oleh Ikan Asin Jambal Roti juga terbilang sangat awet sehingga bisa tahan dalam jangka waktu yang cukup lama. Walaupun memiliki aroma khas yang agak tajam, hal itu tidak mengurangi popularitasnya.

Baca Juga: Gak Cuma Pantai, Oleh-Oleh Khas Pangandaran Ini Bikin Wisatawan Terpana

Simak Cara Mengurangi Rasa Asin Ikan Jambal Roti

Ikan Asin Jambal Roti banyak dijajakan di Pangandaran. Selain di kios, wisatawan bisa membeli ikan asin ini dari pedagang keliling.

Akan tetapi, ada kalanya ikan jambal roti jadi terlalu asin dan tidak sesuai dengan sebagian lidah orang. Supaya tidak keasinan, inilah cara untuk menyeimbangkan rasanya agar lebih sesuai dan lezat tak tertandingi.

BACA JUGA:  Shin Tae-Yong memanggil sebanyak 26 pemain, ini daftarnya

Trik Kurangi Rasa Asin pada Jambal Roti

Rendam ikan jambal roti dalam air beberapa jam, tujuannya supaya air garam asin dari ikan berpindah ke air. Kemudian, cuci  jambal roti menggunakan air mengalir. Ini berguna untuk menghilangkan sisa garam yang masih menempel di ikan asinnya.

Masak jambal roti dengan banyak air, karena airnya membantu mengurangi rasa asin di ikannya. Bila perlu, tambah gula pasir ke jambal roti karena ini bisa membantu menyeimbangkan rasa asin dan pedasnya.

Atau, Anda juga bisa mencoba trik lain cara mengurangi rasa asin ikan jambal roti. Misalnya, tambahkan sayuran segar seperti tomat, timun, atau selada. Sayuran segar ini bisa bantu mengurangi asinnya dan menjadikan jambal roti semakin segar.

Cara Lain Kurangi Rasa Asin pada Jambal Roti

Rendam Pakai Air

Rendam jambal roti dalam air beberapa jam atau semalam. Airnya dapat mengeluarkan sebagian garam dari jambal roti.

BACA JUGA:  Cara Nonton Live Streaming Timnas Indonesia vs Australia Kualifikasi Piala Dunia 2026

Baca Juga: Oleh-oleh Khas Pangandaran yang Berasal dari Kekayaan Laut, Cocok untuk Dibawa Wisatawan

Rebus Hingga Mendidih

Rebus jambal roti dalam air mendidih selama beberapa menit. Air mendidih menarik keluar garam dari jambal roti. Setelah itu, langsung tiriskan dan bilas dengan air dingin.

Siram Pakai Susu

Rendam jambal roti dalam susu beberapa jam. Susu bisa menetralkan rasa asin pada ikan jambal roti.

Ganti Pakai Bahan Lain

Jika hendak memasak hidangan yang membutuhkan ikan ini, coba ambil jambal roti dengan takaran yang lebih sedikit dari resep. Ganti sebagian dengan daging atau sayuran agar rasa asinnya berkurang.

Tiriskan dan Bilas

Apabila tidak ingin garamnya berkurang, Anda bisa meniriskan dan membilas jambal roti terlebih dulu. Dengan begitu, rasa asin di permukaan berkurang.

Rendam dengan Campuran

Rendam jambal roti dalam campuran air dan cuka atau air jeruk beberapa menit. Asam dari campuran ini lumayan efektif dalam cara mengurangi rasa asin ikan jambal roti.

BACA JUGA:  30 Petugas Pertanian Jabar Asah Keterampilan Smart Farming di Bapeltan Cianjur

Pakai Sedikit di Hidangan Banyak

Saat masak masakan dengan porsi besar, seperti sop atau rebusan, pakai jambal roti sedikit saja agar rasa asinnya terbawa berlebihan.

Tapi ingat ya, cara-cara di atas bisa berbeda hasilnya tergantung seberapa asin jambal rotinya dan selera Anda. Jangan lupa saat memasak, cicipi terus jambal roti untuk mencapai rasa yang diinginkan. 

Mengunjungi Pangandaran tidak hanya memberikan kenangan indah dari pantainya, tetapi juga memberi kesempatan untuk mencicipi Ikan Jambal Roti. Oleh-oleh yang mampu menghadirkan rasa dan aroma khas daerah tersebut dapat memperkaya pengalaman setiap perjalanan. 

Dengan demikian, Ikan Jambal Roti Pangandaran tetap menjadi sebuah ikon yang menghubungkan para pelancong dengan keindahan kuliner dan budaya lokal. Mengetahui cara mengurangi rasa asin ikan jambal roti juga bisa membuat hidangan terasa lebih seimbang serta memanjakan lidah pecinta kuliner. (R7/HR-Online/Editor-Ndu)