Beranda Berita Nasional Lahan Kebun Jati di Binangun Kota Banjar Terbakar, Diduga dari Puntung Rokok

Lahan Kebun Jati di Binangun Kota Banjar Terbakar, Diduga dari Puntung Rokok

Kebakaran-Hutan.jpg

harapanrakyat.com,- Lahan kebun jati di Binangun tepatnya di Dusun Priagung, RT 9, RW 4, Desa Binangun, Kecamatan Pataruman, Kota Banjar, Jawa Barat, mengalami kebakaran, Rabu (20/9/2023), sekitar pukul 10.00 WIB. Kebakaran lahan kebun tersebut membuat warga setempat panik.

Kepala UPTD Pemadam Kebakaran Kota Banjar Aam Amijaya mengatakan, kebakaran lahan kebun jati diketahui oleh warga yang selanjutnya melapor ke petugas pemadam kebakaran.

Setelah mendapat laporan dari warga, tim petugas Damkar langsung menerjunkan mobil pemadam untuk pendinginan. Karena api telah berhasil dipadamkan oleh warga setempat menggunakan peralatan seadanya.

BACA JUGA:  FIM MiniGP Indonesia Series 2024: Kompetisi Sengit Pembalap Muda di Sirkuit Gery Mang

“Informasinya warga melihat api sudah menjalar di lahan kebun jati. Warga lalu melapor ke petugas,” kata Aam kepada harapanrakyat.com.

Baca Juga: Kebakaran Lahan di Garut, Api Mendekat ke Pemukiman Bikin Warga Panik

Ia menyebutkan, lahan yang mengalami kebakaran tersebut merupakan perkebunan jati miik warga setempat. Adapun luas lahan yang terbakar sekitar 50 x 100 meter.

BACA JUGA:  Cara Nonton Live Streaming Timnas Indonesia vs Australia Kualifikasi Piala Dunia 2026

Meski begitu, Aam memastikan tidak ada korban jiwa maupun kerugian material berarti dalam peristiwa kebakaran lahan kebun jati di Binangun. Lokasi perkebunan kebetulan juga jauh dari pemukiman warga.

“Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. Kami mengimbau kepada warga untuk mewaspadai kegiatan yang dapat memicunya terjadinya kebakaran lahan. Seperti membakar sampah dan membuang puntung rokok secara sembarangan,” kata Aam.

Sementara itu, Kepada Dusun Priagung Heri Kiswanto mengatakan, kebakaran lahan kebun jati pertama kali diketahui oleh warga yang tengah melintas di lokasi perkebunan tersebut.

BACA JUGA:  30 Petugas Pertanian Jabar Asah Keterampilan Smart Farming di Bapeltan Cianjur

Warga menduga kebakaran itu berasal dari puntung rokok yang dibuang sembarangan hingga memunculkan titik api. Lalu merambah ke lahan perkebunan jati.

“Kebetulan tadi pagi ada laporan warga yang lewat kebun jati. Kemungkinan itu api dari puntung rokok. Beruntung api bisa dipadamkan sehingga tidak sampai meluas,” kata Heri. (Muhlisin/R3/HR-Online/Editor: Eva)