Beranda Berita Nasional Ini Sosok Wamen Pertanian Harvick Hasnul Qolbi yang Diisukan Kena Tampar Prabowo

Ini Sosok Wamen Pertanian Harvick Hasnul Qolbi yang Diisukan Kena Tampar Prabowo

Ini-Sosok-Wamen-Pertanian-Harvick-Hasnul-Qolbi-yang-Diisukan-Kena-Tampar-Prabowo.jpg

harapanrakyat.com,- Sebuah isu mengejutkan mencuat, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, diduga telah menampar Wakil Menteri (Wamen) Pertanian, Harvick Hasnul Qolbi. Isu ini menarik perhatian publik dan menjadi perbincangan hangat di media sosial.

Isu tersebut dikaitkan dengan proyek food estate yang menjadi perhatian utama pemerintah. Kabar yang beredar di media sosial mengklaim bahwa Prabowo, mengekspresikan kemarahannya terhadap Wamentan Harvick Hasnul Qolbi.

Sumber informasi terkait insiden tersebut berasal dari seorang staf Kementerian Pertanian yang menghadiri rapat terbatas di Istana. Namun, Kementerian Pertanian segera memberikan klarifikasi bahwa kabar tersebut tidak benar. Dan insiden tersebut, hanyalah isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan.

BACA JUGA:  Cara Nonton Live Streaming Timnas Indonesia vs Australia Kualifikasi Piala Dunia 2026

Lantas siapakah Wamentan Harvick Hasnul Qolbi? Berikut profil singkatnya seperti dikutip suara.com.

Baca juga: Reaksi Jokowi Soal Isu Prabowo Tampar Wamen Pertanian

Harvick Hasnul Qolbi, Wamen Pertanian, dilantik oleh Presiden Joko Widodo pada 23 Desember 2020. Ia menjalankan tugasnya di bawah kepemimpinan Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo, selama sisa masa Kabinet Indonesia Maju periode 2019-2024.

Harvick lahir pada 17 November 1974, saat ini berusia 48 tahun, dan ia berasal dari Batusangkar, Padang, Sumatera Barat.

Ia adalah alumni SMA Negeri 3 Teladan Jakarta tahun 1992. Harvick lulus dari Universitas Persada Indonesia YAI sebagai sarjana teknik industri.

BACA JUGA:  30 Petugas Pertanian Jabar Asah Keterampilan Smart Farming di Bapeltan Cianjur

Jabat Wamen Pertanian, Harvick Aktif di Lembaga Keagamaan

Selain aktif dalam bidang pertanian, Harvick juga memiliki keterlibatan dalam organisasi keagamaan. Ia adalah salah satu kader dan pernah menjabat sebagai Bendahara di Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU). Sebelumnya, ia juga berperan dalam Lembaga Perekonomian Nahdlatul Ulama (LPNU) yang fokus pada perekonomian masyarakat NU.

Selain itu, Harvick pernah mencalonkan diri dalam pemilihan Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Jakarta (Persija) periode 2015-2019. Meskipun demikian, ia memilih untuk mundur dari pencalonan tersebut demi fokus mengurus LPNU dan Badan Energi serta Pangan yang didirikan oleh NU. Harvick juga mendirikan Koperasi di bawah NU yakni Amanah Sejahtera Bangsa.

BACA JUGA:  Shin Tae-Yong memanggil sebanyak 26 pemain, ini daftarnya

Selain bertugas di PBNU dan menjadi Wamen, Harvick dikenal sebagai seorang intelektual muda yang mendukung pemerintahan Joko Widodo – Ma’ruf Amin. Ia pernah menjabat sebagai Ketua Presidium MPP Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) Muda.

Dengan berbagai pengalaman dan latar belakangnya, Wamen Pertanian Harvick Hasnul Qolbi merupakan sosok yang memiliki kontribusi penting dalam berbagai sektor. Termasuk, pertanian dan kegiatan sosial-religius. (R8/HR Online/Editor Jujang)