Beranda Teknologi Rekomendasi Laptop Untuk Mahasiswa (September 2023), Spek Terbaik

Rekomendasi Laptop Untuk Mahasiswa (September 2023), Spek Terbaik

huawei-d14-d15-3.jpg

review1st.com – Memilih rekomendasi laptop untuk mahasiswa dan pelajar yang terbaik terkadang memerlukan kejelian. Ada banyak komponen yang harus dipertimbangkan, mulai dari budget hingga spesifikasi laptop yang diincar.

Laptop terbaik yang beredar di pasaran memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri. Kita sebagai pengguna yang harus pandai memilih sesuai kebutuhan.

Setidaknya perangkat yang tepat untuk kita harus menawarkan sejumlah kelebihan untuk digunakan membantu pekerjaan, kegiatan maupun menikmati hiburan.

Rekomendasi Laptop untuk Mahasiswa & Pelajar Terbaik 2023

Nah, buat kalian yang tengah mencari rekomendasi laptop untuk mahasiswa dan pelajar pilihan terbaik September 2023 dengan budget menengah, ada beberapa opsi yang kami rekomendasikan. Ini dia deretan perangkatnya:

1. Huawei Matebook D14 (Harga Rp 10,5 juta)

Rekomendasi Laptop untuk Mahasiswa & Pelajar Terbaik 2023

Saat menghadirkan laptop terjangkau ini, Huawei sepertinya ingin memberikan pilihan terbaik laptop untuk mahasiswa dan pelajar. Selain desain mewah dan bobot ringan, laptop ini juga memiliki performa kencang untuk berbagai kebutuhan dari belajar, kerja, hingga hiburan seperti gaming.

Laptop Huawei terbaik ini mengalami sejumlah peningkatan dibanding pendahulunya yang rilis tahun lalu. DDapur pacu laptop ini mengadopsi Intel Core Gen 11 (i5-1135G7) dengan GPU Intel Iris Xe.

Setidaknya akan sangat membantu para pelajar dalam hal produktivitas, mengerjakan tugas atau sekedar menikmati hiburan. Dilengkapi RAM 8 GB jenis LPDDR4X serta ruang penyimpanan SSD 512 GB.

Spesifikasi laptop untuk mahasiswa dan pelajar terbaik ini memungkinkan proses olah dokumen hingga editing menjadi lebih efisien. Bahkan, MateBook D14 juga masih sanggup menjalankan game-game populer dengan lancar seperti Dota 2, CS:GO, Valorant, dan lainnya.

Ada juga berbagai fitur penunjang produktivitas yang hanya ada di laptop Huawei, seperti HUAWEI Control Panel yang memungkinkan screenshot instan (dimana teks di screenshot bisa langsung di copy-paste), screen recording instan untuk kelas online, dan masih banyak l UUagi.

BACA JUGA:  Komunikasi Tanpa Batasan Bahasa dengan Fitur AI On Device di Galaxy Z Flip6

Desainnya pun atraktif, terlihat premium terbuat dari material full aluminum yang kuat , tidak bulky serta tipis dan mudah dibawa kemana saja. Cocok buat pelajar yang mobilitasnya tinggi.

Juga aman dan praktis karena didukung sensor sidik jari yang disematkan pada tombol powernya sehingga hanya butuh satu langkah untuk masuk ke laptop.

Menariknya, layar IPS anti glare dengan resolusi Full HD ini terasa lapang karena didukung bezel tipis. Bentang layar 14 incinya memiliki screen to body hingga 84% serta memiliki view angle hingga 178 derajat.

Untuk kenyamanan mata pelajar atau mahasiswa, laptop 10 jutaan ini menyematkan sertifikasi TUV Rheiland dan filter Low Blue Light, ditambah Flicker Free.

Oh ya, Huawei D14 dibekali charger kecil serta menggunakan USB Type-C, jadi bisa dipakai mengisi ulang perangkat lain. Mengusung baterai 56Wh yang tahan lama sehingga mampu mendukung aktivitas seharian.

Sistem Operasi Windows 11 Home juga sudah hadir di MateBook D14 ini.

2. Huawei Matebook D15 (Harga Rp 11 Juta)

laptop terbaik untuk pelajar huawei d15

Huawei MateBook D15 hadir dengan pilihan bentang layar yang lebih leluasa. Pasalnya, tak sedikit pelajar yang lebih nyaman menggunakan laptop berukuran besar.

Sebagai salah satu pilihan laptop untuk mahasiswa dan pelajar terbaik, desainnya premium dan tetap ergonomis meskipun bentang layarnya 15,6 inci. Disokong resolusi Full HD (1920 x 1080 piksel) dan tingkat kecerahan 250 nits.

Tetap cocok buat kalian yang memiliki mobilitas tinggi, Huawei dapat menjaga ketipisan laptop berlayar besar ini dengan ketebalan hanya 1,7 mm dan bobot 1,56 kg. Tidak ada yang mau melihat bezel. Itulah sebabnya bezel 3 sisinya dirampingkan menjadi 4,8 mm.

BACA JUGA:  Hasil Foto Keren dengan Kamera 50MP Galaxy Z Flip6: Inspirasi Konten HUT RI

Sama dengan Matebook D14, seri ini juga didukung prosesor Intel Gen 11 (Tiger Lake) yakni i5-1135G7. Dapur pacu ini mampu menghasilkan performa baik untuk mendukung beragam aktivitas di tahun 2022.

Disempurnakan dengan pengolah grafis (GPU) Intel Iris Xe. Selanjutnya di sektor memori mengandalkan RAM 8 GB (DDR4) dan media penyimpanan (storage) SSD dengan kapasitas 512 GB. Daya baterainya 42Wh.

Terakhir laptop terbaik 2023 untuk mahasiswa ini punya webcam dengan resolusi HD, pemindai sidik jari (fingerprint) yang sudah dibenamkan di tombol power, WiFi IEEE 802.11a/b/g/n/ac/ax, Bluetooth 5.1, dan sistem operasi (OS) Windows 11 Home.

HUAWEI juga akan meluncurkan MateBook D15 versi i3-1115G4 secara eksklusif di e-commerce yang bisa di Pre-Order dari 1 Juli-12 Juli 2022.

Kabarnya akan ada diskon hingga Rp1 jutaan sehingga harganya hanya akan di Rp7 jutaan plus berbagai bonus menarik seperti backpack, mouse, dan Office.

3. ASUS Vivobook Pro 14X OLED (Harga Rp 16,5 juta)

laptop asus terbaik untuk mahasiswa

ASUS juga memiliki laptop untuk pelajar dan mahasiswa sekaligus cocok buat konten kreator. Adalah Vivobook Pro 14X OLED yang hadir dengan desain futuristik serta ringan berbobot 1,45kg ditambah layar berteknologi ASUS OLED.

Untuk diagonal layar, laptop 14 inci ini sudah disuntik resolusi tinggi yaitu hingga 4K (3840 x 2400) dan mengusung aspect ratio 16:10.

Sementara buat menunjang performanya, laptop ditenagai CPU 11 Gen Intel Core (i5-11300H) serta GPU NVIDIA GeForce RTX 3050.

Demi mendukung performanya, laptop ini dibenami dengaan RAM DDR 8 GB serta media penyimpanan 512GB berbasis DDR. Dilengkapi USB Type-A, HDMI, MicroSD card reader, dan 3.5mm combo audio jack, Wifi dan Bluetooth

4. Infinix INBOOK X2 (Harga Rp 8,3 jutaan)

laptop infinix inbook x2

Salah satu laptop terbaru yang bisa jadi pilihan untuk mahasiswa dan pelajar adalah Infinix INBOOK X2. Dengan layar 14 inci serta bodi terbuat dari material metal dan bobot hanya 1.24kg, seri ini cocok buat keperluan terbaik dengan mobilitas tinggi.

BACA JUGA:  Perbandingan Vue.js dan React.js untuk Pengembangan Laravel: Pilihan Framework yang Tepat dan Prospek Karier

INBOOK X2 dilengkapi prosesor Intel Gen 10 untuk menunjang yakni berbasis i5-1035G1. Untuk pengolah grafisnya disuppport dengan Intel UHD Graphics. Selain itu, buat sistem operasinya laptop ini mengandalkan Windows 11 Home.

Guna menunjang produktivitas pengguna, laptop untuk mahasiswa ini dibenami RAM 8 GB serta penyimpana 512 GB. Ditambah baterai kapasitas besar 50Wh yang memberi daya tahan penggunaan sepanjang hari.

5. realme Book Prime (Harga Rp 11,5 jutaan)

realme book prime

realme Book Prime adalah laptop yang dirancang dengan desain tipis 14,9 mm. Sebagai jajaran laptop terbaik untuk pelajar seri ini dibuat berdimensi ringkas dan didukung material metal dan antipanas.

Untuk mendukung kinerja serta, seri ini mengusung pendinginan Vapor Cooling Liquid. Ini bisa membantu dapur pacunya yang sudah ditenagai chipset Intel Core i5 H Series Generasi 11 serta pengolah grafis Intel Iris Xe Graphics.

Masuk ke sektor layar, realme Book Prime menampilkan visual layar 2K dengan ukuran layar 14 inci dan rasio 3:2. Sementara di sektor penyimpanan seri ini menghadirkan RAM 8GB dan memori 512GB. Didukung baterai 54Wh dengan pengecasan cepat.

Nah, itulah dia rekomendasi laptop untuk mahasiswa dan pelajar beserta harga terbaik. Beberapa aspek penting mesti dimiliki supaya bisa mengakomodasi kebutuhan mereka yang cukup kompleks.

Rekomendasi laptop untuk kalangan mahasiswa ini tak melulu harus bicara soal spesifikasi, tetapi juga tampilan atraktif serta harus ringkas saat dibawa dengan mobilitas tinggi. Dan satu hal bisa menunjang kebutuhan hiburan serta baterai dengan daya tahan baik.