Beranda Berita Nasional Dongkrak Partisipasi Pemilih, di Tasikmalaya Nyoblos Calon Kades Dapat Umroh Gratis

Dongkrak Partisipasi Pemilih, di Tasikmalaya Nyoblos Calon Kades Dapat Umroh Gratis

Nyoblos-Calon-Kades-Dapat-Umroh.jpg

harapanrakyat.com,- Nyoblos calon kades dapat umroh gratis di Pilkades Cintaraja, Kecamatan Singaparna, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat menjadi perhatian warga, Kamis (14/9/23). 

Dalam Pilkades serentak tersebut, membuat animo masyarakat begitu tinggi, bahkan mereka rela mengantri untuk menunaikan hak pilihnya di TPS. 

Berdasarkan informasi, warga bisa mendapatkan kesempatan untuk umroh gratis jika terpilih. Selain itu, juga bisa mendapatkan hadiah berupa barang elektronik dari panitia. 

Gagasan Nyoblos Calon Kades Dapat Umroh Gratis

Ketua Panitia Pilkades Cintaraja Jamaludin menjelaskan, gagasan memberikan doorprize kepada pemilih tersebut merupakan salah satu cara untuk mendongkrak antusias pemilih datang ke TPS. 

BACA JUGA:  Cara Nonton Live Streaming Timnas Indonesia vs Australia Kualifikasi Piala Dunia 2026

Pasalnya, pada Pilkades sebelumnya tingkat partisipasi hampir tidak mencapai dua pertiga dari total warga yang berhak memilih. 

Baca juga: Rawan Sawer Duit-Bandar, Perlu Badan Ad Hoc Dalam Pilkades Serentak Garut

“Alhamdulillah, dengan adanya doorprize, antusiasme masyarakat meningkat,” ujarnya. 

Untuk mekanisme pembagian doorprize tersebut, lanjutnya, nama dan nomor kontak warga yang tertera pada kupon akan diundi setelah pemilihan selesai. 

Sementara itu, pihaknya menegaskan jika hadiah tersebut bukan berasal dari pasangan calon kades. 

BACA JUGA:  Shin Tae-Yong memanggil sebanyak 26 pemain, ini daftarnya

Dalam Pilkades serentak tahun ini, lanjutnya, di Desa Cintaraja melibatkan 5 pasangan calon. Mereka bersaing untuk mendapatkan dukungan dari 7000 pemilih. 

Di lokasi pemilihan, Entin salah satu warga mengaku belum sempat mencoblos. Pasalnya, antusias warga yang begitu tinggi, sehingga membuat antrian panjang. 

Meski begitu, ia tetap merasa senang dan bersemangat karena kesempatan untuk memilih calon kepala desa serta memiliki peluang untuk memenangkan doorprize umroh gratis.

“Dari pagi saya berada di sini. Saya tetap bersabar. Semua ini demi memilih calon kepala desa, dan ada kesempatan untuk mendapatkan hadiah doorprize umroh gratis,” kata Entin, seorang pemilih di TPS 01 Cintaraja.

BACA JUGA:  30 Petugas Pertanian Jabar Asah Keterampilan Smart Farming di Bapeltan Cianjur

Sementara itu, Sekda Tasikmalaya Mohammad Zen mengapresiasi kreativitas panitia yang memiliki cara tersendiri untuk mendongkrak tingkat partisipasi pemilih di Pilkades serentak tersebut. 

“Selama tidak berasal dari calon kepala desa dan tidak mempengaruhi pilihan warga, nyoblos calon kades dapat umroh gratis itu tidak masalah. Ini kreatif,” katanya. (Apip/R6/HR-Online/Editor: Muhafid)