Beranda Berita Nasional Agum Gumelar Ajak PEPABRI Kawal Pemilu 2024

Agum Gumelar Ajak PEPABRI Kawal Pemilu 2024

Agum-Gumelar-Ajak-PEPABRI-Kawal-Pemilu-2024.jpg

harapanrakyat.com,- Ketua Umum Persatuan Purnawirawan TNI-Polri dan Warakawuri PEPABRI, Jenderal (Purn) Agum Gumelar, dengan tegas mengajak seluruh anggota organisasi ini untuk menjaga keamanan dan keteraturan dalam proses Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Tujuan utamanya adalah untuk mencegah Pemilu 2024 mengalami tantangan yang serupa dengan Pemilu 2019.

Agum menyampaikan pandangannya di Wisma Elang Laut, Jakarta. “Pemilu 2024 merupakan bagian dari siklus demokrasi lima tahunan kita. Kita harus belajar dari pengalaman Pemilu 2019 yang, jujur saja, sangat memprihatinkan, menegangkan, dan menakutkan,” ungkapnya.

Acara tersebut juga dihadiri oleh tokoh-tokoh penting, termasuk Menteri Pertahanan Jenderal (Purn) Prabowo Subianto, Presiden ke-6 Republik Indonesia Jenderal (Purn) Susilo Bambang Yudhoyono, Marsekal (Purn) Djoko Suyanto, Jenderal (Purn) AM Hendropriyono, dan Jenderal (Purn) Wiranto.

BACA JUGA:  Cara Nonton Live Streaming Timnas Indonesia vs Australia Kualifikasi Piala Dunia 2026

Agum Gumelar mengemukakan permintaannya agar PEPABRI mengambil peran aktif dalam memberikan pendidikan politik kepada masyarakat. Terutama dalam konteks Pemilu Presiden 2024. Ia menekankan perlunya kedewasaan dalam memilih pemimpin di masa depan.

“Dalam memilih pemimpin, kita harus berpikir matang, tidak hanya karena janji-janji sementara. Kita harus mampu memahami kepentingan bangsa yang lebih besar,” ujarnya.

Selain itu, Agum mengenali bahwa polarisasi adalah bagian biasa dalam proses Pemilu Presiden, terutama ketika terdapat lebih dari dua pasangan calon. Namun, ia menekankan pentingnya penanganan polarisasi secara bijak.

BACA JUGA:  30 Petugas Pertanian Jabar Asah Keterampilan Smart Farming di Bapeltan Cianjur

“Dalam Pemilu, polarisasi adalah hal yang wajar terjadi ketika ada lebih dari satu pasangan calon. Tapi kita harus menanggapinya dengan bijak. Perbedaan dalam pemilihan itu sifatnya sementara. Kita harus bersatu kembali setelah Pemilu berakhir dan menghormati keputusan demokrasi,” katanya.

Baca juga: Forum Purnawirawan TNI-Polri dan ASN Dukung Anies Baswedan dalam Pemilu 2024

Agum Gumelar Yakin PEPABRI Bisa Berikan Pendidikan Politik ke Masyarakat

Agum meyakini, jika PEPABRI dapat memberikan pendidikan politik kepada masyarakat, Pemilu 2024 akan berlangsung dengan lebih tertib dan damai.

BACA JUGA:  Shin Tae-Yong memanggil sebanyak 26 pemain, ini daftarnya

“Kami berharap teman-teman purnawirawan dapat bersikap bijak seperti ini, memberikan pendidikan kepada masyarakat seperti ini. Dengan itu, kita dapat meyakini bahwa Pemilu 2024 akan berjalan lebih tertib, aman, dan damai,” pungkasnya.

Dalam rangka mendukung upaya menjaga integritas dan kedamaian Pemilu 2024, Ketum PEPABRI Agum Gumelar dan para tokoh yang hadir di acara berkomitmen untuk bekerja sama dalam memberikan pendidikan politik dan memastikan proses Pemilu berjalan dengan lancar. Semua pihak berharap agar Pemilu 2024 dapat menjadi tonggak bersejarah yang membawa kebaikan bagi bangsa dan negara. (R8/HR Online/Editor Jujang)